fbpx

Harga Token Listrik di Indomaret, Murah atau Mahal?

Bila sudah berumah tangga, salah satu pengeluaran yang patut diperhitungkan adalah pengeluaran rutin seperti belanja bulanan, transportasi, biaya PDAM, internet, dan salah satu yang terpenting yakni listrik!

Nah bicara soal listrik, dalam beberapa tahun terakhir PLN telah membuat berbagai macam inovasi yang patut diapresiasi karena telah banyak membantu masyarakat Indonesia secara umum.

Salah satu inovasi menarik yang dilakukan oleh PLN adalah dengan sistem pembayaran pascabayar yang saat ini mulai banyak digunakan. Menariknya lagi bila dahulu pembelian token listrik ini cukup sulit, saat ini kamu bisa mendapatkannya dimanapun, termasuk Indomaret.

Tapi pertanyaannya, berapa sih harga token listrik di Indomaret, murah atau mahal? Kalau kamu belum tahu, ini dia saatnya kamu baca informasi dari kita!

Baca Juga Berapa sih biaya listrik per KWH tahun 2019

Harga Token Listrik di Indomaret

Saat ini memang kamu bisa membeli listrik langsung di Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia. Harga yang kami cantumkan ini merupakan harga di bulan Septermber 2019. Selain itu perlu diketahui pula bahwa harga yang tertera merupakan harga secara umum.

  • Token Listrik PLN 20 – Rp 20.550,-
  • Token Listrik PLN 50 – Rp 50.550,-
  • Token Listrik PLN 100 – Rp 100.550,-
  • Token Listrik PLN 200 – Rp 200.550,-
  • Token Listrik PLN 500 – Rp 500.550,-
  • Token Listrik PLN 1000 – Rp 1.000.550,-

Perlu diketahui harga seluruh token sebenarnya sesuai dengan nilai yang kamu minta. Hanya saja Indomaret memberlakukan biaya admin sejumlah Rp 3.500,- per transaksi untuk seluruh token yang ada.

Nah harga ini berlaku di Indomaret di seluruh Indonesia ya, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa Indomaret terutama di luar pulau Jawa yang menaikkan harga admin pembelian token listrik ini.

Meski demikian perlu kamu ketahui juga bahwa harga ini merupakan harga yang cukup murah dan tentu saja kamu pun bisa mendapatkan harga lebih murah lagi apabila kebetulan Indomaret di dekat rumahmu memiliki promo pembelian token listrik.

Selain itu kamu juga perlu memahami bahwa nominal token tersebut tidak merepresentasikan nilai listrik yang kamu dapatkan. Karena nantinya nilai aslinya akan dikurangi oleh pajak daerah masing-masing.

Kita ambil contoh misalnya nominal token listrik di DKI Jakarta, Depok, dan Bogor yang memiliki PPJ 3%. Maka kamu akan membeli listrik dengan skema berikut:

  1. Dengan membeli nominal Token Rp 20.000,- kamu akan mendapatkan nilai token listrik setara Rp 17.000,- dengan jumlah listrik sebesar 13,2 kWh.
  2. Dengan membeli nominal Token Rp 50.000,- kamu akan mendapatkan nilai token listrik setara Rp 47.000,- dengan jumlah listrik sebesar 33,1 kWh.
  3. Dengan membeli nominal Token Rp 100.000,- kamu akan mendapatkan nilai token listrik setara Rp 97.000,- dengan jumlah listrik sebesar 66,2 kWh.
  4. Dengan membeli nominal Token Rp 250.000,- kamu akan mendapatkan nilai token listrik setara Rp 244.000,- dengan jumlah listrik sebesar 132,3 kWh.
  5. Dengan membeli nominal Token Rp 500.000,- kamu akan mendapatkan nilai token listrik setara Rp 494.000,- dengan jumlah listrik sebesar 328,9 kWh.
  6. Dengan membeli nominal Token Rp 1.000.000,- kamu akan mendapatkan nilai token listrik setara Rp 994.000,- dengan jumlah listrik sebesar 659,7 kWh.

Selebihnya kamu tinggal samakan saja berapa PPJ yang ada di daerahmu dengan nilai token yang kamu beli.

Cara Melakukan Pembelian Token Listrik di Indomaret

Nah setelah mengetahui harga token listrik di Indomaret, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara agar bisa membeli token listrik di Indomaret? Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Sebelum jalan ke Indomaret, kamu harus mencatat nomor ID PLN ataupun nomor meteran listrik yang ada di rumahmu. Tanpa nomor ini kamu nantinya tidak akan bisa membeli token listrik.
  2. Setelah itu datang ke Indomaret terdekat dengan rumahmu, dan langsung datangi meja kasir. Sampaikan maksudmu untuk melakukan pembelian token listrik.
  3. Setelah itu kasir biasanya akan meminta ID PLN ataupun nomor meteran listrik yang ingin diisi tokennya. Kasir juga akan menanyakan nominal yang ingin kamu beli.
  4. Setelah itu lakukan pembayaran sesuai yang diminta oleh kasir, dan simpan struk pembelanjaan token listrik tersebut. Karena di dalamnya terdapat 20 digit unik yan gharus kamu input nantinya di meteran listrikmu.

Baca Juga Cara cek tagihan listrikmu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *