Presiden Kaya Raya? Yuk Intip Gaji Presiden Di Seluruh Dunia

Di zaman yang serba cepat ini, mencari pekerjaan tampaknya bukan hal yang terlalu sulit. Meski demikian ada satu permasalahan yang sejak dulu tidak pernah berubah hingga sekarang, yakni masalah per-gaji-an.

Seringkali para calon pekerja tidak dapat bernegosiasi dengan penerima kerja terkait gaji mereka, sehingga berakhir kepada penolakan.

Nah bicara soal gaji, kami ingin mengajakmu berjalan-jalan ke dunia ‘kepresidenan’ yang mungkin jarang kamu sentuh. Kami telah merangkum gaji presiden dari beberapa negara, serta gaji dari raja dan ratu dari beberapa negara. Yuk langsung saja disimak! (Jokowi di nomor 6)

1. Lee Hsien Loong

Gaji Lee Hsien Loong

Untuk kamu yang rajin membaca koran, barangkali nama Lee Hsien Loong sudah tidak asing di telinga kamu. Lee Hsien Loong merupakan perdana menteri dari negara tetangga kita di Asean, Singapura!

Lee Hsien Loong merupakan putra dari Lee Kuan Yew yang merupakan perdana menteri kebanggan Singapura. Lee Kuan Yew sebelumnya sukses mengembangkan kondisi ekonomi Singapura hingga sedemikian majunya.

Nah lantas, untuk mengurus negara yang notabene sedikit lebih besar dari Jakarta, Lee Hsien Loong justru menduduki peringkat satu untuk gaji presiden tertinggi di dunia yakni US$ 2,2 juta atau sekitar Rp 30 miliar per tahunnya. Jika dikonversi, ini berarti bapak Lee Hsien Loong mendapatkan uang sebanyak Rp 103 juta rupiah per hari!

2. Alain Berset

Gaji Alain Berset

Mungkin belum banyak kamu yang mengenal Doris Leuthard sang Presiden dari sebuah negara berukuran 41.285 km2di barat Eropa, Swiss. Meski hanya mengurus negara “sekecil” Swiss, Doris Leuthard ternyata digaji sebesar US$ 482.958 atau sekitar Rp 7 miliar lho per tahun!

Jumlah ini kira-kira sekitar Rp 597 juta per bulan atau sekitar Rp 20 juta per hari! Betapa banyak gaji yang dihasilkan oleh Alain Berset sebagai seorang presiden bukan?

Meski demikian gaji presiden Alain Berset ini setara dengan gaji para menterinya. Hal ini disebabkan sistem pemerintahan di Swiss yang cukup unik, dimana Presiden merupakan representasi satu orang dari jajaran menteri untuk kepemimpinan satu tahun saja.

3. Malcolm Turnbull

Gaji Malcolm Turnbull

Malcolm Turnbull yang merupakan perdana menteri Australia ini memiliki gaji yang cukup tinggi lho. Malcolm Turnbull yang menggantikan Tony Abbott pada pemilihan yang lalu ternyata digaji tidak kurang dari US$ 527.854 per tahunnya atau sekitar Rp 652 juta per bulannya!

Pria yang memiliki gelar S1 di bidang hukum dan gelar Bacheor di bidang Civil Law ini memang dikenal sebagai salah satu kepala negara bergaji tinggi di dunia. Pendapatannya ini telah ia nikmati setidaknya dalam 3 tahun terakhir.

4. Alexander Van der Bellen

Gaji Alexander Van der Bellen

Sebagai presiden dari Austria yang memiliki PDB lebih dari 40 ribu euro per kapita, sehingga menduduki sebagai negara terkaya ke 20 di dunia saat ini, Alexander Van der Bellen diketahui memiliki gaji yang tidak kalah dari beberapa presiden di atas.

Diketahui Alexander Van der Bellen yang merupakan keturunan dari keluarga bangsawan Rusia ini membawa pulang gaji sejumlah US$ 404.500 atau sekitar 500 juta rupiah per bulannya, lebih rinci lagi sekitar 16 juta rupiah per harinya!

Profesor dari bidang keilmuan ekonomi ini memang dikenal cerdas dan piawai, bukan hanya di bidangnya namun kemampuannya sebagai pemimpin negara. Sehingga layak lah warga Austria menggaji pemimpin mereka dengan gaji yang membuat mata terbelalak ini.

5. Donald Trump

Gaji Donald Trump

Diantara gaji presiden lainnya, Donald Trump ternyata hanya menempati posisi yang cukup rendah. Bahkan hingga 4 orang sebelumnya kami bahas, belum ada satupun kami bahas kepala negara lain yang berbentuk monarki ataupun kerajaan yang notabene pasti jauh lebih tinggi gajinya dibandingkan para presiden ini.

Lalu berapakah gaji Donald Trump yang merupakan presiden dari negara adidaya Amerika Serikat ini? Ternyata dalam satu tahunnya warga Amerika Serikat mengeluarkan uang sejumlah US$ 400.000 “saja” untuk menggaji Donald Trump.

Melihat skala negara yang begitu besar, dengan segala keberagamannya yang tinggi, permasalahan, konflik, dan konspirasinya tentu nyaris tidak sebanding dengan jumlah gaji yang diterima oleh Donald Trump.

Bandingkan saja misalnya dengan Lee Hsien Loong yang merupakan presiden dari negara yang jauh lebih kecil dari Amerika Serikat. Gaji Presiden Donald Trump bahkan tidak sampai seperlima dari gaji presiden Lee Hsien Loong!

6. Joko Widodo

Gaji Joko Widodo

Nah mungkin pertama-tama kami sarankan kamu jangan membandingkan gaji presiden Joko Widodo dengan presiden negara-negara berkembang di atas ya. Karena akan sangat jauh perbedaan yang tampak.

Bapak presiden Joko Widodo saat ini berdasarkan peraturan pemerintah yang ada, digaji sejumlah Rp 62,5 juta rupiah per bulan atau sekitar Rp 750 juta per tahunnya. Wah ternyata jauh diatas gaji pns lainnya ya.

Apabila dibandingkan dengan gaji presiden Donald Trump saja, bahkan gaji presiden Joko Widodo dalam setahunjauh lebih kecil dibandingkan dengan gaji Donald Trump dalam sebulan. Apalagi bila kita bandingkan dengan bapak Lee Hsien Loong.

Eits, meski begitu kita tidak patut kecewa. Nyatanya ada beberapa negara ASEAN yang menggaji presidennya dengan gaji yang lebih rendah lho dari Indonesia. Sebut saja Thailand, Vietnam, Filipina, hingga negara tetangga kita Malaysia.

Prayuth Chan-ocha yang sedang menjabat sebagai perdana menteri Thailand saja saat ini “hanya” dibayar dengan bayaran sejumlah Rp 30,4 juta per bulannya. Sementara yang terkecil adalah gaji Presiden Tran Duc Luong dari Vietnam yang hanya sebesar Rp 2,5 juta per bulannya.

Baca juga: Berapa sih gaji pilot Indonesia sebenarnya?

7. Gaji Para Raja, Ratu, dan Kaisar

Di zaman yang amat modern seperti sekarang, masih banyak negara yang memutuskan untuk mempertahankan sistem pemerintahan lamanya yang berupa monarki, kerajaan, kekaisaran, hingga kesultanan.

Biasanya negara-negara semacam ini (berbeda dengan Indonesia), memiliki dua orang pemuncak dalam tatanan negara. Yakni seorang kepala negara dan seorang kepala pemerintahan.

Nah tanpa perlu berlama-lama lagi. Khusus di bagian terakhir ini, yuk kita bahas sebenarnya gaji dari para raja, ratu, dan kaisar ini!

Gaji Ratu Elizabeth II

Pemuncak dari jumlah gaji yang diterima oleh seorang kepala negara saat ini adalah Ratu Elizabeth II dari Britania Raya. Ratu Elizabeth II diketahui mencapai US$ 107.392.287 atau nyaris 50 kali lebih banyak dari gaji presiden Lee Hsien Loong!

Dengan kata lain ratu Elizabeth II mendapatkan uang sebesar Rp 1,5 triliun dalam setahunnya. Atau sekitar 120 miliar rupiah per bulan, dan hampir 4 miliar rupiah per harinya. Mmm artinya sang ratu mendapatkan sekitar 3 juta rupiah per menitnya!

Gaji Raja Philipe

Setelah Ratu Elizabeth II, gaji kepala negara tertinggi diduduki oleh Raja Philipe dari Belgia. Meski di urutan kedua, sang raja cuma menerima gaji sejumlah US$ 14.454.440. Angka yang hanya seperdelapan dari gaji Ratu Elizabeth II.

Gaji Ratu Margrethe II

Di bawahnya lagi, duduk Ratu Margrethe II dari Denmark dengan gaji sebesar US$ 13.547.516 dan kemudian Kaisar Akihito dari Jepang yang menerima gaji sebesar US$ 3.086.890 per tahunnya.

Jika kita simpulkan, gaji yang diterima oleh Ratu Elizabeth II tampak amat timpang bila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya di bawah. Namun hal tersebut cukup dimengerti mengingat lama nya beliau menjadi seorang ratu, dan betapa dicintainya Ratu Elizabeth II oleh para rakyatnya.

Nah bagaimana? Apakah sekarang kamu mulai tertarik untuk menjadi seorang presiden?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *