Info-Info yang Patut Dipahami di Tiket Pesawat

Pernah melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang sebelumnya? Atau kali ini merupakan perjalanan pertama Anda dengan menggunakan pesawat terbang? Yang manapun diri Anda, pernah coba perhatikan tiket perjalanan pesawat?

Info-info apa saja yang bisa Anda dapatkan di dalam tiket pesawat, bagaimana cara memesan dan melakukan tracking tiket pesawat, dan apakah perbedaan antara tiket pesawat dengan boarding pass pesawat?

Tenang, karena semua rasa penasaran Anda akan pertanyaan-pertanyaan di atas akan kami jawab. Terutama seputar info-info yang patut dipahami di tiket pesawat, yang menurut kami penting untuk diketahui oleh Anda semuanya.

Apakah yang Dimaksud dengan Tiket Pesawat?

tiket pesawat

Tiket pesawat, sebagaimana tiket perjalanan pada umumnya merupakan secarik dokumen ataupun dokumen elektronik yang dikeluarkan oleh agensi perjalanan atuapun maskapai penerbangan.

Tujuan dari pengeluaran dokumen perjalanan ini adalah untuk mengonfirmasi bahwa seseorang terlah secara resmi masuk ke dalam satu penerbangan komersil tertentu, baik dari maskapai, pesawat, tujuan penerbangan, hingga kelas yang dibeli.

Bila di dalam moda transportasi lainnya, tiket merupakan dokumen kunci untuk mendapatkan akses masuk perjalanan. Tiket pesawat merupakan salah satu dokumen yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan boarding pass.

Boarding pass yang akan Anda dapatkan setelah melakukan check in, baik check in langsung di bandara atau check in online, inilah yang nantinya dapat digunakan sebagai izin resmi bagimu untuk masuk ke dalam pesawat untuk melakukan perjalanan.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat

pesan tiket pesawat

Pemesanan tiket – untuk bisa mendapatkan tiket pesawat tentu saja langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan pemesanan. Anda bisa memesan tiket perjalanan pesawat melalui agensi penerbangan ataupun langsung melalui maskapai yang Anda inginkan.

Pembayaran – setelah melakukan pemesanan tiket, Anda harus membayarkan tiket sesuai dengan harga yang tertera di sana agar tiket tersebut bisa dikeluarkan oleh pihak agensi perjalanan ataupun maskapai.

Saat ini sih pembayaran via pemesanan tiket bisa dilakukan baik melalui transfer ATM, melalui transfer online, hinga pembayaran dengan menggunakan jasa pembayaran online seperti Paypal dan semacamnya.

Pengeluaran tiket – bila pembayaran tiket pesawat terbang sudah dilakukan, nantinya Anda akan diberikan konfirmasi pembayaran yang akan diikuti dengan pengeluaran tiket secara online. Biasanya sih tiket tersebut akan dikirimkan langsung via email yang Anda punya.

Setelah dikirimkan via email Anda bisa mengunduh dokumen elektronik tersebut ke dalam gadget yang Anda punya, atau bisa langsung mencetak dokumen tersebut agar lebih aman. Lebih baik lagi sih bila Anda memiliki salinan elektronik dan cetakannya.

Karena tiket ini nantinya harus Anda tunjukkan kepada petugas di bandara untuk mendapatkan boarding pass sebelum Anda bisa menaiki pesawat Anda.

Penggantian tiket – ada kalanya di tengah-tengah rencana menentukan perjalanan Anda membatalkan rencana tersebut. Barangkali banyak diantara Anda yang mengalami hal tersebut dan bingung bukan harus melakukan apa?

Jangan panik, karena sebagian besar tiket pesawat bisa diuangkan kembali loh. Tentu saja dengan berbagai macam ketentuan yang berbeda antara satu maskapai dengan maskapai lainnya. Yang jelas, tidak dibernarkan bagi Anda untuk menjual tiket tersebut kembali kepada orang lain meskipun dengan potongan harga.

Selain itu perlu diperhatikan bahwa rata-rata tiket low cost adalah tiket yang tidak bisa diuangkan kembali. Jadi sekali lagi pertimbangkan terlebih dahulu ya bila Anda memutuskan untuk membeli tiket penerbangan dengan harga murah.

Adapula beberapa maskapai penerbangan yang tidak bisa mengembalikan uang Anda 100%, artinya hanya dikembalikan sebagian saja bila Amda melakukan refund atau kembali menguangkan tiketmu. Intinya sih dibaca baik-baik peraturan dari tiap maskapai sebelum membeli tiket ya!

Baca Juga: Cara Booking Tiket Pesawat Murah

Info-Info yang Patut Dipahami di Tiket Pesawat

Apapun tiket pesawat yang Anda punya, dari maskapai manapun tiket Anda itu berasal, ada beberapa informasi yang pasti akan tertera di dalam tiket pesawat. Berikut ini adalah info-info tersebut:

  1. Nama penumpang – nama penumpang merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di dalam tiket pesawat. Karena nantinya Anda harus mencocokkan identitas resmi Anda (KTP atau Passport) dengan nama yang ada di dalam tiket Anda. Biasanya sih tiket terletak di bagian atas dokumen.
  2. Maskapai yang mengeluarkan – Anda bisa melihat maskapai ini di bagian bawah tiket. Biasanya ditulis dengan tulisan Operated By (maskapai).
  3. Nomor tiket – biasanya tertulis di bagian atas tiket, terdiri atas 3 digit awal maskapai yang diikuti dengan nomor tiket secara keseluruhan.
  4. Bandara asal dan tujuan – yang biasanya tertulis di bagian bawah nama dan nomor tiket. Anda bisa mengecek bandara asal dan bandara tujuan dari penerbangan Anda.
  5. Baggage allowance – ketentuan bagasi dari tiap maskapai. Biasanya sih tidak selalu ditulis di tiket, namun Anda bisa mengeceknya untuk membantu Anda merencanakan perjalanan Anda.
  6. Harga – yang mencakup harga penerbangan yang telah Anda bayarkan sebelumnya.
  7. Pajak – pajak yang dihitung berdasarkan harga penerbangan Anda.
  8. Fare Basis merupakan kode yang biasanya dipahami oleh staff maskapai yang Anda gunakan. Biasanya sih nantinya hal ini akan berkaitan dengan ketentuan-ketentuan khusus dari maskapai yang bersangkutan terkait jenis tiket yang Anda beli. Ada beberapa kode booking yang mungkin bermanfaat apabila Anda memahaminya. Nah berikut ini adalah beberapa kode fare basis tersebut:
    • F – perjalanan first class.
    • J – perjalanan kelas bisnis.
    • W – perjalanan kelas premium.
    • Y – perjalanan kelas ekonomi.
    • E huruf kedua – biasanya menunjukkan excursion fare yang memiliki masa minimal dan maksimal. Tidak selalu dikeluarkan oleh maskapai, biasanya dikeluarkan khusus untuk menarik minat traveler yang senang berlibur.
    • Angka – biasanya menunjukkan maksimal aturan tarif berlaku di tempat tujuan.
    • H atau L di posisi selain huruf pertama – yang menunjukkan jenis tiket yang dikeluarkan oleh maskapai, H berarti high season dan L berarti low season.
    • W atau X di posisi selain huruf pertama – yang menunjukkan bahwa tiket yang dikeluarkan valid di weekdays (X) ataupun weekend (W).
    • OW – yang menunjukkan tiket satu arah saja alias one way.
    • RT – biasanya terdapat di dalam tiket pulang alias return fare yang merujuk kepada kode booking tiket sebelumnya.
    • CH di posisi terakhir kode huruf – menunjukkan tiket khusus untuk anak yang berusia 2-3 tahun hingga 13-15 tahun, tergantung dari masing-masing maskapai.
    • IN di posisi terakhir kode huruf – menunjukkan tiket khusus untuk bayi berusia 0 hingga 2-3 tahun, tergantung dari masing-masing maskapai.
  9. Restriksi terkait penggantian dan refund – tidak selalu tertulis, namun kadang tertulis dengan jelas. Anda harus membaca restriksi ini sehingga nantinya bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.
  10. Tanggal valid tiket – hal ini selalu tertulis dan Anda harus selalu memeriksanya, sehingga Anda tidak salah nantinya.
  11. Last check-in – jam check in yang menurut kami harus Anda perhatikan. Karena bila terlambat nantinya Anda tidak akan bisa mengambil boarding pass untuk penerbangan.

Nah itulah tadi seluruh informasi yang patut dipahami di tiket pesawat. Informasi tersebut cukup membantu loh ketika Anda ingin melakukan perjalanan. Terutama terkait peraturan yang ada di maskapai masing-masing.

Baca Juga: Cara Check In Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *