Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Jakarta Aquarium

Kalau membicarakan wisata akuarium di Jakarta kebanyakan orang pasti akan berpikir tentang Seaworld. Karena memang Seaworld sudah menjadi tempat wisata akuatik yang ikonik di Indonesia.

Nah tapi baru-baru ini Jakarta sudah memiliki satu objek wisata akuatik yang baru, dan harus kamu kunjungi setidaknya satu kali seumur hidupmu! Objek wisata akuatik tersebut adalah Jakarta Aquarium yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia.

Jakarta Aquarium yang baru dibuka ini merupakan rumah bagi lebih dari 3.500 spesies akuatik, dimana kamu bukan hanya bisa melihat spesies ini saja namun bisa berinteraksi secara langsung seperti menyentuh hingga melihat proses pemberian makan.

Kalau kamu penasaran, yuk dibaca artikel seputar Jakarta Aquarium ini!

Baca Juga Yuk Wisata di Jakarta

Sekilas Tentang Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium yang diresmikan di tahun 2018 ini merupakan salah satu kebun binatang khusus hewan akuatik yang diklaim sebagai yang terbesar di Indonesia. Bahkan Jakarta Aquarium meng-klaim saat ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 3500 spesies hewan akuatik di seluruh dunia.

Menariknya Jakarta Aquarium merupakan kolaborasi yang cukup sukses antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia. Nah siapa yang sanggup menahan godaan wahana bermain yang dibesut Taman Safari Indonesia bukan?

Dimana nyaris seluruh kebun binatang yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia sukses menjadi objek wisata yang amat diminati. Terbukti dengan Jakarta Aquarium yang walaupun masih seumur jagung namun sukses mendapatkan gelar Indonesian Leading Conservation Destination tahun 2017-2018 serta 2018-2019!

Harga Tiket Jakarta Aqarium

Kamu yang ingin mengunjungi Jakarta Aquarium bisa datang dan membeli tiket mulai pukul 10.00 – 20.00 dan wahana akan ditutup pukul 22.00. Untuk bisa memasuki Jakarta Aquarium berikut ini daftar harga tiket yang harus dibayarkan:

  1. Dewasa
    • Reguler weekday Rp 150.000,-
    • Premium weekday Rp 200.000,-
    • Reguler akhir pekan Rp 175.000,-
    • Premium akhir pekan Rp 225.000,-
  2. Anak
    • Reguler weekday Rp 115.000,-
    • Premium weekday Rp 150.000,-
    • Reguler akhir pekan Rp 150.000,-
    • Premium akhir pekan Rp 175.000,-
  3. Aquatrekking Rp 550.000,-

Tiket reguler bisa kamu beli untuk mengunjungi seluruh spesies di Jakarta Aquarium, menonton feeding time seluruh hewan, serta bisa kamu gunakan untuk masuk menonton pertunjukan mermaid sesuai jadwal yang ada.

Adapun bila kamu membeli tiket premium maka kamu akan mendapatkan fasilitas berupa premium lounge, welcome drink¸ izin masuk berkali-kali selama 4 jam, akses masuk ke teater 5D, serta wahana lainnya yang didapatkan dengan membeli tiket reguler.

Sementara itu dengan membeli tiket Aquatrekking kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas berupa penyewaan baju trekking, melakukan trekking selama 15 menit pada pukul 13.00, 15.00, ataupun 17.00 setiap harinya.

Meski demikian ada beberapa aturan yang mesti dipatuhi oleh pengunjung yang ingin melakukan Aquatrekking dimana tinggi badan minimal adalah 155 cm, usia 15 tahun hingga 55 tahun, minimal membeli 2 hingga 4 tiket, harus melakukan reservasi H-1, serta tidak direkomendasikan bagi pengunjung yang telah melakukan perjalanan di pesawat 12 jam atau lebih.

Terakhir, bagi kamu yang mengalami disabilitas, pasien dengan penyakit tertentu yang mungkin kambuh di dalam air, serta wanita yang sedang hamil tidak diizinkan untuk melakukan Aquatrekking.

Atraksi yang Bisa Dilihat di Jakarta Aquarium

aquatrekking

Ada beberapa atraksi yang bisa kamu nikmati di Jakarta Aquarium, yang tentunya cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang bersama teman-teman, bersama kekasih, hingga pergi ke sana bersama keluarga tercinta.

Otter tunnel – bagaimana jadinya kalau kelucuan berang-berang yang tampak asing dari kehidupan kita, bisa kita lihat dari jarak dekat. Kamu bisa melihat tingkah berang-berang yang lucu dan cerdas melalui terowongan kaca yang dibuat oleh Jakarta Aquarium.

Kolam sentuh – merupakan salah satu atraksi yang seringkali menjadi favorit keluarga di kebun binatang manapun. Alasannya tentu saja karena kamu bisa merasakan serunya menyentuh hewan-hewan laut yang jarang ditemui di kehidupan sehari-hari.

Di Jakarta Aquarium kamu bisa menyentuh Brown Banded Bamboo Shark, Blue Starfish, Turbo Snail, serta hewan-hewan akuatik lucu lainnya di kolam sentuh ini. Yakin deh pasti kola mini menjadi atraksi favorit bagi anak-anak di rumahmu!

Binturong – pernah dengar hewan yang diberi nama dengan Binturong ini? Nah kalau belum pernah maka kami sarankan kamu untuk mendatangi atraksi hewan ini. Hewan yang imut-imut ini memiliki bau yang khas seperti butter popcorn yang pasti akan membuatmu betah dekat-dekat dengan hewan ini.

Aquatrekking – merupakan salah satu wahana yang termahal namun menurut kami layak untuk kamu coba. Banyak diantara kamu yang pastinya ingin menjelajah laut namun tidak memiliki lisensi menyelam, hingga merasa takut bila harus berada di lautan lepas.

Nah Jakarta Aquarium sukses membuat atraksi yang membuat banyak orang mengantre! Kamu bisa menjelajah bawah air tanpa harus memiliki lisensi menyelam, dan bahkan bila beruntung kamu bisa bertemu dengan Black Blotch Stingray yang menakjubkan!

Interaksi hewan – nah lagi-lagi merupakan salah satu atraksi yang pastinya bikin penasaran. Kapan lagi kamu bisa memegang hewan-hewan yang barangkali selama ini hanya kamu bisa lihat di internet.

Mulai dari menyentuh ular piton yang amat besar, kecoa madagaskar, serta stick insect dengan tanganmu secara langsung. Kamu bisa mempelajari perilaku masing-masingnya yang tentu menarik dan berbeda antar spesiesnya.

Sea Explorer – pertunjukkan yang satu ini hanya bisa kamu nikmati bila kamu membeli tiket premium, karena kamu hanya bisa menikmatinya melalui teater 5D. Rasakan sensasi menaiki kapal selam dan menjelajahi laut dalam yang sulit kamu dapatkan di tempat lain!

Pearl of the South Sea – salah satu ciri khas dari objek wisata yang dikelola oleh Taman Safari Indonesia adalah selalu menampilkan pertunjukan peran yang selalu menarik dan mencuri perhatian.

Kali ini pearl of the south sea menjadi primadona nya. Diangkat dari cerita lokal yang bertempat di kerajaan di Jawa, yang menggabungkan seni peran, trik ilusi, serta pertunjukan tari bawah air yang pastinya akan sulit kamu lupakan!

Tempat Makan dan Berbelanja

pingoo jakarta aquarium

Selain bisa menikmati berbagai macam atraksi dan wahana yang menarik, kamu juga tidak perlu khawatir bosan dan kelaparan. Karena disini kamu juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia, ‘gak’ percaya?

Pingoo Restaurant – restoran American seafood and grill yang terletak di LG Floor Neo SOHO ini cocok didatangi bagi kamu yang ingin mencoba kuliner laut bertema western yang pastinya tidak akan membuatmu menyesal.

Ocean Wonders – selain tempat makan yang khusus dikelola oleh Jakarta Aquarium, kamu bisa juga mencari souvernir menarik yang lucu dan unik di Ocean Wonders. Meski beberapa harganya relatif mahal, tapi kami tetap menyarankan kamu membeli kok.

Karena dengan membeli souvenir ini artinya kamu telah membantu Taman Safari Indonesia dalam melestarikan hewan-hewan akuatik melalui Jakarta Aquarium ini!

Baca Juga Drama Korea Terbaik yang Sayang Dilewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *