Game Ringan Android Terbaik di Tahun 2019

Salah satu cara untuk melepas penat adalah dengan bermain, apakah itu bermain bersama teman-teman atau bermain sendiri. Lebih spesifik lagi kita bisa saat ini dengan mudah bermain dengan ponsel-ponsel kita.

Cara bermain game di zaman dahulu dan sekarang sudah banyak berubah. Karena saat ini sudah banyak game yang mampu melepas penat, adiktif, dan aksesnya pun mudah yakni hanya melalui ponsel di dalam genggaman tangan kita.

Meski demikian untuk beberapa alasan, tidak semua orang mau melakukan instalasi game di ponselnya. Misalnya karena ponselnya berisi data-data penting, lalu penuh, dan tidak punya cukup ruang untuk diisi oleh permainan.

Alasan lain misalnya karena memang ponsel yang dimiliki kebetulan edisi lama dengan spesifikasi yang tidak seberapa dibandingkan dengan ponsel-ponsel keluaran terbaru.

Nah untuk kamu-kamu yang “beraliran” seperti di atas, kamu gak perlu khawatir karena kami telah rangkum beberapa game ringan android terbaik 2019 yang bisa kamu mainkan dikala kamu penat.

Baca Juga:

Cut the Rope dan Cut the Rope 2

cut the rope

Game berkategori puzzle berukuran 47 MB dan 69 MB ini cocok diinstall ke dalam ponselmu yang memiliki spek rendah. Selain tidak memakan banyak kapasitas memori, game ini cukup adiktif dengan jumlah level yang banyak.

Cara bermainnya pun mudah kok, kamu cukup memotong seutas tali yang menggantung permen sehingga permen tersebut bisa meluncur masuk ke dalam mulut Om Nom si maskot permainan yang menggemaskan ini.

Dengan jumlah level yang banyak, dan tingkat kesulitan yang semakin lama semakin sulit, game ini kami rasa merupakan salah satu game ringan terbaik yang bisa kamu unduh dan mainkan!

Move the Block: Slide Puzzle

move the block slide puzzle

Game yang kedua lagi-lagi merupakan game ringan berkategori puzzle, sesuai namanya. Game ini berukuran bahkan lebih kecil daripada Cut the Rope, yakni hanya memakan sekitar 39 MB kapasitas memorimu saja.

Game ini memungkinkan pemainnya untuk memecahkan teka-teki berupa susunan balok yang harus digeser-geser. Sehingga salah satu balok yang berwarna merah bisa keluar dari kumpulan balok di sekitarnya.

Sama seperti Cut the Rope, game ini menyediakan ratusan level yang pastinya tidak akan habis dalam beberapa minggu bahkan bila setiap perjalanan pulang pergi ke kantor di kereta kamu mainkan terus. Coba deh!

Clash Royale

clash royale

Game bertemakan strategi ini merupakan salah satu game yang pernah bercokol beberapa waktu lalu di posisi puncak game terfavorit. Tidak disangka-sangka, game ini hanya berukuran 88 MB saja loh!

Cara bermainnya cukup memutar otak, analogikan saja game ini seperti catur atau permainan kartu Yu Gi Oh dimana kamu memiliki pasukan dengan kemampuan tertentu. Kemudian kamu akan bermain satu lawan satu dengan musuhmu secara online.

Semakin banyak kamu menang, semakin banyak rewards yang bisa kamu dapatkan. Game ini sangat cocok bagi kamu yang senang tantangan, adu kecerdasan, dan tentu saja yang punya HP dengan spek terbatas.

Subway Surfers

subway surfers

Entah sudah berapa lama game ini bercokol di tangga 10 besar game terfavorit Android. Maka wajar-wajar saja kan kalau kami memasukkan permainan ini sebagai game ringan android terbaik 2019.

Dalam game ini kamu akan memainkan karakter yang akan berlari sampai tak terbatas, namun kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam halangan serta rintangan. Kamu cukup pindah jalur berlari, lompat, atau melakukan sliding untuk menghindari halangan tersebut.

Game ini baru akan berakhir apabila kamu tidak bisa menghindari halangan yang ada didepanmu. Walaupun nampak sederhana, game ini sangat sangat sangat (iya 3 kali, kami tidak salah ketik kok) adiktif.

Kami rasa tidak perlu penjelasan lebih lagi, sudah selayaknya kamu coba game berukuran 91 MB ini!

8 Ball Pool

8 ball pool

Dari namanya barangkali kamu sudah bisa menebak kalau game ini merupakan game berbasis meja biliar, saja, sudah! Menariknya game ini adalah kamu bisa bermain dengan banyak orang di luar sana via jaringan internet.

Memang mungkin tidak semua orang menyukai permainan biliar, namun bagi yang suka tentu saja game ini patut diunduh. Dengan ukuran game yang hanya 53 MB kami rasa banyak ponsel yang sanggup menjalankan permainan ini kan?

Mainkan, kalahkan banyak pemain di luar sana, dan kumpulkan berbagai macam rewards yang diberikan di dalam permainan!

Magic Tiles 3

magic tiles

Cukup berbeda dengan beberapa game ringan android terbaik di atas, Magic Tiles 3 merupakan game besutan AMANOTES yang bertemakan musik. Game ini pun cukup ringan kok, hanya sekitar 60 MB saja.

Game ini dimainkan dengan cara menekan “tombol hitam” yang berjatuhan dari atas layar ponselmu, sambil mengikuti musik yang ada. Mungkin pernah mendengar Guitar Hero atau O2 Jam? Nah kira-kira seperti itulah permainan ini.

Sama seperti 8 Ball Pool, game ini barangkali tidak disukai oleh semua orang. Namun kami tetap merekomendasikan game ini terutama bagi kamu yang memiliki minat khusus di bidang musik, mengingat banyaknya musik yang disediakan di dalam permainan ini.

Plants vs Zombies

plants vs zombies

Nampaknya nyaris tidak ada pemain game yang belum pernah mendengar salah satu game legendaris besutan Electronic Arts ini. Meski awalnya muncul di PC, game ini ternyata berukuran cukup ringan loh untuk dimainkan di ponsel yakni hanya 68 MB saja.

Game ini memungkinkan pemainnya untuk melindungi ladangnya dari serangan zombie-zombie ganas berbagai ukuran dan kemampuan, berbekal tanaman-tanaman ajaib yang juga memiliki kemampuan unik seperti melontarkan “peluru” hingga mengebom zombie.

Level yang banyak, kesulitan yang makin lama makin meningkat, variasi yang tinggi, serta update yang rajin dilakukan oleh developer, membuat kami merekomendasikan game ini untuk dimainkan oleh kamu yang memiliki ponsel dengan spesifikasi rendah.

Shadow Fight 3

shadow fight 3

Shadow Fight 3, sebagaimana namanya mengusung permainan bertema pertarungan. Menariknya disini kamu akan bertarung sebagai siluet karakter berwarna gelap, itulah mengapa game ini dinamakan shadow alias bayangan.

Meski hanya berukuran 99 MB, game ini cukup menarik dan nagih untuk dimainkan terus menerus. Karena pengembang game telah membekali game ini dengan alur cerita yang menarik. Selain itu kamu pun bisa bertarung melawan orang lain via koneksi internet.

Terakhir, kami rasa kami tidak menemukan lagi game pertarungan berbasis grafik 3D dengan alur cerita menarik serta mode online dengan ukuran yang sekecil Shadow Fight 3. Tidak ada alasan untuk tidak mencoba game ini!

Penutup

Mulai dari game puzzle, game strategi, game bertema biliar, musik, hingga game bertema pertarungan. Ukuran yang kecil tidak membatasi jenis game yang bisa kamu mainkan di ponselmu yang memiliki spek minim.

Selain itu ukuran game yang kecil juga tidak berarti game yang bisa diunduh hanya game ecek-ecek yang tidak seru loh. List kami ini buktinya, silahkan unduh dan buktikan apakah kami benar atau salah. Selamat bermain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *