Ingin Puasa Sehat? Ini Dia Tips Puasa Sehat!

Dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan, bulan puasa Ramadan 1440 H tahun 2019 akan segera hadir menemani hari-hari Anda dalam 1 bulan ke depan untuk melaksanakan puasa yang wajib dilakukan.

Puasa adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menahan lapar mulai dari waktu shubuh hingga waktu maghrib. Namun puasa tidak hanya menahan lapar, Anda juga harus bisa menahan hawa nafsu dan ucapan selama menjalani bulan puasa.

Puasa Ramadan bila diterapkan dengan cara yang benar akan membuat dampak positif bagi kesehatan. Berikut beberapa tips untuk memastikan puasa Anda menyehatkan.

1. Pola makan yang sehat

Terapkanlah pola diet sehat pada saat berbuka, jangan berlebihan dalam memakan makanan yang manis. Karena selain tidak memuaskan rasa lapar, hal itu juga bisa mengganggu pola makan Anda. Makan buah seperti kurma justru lebih bisa mengisi ulang energi dengan cepat setelah puasa.

2. Minum cukup air

Hidrasi adalah hal yang harus diatasi saat puasa Ramadan. Sebelum dan sesudah berpuasa, ingatlah untuk meminum air putih dalam jumlah yang banyak. Kebutuhan hidrasi tubuh mininal 1,5 liter per hari yang tidak dapat ditawar.

3. Makan Secukupnya

Saat sahur dan berbuka dianjurkan untuk makan secukupnya, karena jika Anda makan berlebihan itu bisa mengganggu metabolisme yang akan menyebabkan ngantuk dan akan berpengaruh saat Anda melaksanakan sholat tarawih.

4. Hindari makanan berminyak

Jika Anda ingin tetap sehat saat puasa, hindarilah makanan yang terlalu berminyak. Makanan yang terlalu berminyak bisa membuat sel darah merah Anda menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Dan akibatnya Anda akan mengantuk di siang hari.

5. Olahraga ringan di malam hari

Untuk tetap sehat di saat menjalankan puasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan di malam hari. Misalnya, Anda bisa berjalan kaki selama 15 – 20 menit. Hal ini juga bisa dilakukan saat Anda berangkat dan pulang tarawih dengan berjalan kaki.

6. Atur Pola Tidur Anda

Selain memperhatikan pola makan, Anda juga harus mengatur pola tidur. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika Anda harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka Anda tidak boleh begadan di malam hari untuk keperluan yang tidak penting.

7. Kurangi penggunaan tenaga fisik

Tips yang satu ini sangat di rekomendasikan untuk para atlet, supaya saat puasa untuk mengurangi latihan di siang hari dan mengurangi untuk berlatih fisik. Jika ingin berolahraga lakukanlah sore hari sebelum berbuka puasa.

8. Kurangi makan sahur dengan mie instan

Jaman sekarang sangat banyak orang yang sahur hanya dengan makan mie instan, karena cara buatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Tetapi sahur dengan makan mie instan adalah bukan cara yang sehat untuk berpuasa, makan mie instan di saat sahur bisa membuat Anda cepat lapar dan dehidrasi.

9. Hindari minuman berkafein

Jika terlalu banyak minuman yang mengandung kafein di saat puasa, akan membuat Anda cepat dehidrasi. Karena kafein bersifat diuretik yang bisa menstimulasi pelepasan air dari tubuh secara cepat. Maka dari itu saat berpuasa hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi atau minuman bersoda.

10. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Konsumsi makanan saat sahur haruslah mengandung gizi yang baik. Makanan ini harus mengandung karbohidrat yang komplit dan juga lambat dicerna seperti oats dan kacang-kacangan sehingga bisa memberikan rasa kenyang selama berpuasa, dan juga menjaga agar gula darah tetap stabil.

Dan itulah beberapa tips puasa sehat yang bisa Anda terapkan dalam berpuasa, semoga selalu sehat dalam menjalani puasa di bulan Ramadan 1440 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *