Game Petualangan Android Terbaik Tahun 2019

Salah satu genre favorit di kalangan gamer adalah adventure game. Karena pemainnya dituntut untuk bereksplorasi, bertemu NPC, melawan musuh, menyelesaikan teka teki dan misi, serta naik level secara terus menerus sambil menyelesaikan storyline.

Tidak terkecuali bagi para pemain game di dunia mobile, khususnya android. Game petualangan masih menjadi primadona yang selalu ditunggu-tunggu kehadiran dan update nya oleh banyak gamers mobile.

Nah untuk itulah kami sengaja membuat artikel mengenai game petualangan Android terbaik yang layak untuk kamu coba setidaknya sekali seumur hidupmu. Untuk para pemain game pemula, tidak ada salahnya juga loh memainkan beberapa game yang kami tuliskan di sini.

Yuk langsung saja kita bahas, apa saja game petualangan android yang layak kamu mainkan setidaknya sekali seumur hidupmu ini!

Baca Juga

Life is Strange

life is strange

SquareEnix sukses membuat game petualangan Android terbaik yang pantas kamu unduh dan mainkan setidaknya satu kali di dalam hidupmu. Percayalah kamu tidak akan menyesal memainkan permainan ini.

Meski bergaya story-based choice and consequence games, game ini sukses menjadi game pemenang berbagai penghargaan dengan storyline dan alur permainan yang ciamik.

Kamu akan bermain sebagai Max Caulfield yang bekerja sebagai fotografer, yang ternyata memiliki kemamapuan untuk membolak balik waktu. Nantinya kamu akan dihadapkan dengan berbagai misi alias tujuan di dalam permainan.

Intinya kamu bisa memilih untuk mengubah masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Kemudian perlahan Max akan menyadari ketika ia mengubah masa lalu justru ia bisa memperburuk situasi di masa depan.

Kesimpulannya, 9.5 dari 10! Sempurna!

Oceanhorn: Monster of Uncharted Seas

oceanhorn

Digadang-gadang sebagai salah satu alternatif Zelda terbaik di ponsel cerdasmu, Oceanhorn sempat menuai berbagai kritik di awal peluncurannya. Tentu karena banyak yang beranggapan bahwa game ini hanyalah “copy paste” dari Zelda.

Melihat paragraf pertama dari review game ini pasti kamu sudah bisa membayangkan betapa miripnya game ini dengan Zelda. Meski dari segi jalan cerita dan tingkat kesulitan tentu game ini masih di bawah Legend of Zelda.

Kamu akan memulai permainan sebagai karakter yang ditinggal pergi ayahnya, dan hanya disisakan sebuah jurnal dan kalung peninggalan sang ibu. Nantinya kamu akan pergi menjelajah dunia Oceanhorn untuk mengetahui kenapa ayahmu meninggalkanmu.

Dari segi grafik, game ini layak dinobatkan sebagai salah satu game android dengan grafis yang baik. Selain itu desain map serta dungeon dari game ini juga cukup baik. Selain itu dalam game ini kamu dituntut berpikir keras, layaknya game di masa lalu.

Dimana kamu tidak memiliki petunjuk arah ataupun waypoint sepanjang permainan. Kamu benar-benar harus mencarinya sendiri, karena memang eksplorasi, komunikasi dengan NPC, serta memecahkan teka teki adalah inti dari permainan ini.

Worth to try!

Machinarium

machinarium

Game yang sudah berumur nyaris 1 dekade ini merupakan salah satu game petualangan android terbaik besutan Amanita Design. Saya sendiri pertama kali memainkan permainan ini di PC, hingga pada 2013 lalu dirilis versi mobilenya.

Kamu akan bermain sebagai robot yang terbuang dari tempat tinggalnya, dan memiliki misi untuk menyelamatkan pacarnya dari sekawanan penjahat yang bernama Black Cap Brotherhood. Dari sinilah kemudian petualanganmu berlanjut.

Meski desain dan kontrol yang ada pada game ini terbilang sederhana, Amanita Design sukes membuat para pemain Machinarium mengerenyitkan dahi mereka. Hal ini karena untuk melewati setiap scene kamu benar-benar harus memutar otakmu!

Teka teki yang ada di dalam Machinarium boleh dibilang merupakan teka teki yang sulit dan tidak bisa dipecahkan dengan mudah. Nah selain itu Amanita Design juga membekali kamu beberapa mini games untuk mencegah otakmu “ngebul” setelah seharian memecahkan teka teki.

Selain dari gameplay menurut kami hal yang membuat game ini pantas menyabet beberapa penghargaan adalah musik dan grafiknya yang ciamik. Salah satu yang terbaik dari Amanita Design!

Samorost 3

samorost 3

Satu lagi permainan petualangan eksplorasi besutan Amanita Design. Melihat sepak terjangnya melalui Machinarium, nampaknya Amanita Design layak disebut sebagai pengembang game petualangan Android terbaik saat ini.

Sama seperti machinarium kamu akan dituntut untuk memainkan karakter berpetualang di dalam dunia kosmos, sambil memecahkan teka teki. Teka teki yang lagi-lagi tidak semudah itu untuk dipecahkan.

Bila Machinarium bertema robot, maka Samorost 3 yang merupakan suksesor Samorost 1 dan Samorost 2 merupakan game petualangan bertemakan “magic” karena karakter di dalam game ini memang dibekali flute ajaib untuk berpetualang menjelajahi 9 dunia alien penuh makhluk aneh.

Rasa-rasanya setelah Machinarium, Samorost 3 merupakan salah satu game petualangan Android terbaik yang wajib kamu unduh dan mainkan!

Beat Cop

beat cop

Kalau beberapa game petualangan Android terbaik sebelumnya dibekali dengan grafis 3D yang ciamik, Beat Cop sukses menjadi salah satu game petualangan terbaik “hanya” dengan berbekal grafis pixel art style.

Sebagai seorang detektif, Jack Kelly (karaktermu) yang dituduh melakukan pembunuhan dituntut untuk menjelajah sudut-sudut rahasia dan sudut-sudut paling kelam di kota New York. Dari segi cerita, wah wah bikin bulu kuduk merinding, 10/10!

Selain itu 11 Bit Studios sebagai pengembang juga sukses membuat alur cerita nonlinear yang sudah pasti berujung dengan multiple ending. Apalagi yang dibutuhkan sebuah game petualangan Android terbaik selain mulptiple ending bukan?

Kesimpulannya 11 Bit Studios sukses membuat game petualangan Android terbaik dengan replayability yang luar biasa. Kamu tidak akan bosan memainkan game ini, dan tentunya menurut kami Beat Cop termasuk game petualangan yang cukup langka! Penasaran? Yuk diunduh!

Thimbleweed Park

thimbleweek park

Setelah Beat Cop, kamu juga haru mencoba game petualangan Android terbaik yang “hanya” berbekal grafis gaya retro ini. Meski memiliki desain grafis yang sengaja dibuat retro, game ini penuh fitur-fitur modern.

Di dalam permainan ini, kamu akan menjadi agen FBI yang diharuskan untuk melakukan investigasi terhadap kasus pembunuhan di sebuah kota. Kamu akan mengunjungi banyak tempat-tempat absurd mulai dari hotel berhantu, pabrik kosong, hingga tempat sisa sirkus, say no more!

Game buatan Ron Gilbert dan Gary Winnick ini memiliki setting di tahun 1987 dengan gaya neo-noir, berbekal 5 karakter yang bisa dimainkan bersama, dengan teka teki yang membuat kamu memutar otakmu berkali-kali, namun disisipi humor-humor ‘lucu’ di dalamnya.

Meski demikian, kami sengaja menaruh game ini di posisi bawah karena memang harganya yang cukup mahal untuk sebuah game mobile. Tapi tidak ada salahnya toh membeli game untuk kepuasan batin, percaya deh kamu gak akan menyesal memainkan game ini!

Honorable Mention: Pokemon Go

pokemon go

Tidak lazim rasanya membahas game petualangan terbaik tanpa menyebut Pokemon Go. Game yang sempat hits di awal peluncurannya, dan tetap hits hingga saat ini, merupakan game petualangan freemium yang membius para pemainnya untuk terus terusan bermain.

Menariknya dengan game ini, para penggemar Pokemon seolah “terhubung” dengan dunia Pokemon. Terima kasih berkat teknologi augmented reality yang ditanamkan ke dalam game ini. Kamu bisa menjelajah dunia nyata sambil berburu Pokemon favoritmu.

Selain itu kamu juga diizinkan untuk bertarung dengan para trainer pokemon lainnya, sambil terus berburu Pokemon, menjelajah kota, mencari “gym” pertarungan, dan berbagai item, dan tentu sambil melatih Pokemon kesayanganmu.

Hal apalagi yang diidam-idamkan seorang penggemar Pokemon sejati, selain menjadi Pokemon Trainer bukan? Maka game ini amat cocok dimainkan oleh penggemar sejati Pokemon. Tapi tetap layak pula dimainkan oleh orang yang bahkan baru mengerti dunia Pokemon, worth it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *