Game Android untuk Anak Supaya Anak Menjadi Cerdas

Masih ingatkah anda dengan engrang, lompat tali, ular naga, hingga permainan macam congklak, kelereng, dan ludo? Bagi anda yang lahir di tahun 60 hingga 80 an barangkali masih mengenal permainan semacam ini.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, banyak anak-anak yang lahir di tahun 2000an (apalagi 2010 ke atas) tidak mengenal permainan tradisional macam ini. Alih-alih banyak anak-anak yang bermain gadget.

Padahal sudah seharusnya penggunaan gadget dibatasi bagi anak-anak, apalagi bagi balita yang sedang mengembangkan kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya. Kalau dibiarkan bermain gadget bisa-bisa kemampuan motoriknya terhambat!

Meski demikian kamu yang sudah menjadi orang tua pasti merasakan bukan susahnya melarang anak main gadget? Kalau sudah begitu mau apalagi, setidaknya kamu harus membatasi penggunaannya. Salah satunya adalah dengan memilihkan game yang tepat untuk anak.

Nah karena kami tahu kamu bingung game android apa yang cocok untuk anak, maka kami hadir memberikan beberapa game android untuk anak yang bisa kamu berikan kepada anakmu!

Sago Mini Friends

sago mini friend

Salah satu faktor penting dalam game untuk anak-anak adalah game yang mampu mengembangkan keterampilan, kreativitas, serta kemampuan pemecahan masalah bagi anak. Namun tetap dalam kemasan yang menarik.

Salah satu game tersebut adalah Sago Mini Friends, yang berlatar karakter di lingkungan perumahan dimana mereka diizinkan untuk “ring” bel teman-teman mereka dan bermain bersama.

Anak-anak bisa memilih salah satu dari lima karakter hewan untuk dimainkan dalam beberapa mini games di setiap rumah. Game ini menurut kami sangat cocok dimainkan oleh anak usia 3 tahun ke atas karena selain merangsang kecerdasan, tampilannya pun dirasa menarik.

Lego Creator Islands

lego creator islands

Kamu orang tua muda yang beruntung pasti sempat merasakan pengalaman bermain balok-balok lego di usia kanak-kanak mereka. Siapapun anak-anak di zaman dulu, tidak ada yang tidak suka bermain lego.

Lain hal nya dengan anak-anak zaman now yang kurang menyukai lego “asli”. Nah kalau sudah begini, terpaksa deh kita memberikan lego “buatan” dan salah satunya adalah melalui game Lego Creator Islands ini.

Sebagaimana lego pada umumnya, permainan ini mengizinkan pemainnya untuk membangun apapun sesuai dengan imajinasinya. Pemain dapat membangun rumah, kendaraan, hingga bentuk-bentuk random sesuai dengan keinginannya.

Menurut kami game ini layak diberikan kepada anak-anak berusia 5 tahun ke atas, atau setidaknya yang sudah memiliki kemampuan motorik yang baik dan tentu kemampuan daya bayang ruang yang baik!

Toca Kitchen 2

toca kitchen 2

Satu lagi game yang bisa membuat para orang tua muda bernostalgia, Toca Kitchen 2. Sebagaimana namanya, game ini memungkinkan anak-anakmu bermain masak-masakan melalui tablet mereka.

Dalam permainan ini, anak dapat memilih untuk menyiapkan masakan sesuai dengan keinginan mereka. Mulai dari ikan mentah, nanas panggang, dan bahkan jus jamur. Kemudian memberikannya kepada pelanggan dan lihat reaksi pelanggan tersebut!

Meski demikian beberapa gerakan jari yang dibutuhkan untuk bermain game ini cukup kompleks, sehingga mungkin sulit dimainkan oleh anak-anak berusia 3-4 tahun ke bawah. Positifnya tidak ada benar salah, tidak ada aturan, dan permaian ini merupakan open-ended play yang cocok dengan sifat anak-anak yang senang bereksplorasi.

Fruit Ninja

fruit ninja

Game dengan ide yang sederhana, tidak membutuhkan gerakan yang terlalu kompleks, namun adiktif! Bahkan banyak orang-orang dewasa yang senang memainkan permainan fruit ninja di tablet dan ponsel mereka.

Game ini memungkinkan pemainnya memotong-motong buah yang secara acak terlempar-lempar melewati layar gadgetmu. Potong buah sebanyak-banyaknya hingga waktu habis, dan hindari memotong bom. Semudah itu!

Game ini menurut kami cocok dimainkan bagi anak berusia 5 tahun ke atas. Karena meski gerakan tangan yang dibutuhkan cukup sedikit, namun butuh koordinasi mata dan tangan yang baik, dan kami rasa terlalu sulit bagi anak di bawah 4-5 tahun.

Selain itu salah satu poin minus dari game ini adalah kami rasa tidak memiliki nilai edukasi yang cukup besar bagi anak-anak.

Angry Birds

angry birds

Satu lagi game dengan ide yang ringan namun digandrungi oleh orang dari berbagai usia. Nah kami pun merekomendasikan game ini untuk anak-anak anda. Selain ringan, game ini memiliki sedikit nilai edukasi.

Mungkin sudah banyak orang tahu bahwa game ini memungkinkan pemainnya “melemparkan” sekawanan burung untuk menghancurkan sekawanan bai di tempat yang jauh. Lalu dimana nilai edukasinya?

Nah game ini mengajarkan anak untuk memperkirakan alur pelemparan burung-burung tersebut. Selain itu anak pun diajarkan untuk memilih bagian mana yang harus dihancurkan terlebih dahulu untuk menghancurkan seluruh kawanan babi.

Kedua hal inilah yang menurut kami cukup baik untuk merangsang kemampuan berpikir bagi anak. Tapi untuk alasan itu pula lah menurut kami game ini cocok dimainkan anak yang setidaknya berusia 6 tahun.

Cut The Rope

cut the rope

Satu lagi game teka-teki yang bisa merangsang kecerdasan anak, dan lagi-lagi digandrungi oleh orang-orang dari berbagai usia: Cut The Rope!

Game ini memungkinkan pemainnya untuk memotong tali yang menggantung permen sehingga permen tersebut bisa jatuh ke dalam mulut Om Nom sang maskot permainan. Untuk membuatnya sulit pemain akan menmukan berbagai rintangan sehingga permen tidak jatuh begitu saja.

Nah sesuai dengan kategori dan tingkat kesulitannya, game ini menurut kami cukup layak dimainkan untuk anak-anak berusia 4-5 tahun ke atas. Bagi anak yang lebih kecil tentu saja dengan bimbingan orang tua sehingga anak tidak terlalu kesulitan.

Endless

endless mainan anak

Endless merupakan salah satu developer yang membuat sekumpulan game khusus bagi anak-anak kecil berusia 3 hingga 5 tahun. Game ini menurut kami termasuk ke dalam salah satu game dengan nilai edukasi yang baik.

Beberapa game yang dikeluarkan misalnya Endless Reader, Endless Wordplay, Endless Number, dan Endless Alphabet. Seluruh game yang dikeluarkan memungkinkan anak-anakmu belajar dengan cara yang menyenangkan.

Meski demikian seluruh game ini membutuhkan ruang memori yang cukup besar di ponselmu. Selain itu perlu kami ingatkan karena game ini besutan luar negeri, tentu bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Tapi secara umum mengingat fungsi edukasinya yang cukup baik, kami merekomendasikan permainan ini untuk anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun alias usia-usia prasekolah. Nah ingat juga, bagi anak-anak berusia 5 tahun kebawah batasi juga penggunaan gadget supaya perkembangannya tidak terhambat ya!

RV Appstudios

game anak rv appstudios

Sama seperti Endless, RV merupakan developer yang getol mengembangkan permainan anak yang menarik namun memiliki banyak nilai edukatif. Karena itulah kami rekomendasikan game besutan RV Appstudios bagi anak-anakmu.

Beberapa permainan edukatif yang dikeluarkan oleh RV Appstudios misalnya Puzzle Kids, ABC Kids Tracing, Color and Shapes, Math Kids, 123 Number, ABC Spelling, Baby Games, hingga game-game hiburan seperti Ice Cream Paradise dan Gummy Paradise.

Untuk anak-anak berusia 2-4 tahun para orang tua bisa mengunduh game di atas yang tentu saja membantu anak belajar dengan cara-cara yang menyenangkan.

Meski demikian lagi-lagi kami harus mengingatkan, berhubung usia 2-4 tahun merupakan usia dimana perkembangan otak sedang cepat-cepatnya, batasilah penggunaan gadget semaksimal mungkin pada anak-anakmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *