fbpx

Harga BBM Terkini: Pertamina, Shell, dan Total

Ketika kamu sudah berkeluarga, artinya kamu sudah harus menghitung pengeluaranmu dengan cermat. Hal ini tentu penting karena berkaitan erat dengan sendi-sendi kehidupan di dalam keluarga. Salah hitung, bisa-bisa dapurmu ‘gak ngebul.

Salah satu pengeluaran yang wajib dihitung dengan cermat, karena berdampak langsung kepada keuangan keluarga adalah uang transportasi. Uang transportasi ini mencakup uang parkir, uang tol, uang transportasi umum, dan yang terpenting adalah terkait harga BBM terkini.

Nah untuk itulah kami coba merangkum informasi seputar harga BBM terkini dari beberapa provider BBM yang ada di Indonesia. Tujuannya sederhana, tentu saja agar kamu bisa membuat perencanaan keuangan dengan lebih matang.

Harga BBM Pertamina Terkini – Update 23 September 2019

pertamina

Harga BBM Pertamina sendiri telah mengalami kenaikan antara 10% hingga 30% tergantung jenis bahan bakarnya, semenjak tahun 2018. Adapun harga BBM Pertamina terkini selengkapnya dapat kamu lihat dibawah:

  1. Pertamax – Rp 9.850,- per liter.
  2. Pertamax Turbo – Rp 11.200,- per liter.
  3. Pertamina Dex – Rp 11.700,- per liter.
  4. Premium – Rp 7.000,- per liter.
  5. Pertalite – Rp 7.650,- per liter.
  6. Dexlite – Rp 10.200,- per liter.
  7. Bio Solar – Rp 9.800,- per liter.

Harga yang tercantum di atas merupakan harga BBM non subsidi yang didasarkan atas peraturan resmi yang dikeluarkan pemerintahan Bapak Joko Widodo. Selain itu perlu dicermati bahwa harga BBM jenis Premium di Luar Jawa, Madura, dan Bali adalah Rp 6.450,- per liternya.

Harga BBM Shell Terkini Update 4 September 2019

shell

Setelah membahas BBM dari Pertamina, saatnya kita membahas satu-satu pesaing Pertamina yang juga membuka lini bisnisnya di Indonesia. Pertama-tama yakni salah satu perusahaan minyak yang berasal dari Belanda, Shell!

Harga yang ditawarkan Shell cukup kompetitif, bila dibandingkan dengan penyedia BBM lainnya loh. Berikut ini adalah harga BBM yang dijual Shell di area Jabodetabek sekarang:

  1. Shell Super – Rp 9.950,- per liter.
  2. Shell V-Power – Rp 11.500,- per liter.
  3. Shell Diesel – Rp 12.100,- per liter.
  4. Shell Regular – Rp 9.750,- per liter.

Sementara itu berikut ini adalah harga BBM yang dijual Shell di luar Area Jabodetabek saat ini:

  1. Shell Super
    • Bandung – Rp 9.950,- per liter.
    • Jawa Timur – Rp 9.950,- per liter.
    • Sumatera Utara – Rp 9.850,- per liter.
  2. Shell V-Power
    • Bandung – Rp 11.500,- per liter.
    • Jawa Timur – Rp 11.500,- per liter.
    • Sumatera Utara – Tidak tersedia.
  3. Shell Diesel
    • Bandung – Rp 12.100,- per liter.
    • Jawa Timur – Tidak tersedia.
    • Sumatera Utara – Tidak tersedia.
  4. Shell Diesel Extra (hanya tersedia di Area Sumatera Utara)
    • Sumatera Utara – Rp 11.900,- per liter.

Berbeda dengan Pertamina yang menyediakan hingga 7 jenis bahan bakar bermotor, Shell sebagaimana yang kita ketahui hanya menyediakan 4 jenis BBM saja. Namun bisa diperhatikan bahwa harga yang dipasang oleh Shell cukup kompetitif.

Harga BBM Total Oil Terkini – Update Agustus 2019

spbu total

Selain dari Pertamina dan Shell, ada satu penyedia BBM yang juga bisa masuk ke pasar Indonesia. Penyedia BBM ini adalah Total Oil yang berasal dari Perancis. Mirip dengan Shell, Total juga menerapkan harga yang cukup ketat.

Adapun harga BBM Total secara detil adalah sebagai berikut:

  1. Total Performance 90 – Rp 9.750,- per liter.
  2. Total Performance 92 – Rp 9.900,- per liter.
  3. Total Performance 95 – Rp 11.350,- per liter.
  4. Total Performance Diesel – Rp 12.050 per liter.

Penutup

Meski ketiga perusahaan tersebut memiliki harga yang cukup serupa, bila kamu bandingkan masing-masing bahan bakar dengan oktan yang sama, maka akan kamu dapati bahwa menggunakan Pertamina adalah yang paling menguntungkan.

Selain itu harganya pun relatif lebih stabil dan yang jelas SPBU Pertamina sudah pasti tersedia di seluruh Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari perusahaan Pertamina yang notabene merupakan perusahaan milik negara. Jadi tidak ada salahnya juga toh bila kita memilih Pertamina, karena artinya kita sudah membantu memajukan negara kita sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *