Itinerary Liburan Karimunjawa yang Murah dan Mengesankan

Karimunjawa merupakan kepulauan cantik yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya kalau kamu lihat di peta yakni di atas Jepara! Meski belum seterkenal Lombok, Labuan Bajo, apalagi Bali, banyak loh wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan Karimunjawa sebagai tempat tujuan wisata.

Nah tapi sayangnya sebagaimana yang telah kamu ketahui sebelumnya, tempat-tempat wisata yang sudah lazim bagi wisatawan asing umumnya memiliki harga yang mahal. Mulai dari penginapan, transportasi, hingga paket wisata dan makanannya.

Tapi tenang saja, kami disini akan mencoba merangkum dan membuat itinerary singkat bagi kamu yang ingin liburan hemat tapi mengesankan ke Kepulauan Karimunjawa. Baca sampai selesai ya, dijamin deh kamu tidak akan menyesal!

Transportasi ke Karimunjawa

pelabuhan kartini

Untuk bepergian ke kepulauan Karimunjawa ada beberapa moda transportasi yang bisa kamu pilih, masing-masing akses menurut kami memberikan pengalaman yang menarik, unik, dan tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Via Laut dari Pelabuhan Kartini, Jepara – salah satu moda transportasi yang cukup favorit bagi para wisatawan adalah menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Kartini yang terletak di Jepara. Sudah tentu kamu harus pergi ke Jepara terlebih dahulu melalui jalur darat.

Kalau kamu merupakan warga di luar Provinsi Jawa Tengah, maka kamu bisa jalan via jalur darat langsung ke Jepara, ataupun menggunakan jalur udara ke Semarang dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus umum ke Jepara.

Kalau kamu mau bepergian dengan lebih liar, maka kamu bisa berjalan-jalan dahulu ke Kota Solo ataupun Yogyakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Jepara dengan menggunakan moda transportasi umum secara berpindah-pindah.

Di Pelabuhan Kartini, kamu bisa langsung ke loket pembelian tiket yang umumnya buka mulai dari pukul 05.00 WIB, yang biasanya sih akan selalu ramai di pagi hari karena banyaknya wisatawan yang mengantre sejak malam hari.

Adapun kapal yang bisa kamu gunakan untuk ke Karimunjawa adalah sebagai berikut ini:

  1. KMP Siginjai
    • Berangkat Jumat, Sabtu, Senin, Rabu pukul 07.00 WIB.
    • Harga tiket ekonomi Rp 76.000,- VIP Rp 96.000,-
    • Biaya angkut motor Rp 65.000,- per motor.
    • Durasi perjalanan 4,5 hingga 5 jam sesuai dengan kondisi laut.
  2. KMC Express Bahari
    • Berangkat Senin, Selasa, dan Jumat pukul 09.00 WIB serta Sabtu pukul 10.00 WIB.
    • Harga tiket eksekutif Rp 154.000,- VIP Rp 179.000,-
    • Durasi perjalanan sekitar 2 jam, sesuai dengan kondisi laut.

Sebenarnya selain berangkat dari Jepara, kamu yang ingin bepergian ke Karimunjawa juga bisa berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sayangnya jadwal kapal yang ada tidak terlalu sering, dan kami belum menemukan jadwal yang fixed.

Untuk harga yang bisa kamu pilih bila ingin berangkat langsung dari Semarang berkisar antara Rp 103.000,- hingga Rp 336.000,- bergantung kelas yang kamu pilh tentunya. Hanya saja bila berangkat dari Semarang kamu bisa memesan tiket kapalnya langsung di laman website pelni.co.id, mudah bukan?

Via jalur udara – nah untuk pilihan yang satu ini boleh-boleh saja kamu coba, tapi tentu saja kamu harus menyiapkan uang yang lebih ya. Keuntungannya tentu saja perjalanannya yang jauh lebih cepat sampai dan terhindar dari mabuk laut.

Untuk bisa pergi ke Karimunjawa menggunakan pesawat, pertama-tama kamu bisa pergi ke Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang dan memesan tiket pesawat langsung ke Bandara Dewadaru, Karimunjawa.

Untuk saat ini hanya Nam Air lah satu-satunya maskapai yang membuka rute langsung dari Semarang ke kepulauan Karimunjawa. Untuk jadwal penerbangannya saat ini adalah 3 kali di dalam seminggu dengan durasi penerbangan hanya 30 menit saja.

Adapun harga tiket pesawat yang bisa kamu beli berkisar antara Rp 400.000,- hingga Rp 500.000,- sekali penerbangan sesuai dengan musimnya. Untuk mengakali harga tiket yang cukup mahal ini kamu bisa membelinya jauh-jauh hari sebelum merencanakan liburan, tentu saja!

Memilih Penginapan di Karimunjawa

karimunjawa

Sama seperti lokasi wisata populer lainnya di Indonesia, ada cukup banyak penginapan yang bisa kamu pilih di kepulauan Karimunjawa. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kondisi keuangan yang kamu punya dan tentu saja kenyamanan penginapan tersebut.

Ada beberapa penginapan yang kami rekomendasikan bila kamu ingin berlibur ke Kepualauan Karimunjawa, berikut ini diantaranya!

Mangrove Inn – penginapan yang relatif murah dan cukup kami rekomendasikan yang pertama adalah Mangrove Inn yang terletak dekat dari Bukit Cinta. Hal yang membuatnya semakin menarik ialaha pemandangan laut lepas yang bisa langsung kamu nikmati dari penginapan ini.

Di dalam penginapan kamu sudah menerima kamar yang cukup luas dengan layanan koneksi internet 24 jam, dan tetnu saja sarapan. Kalau masih terlalu lapar kamu bisa membeli makanan tambahan yang dijual di restoran di penginapan ini.

Dari dalam penginapannya sendiri mungkin tidak seperti hotel ataupun penginapan kebanyakan yang ada saat ini. Namun kamu bisamerasakan suasana yang cukup homey dan intim tentu saja. Nah menurut kami sih cocok untuk kamu yang berlibur bersama keluarga atau kamu yang ingin berbulan madu.

Untuk menikmati pemandangan dan pengalaman yang menarik di Mangrove Inn ini kamu harus mempersiapkan kocek sekitar Rp 300.000,- ribuan rupiah per malamnya. Bagaimana, cukup murah bukan?

E2 Guest House – merupakan salah satu penginapan termurah yang cocok disewa bagi kamu yang kesini bersama pasangan, sendiri, ataupun bersama teman. Yang jelas dengan harga mulai dari Rp 150.000,- per malam kamu sudah mendapatkan kamar dengan ranjang king size dan AC yang dingin!

Selain itu fasilitas lain yang akan kamu dapatkan adalah kamar mandi dalam dan tentu saja wifi dengan internet kecepatan tinggi di seluruh area. Nah tapi memang sih untuk ukuran kamarnya boleh dibilang simpel saja.

Namun menurut kami justru disitulah letak kelebihannya, karena kamarnya menurut kami memang didesain ‘hanya’ untuk tidur dan beristirahat, sehingga seolah-olah memberikanmu dorongan untuk keluar dan mengeksplorasi Karimunjawa.

Tapi jangan salah sangka loh, karena kamar yang ada di sini jauh dari kata jelek dan kumuh. Kamar di sini meski kecil namun terkesan elegan, luas, minimalis, dan tentu saja akan bisa memuaskan tubuhmu yang remuk setelah seharian berjalan-jalan di Karimunjawa. Salah satu penginapan terbaik yang amat kami rekomendasikan untuk kamu!

The Coconut House – bagi kamu yang merupakan traveler bebas, yang relatif cuek, kami sarankan pula kamu menginap di the coconut house yang bisa memberikanmu pengalaman yang berharga dan tentu saja menarik.

Kalau untuk yang satu ini sih cocok untuk kamu yang solo travelling ataupun kamu yang bepergian bersama teman-temanmu. Meski tidak sebagus hotel-hotel berbintang, dengan menginap di the coconut house kamu berkesempatan untuk bertemu dengan traveler dari seluruh dunia.

Intinya sih kamu yang memang berlibur dengan tujuan mencari kawan baru, bersosialisasi maksimal dengan dunia luar, dan ingin bebas maka amat cocok untuk menginap di tempat ini. Hanya dengan Rp 135.000,- per hari kamu sudah mendapatkan sarapan dan tentu saja koneksi internet penuh.

CocoHuts Hotel – meski ‘hanya’ hotel berbintang dua, CocoHuts Hotel diketahui memberikan pengalaman yang amat berbeda dibandingkan dengan penginapan-penginapan lainnya yang ada di Kepulauan Karimunjawa ini.

Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 300.000,- saja kamu sudah bisa menyewa kamar untuk berdua dengan pemandangan laut yang memang menjadi daya tarik tersendiri dari penginapan ini. Lagi-lagi meski tidak memiliki kamar yang mewah, CocoHuts Hotel diketahui menjadi salah satu penginapan incaran wisatawan mancanegara loh.

Tentu saja karena mereka menawarkan pemandangan yang menarik tersebut, langsung menghadap laut dan pelabuhan di Karimunjawa. Sangat cocok bagi kamu yang berlibur dengan tujuan melepas penat atau bahkan bila hanya sekadar ingin melakukan short escape.

Tapi tentu saja meski kamarnya tergolong biasa, CocoHuts Hotel telah memberikan pelayanan yang luar biasa, ditambah dengan sarapan yang enak, serta tentu saja internet full 24 jam dengan kecepatan yang termasuk tinggi dibandingkan penginapan lainnya di Karimunjawa.

Big K Hostel – satu lagi penginapan yang murah namun menyajikan pengalaman yang menurut kami akan sulit bagi kamu untuk dilupakan. Terletak hanya 600 meter saja dari Pantai Pancuran yang terkenal itu, hostel ini menawarkan restoran, bar, lounge bersama, hingga wifi dengan kecepatan tinggi.

Selain itu kamu yang suka dengan pantai dan laut pastinya akan senang untuk tinggal di hostel ini, karena sama seperti CocoHuts Hotel, hostel ini menawarkan pemandangan laut lepas dengan warna warninya yang akanmemanjakan matamu.

Satu lagi, kamu harus memasan hostel ini dari jauh-jauh hari ya karena harganya yang relatif murah namun dengan fasilitas yang luar biasa inilah membuat banyak wisatawan mancanegara tertarik pula untuk menginap di hostel ini.

Kamu yang solo traveler bisa menginap di kamar bersama yang dipisah antara laki-laki dan wanita hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 110.000,- saja per malam. Adapun kamu yang ingin lebih intim dan romantis bersama pasanganmu bisa menginap di kamar privat seharga Rp 400.000,- per malamnya.

The Happinezz Hills Hotel – merupakan salah satu hotel yang cukup baru di Karimunjawa namun sudah menjadi favorit bagi banyak wisatawan yang berlibur ke Karimunjawa, baik bagi wisatawan mancanegara ataupun wisatawan lokal.

Terletak 1,4 km Pantai Legon Lele The Happinezz Hills Hotel sukses menjadi salah satu penginapan tervaforit yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Karena memang baru-baru melakukan pembangunan, kami merasa kamar dan fasilitas yang ditawarkan cukup modern dan memberikan kesan elegan.

Selain itu sama seperti kebanyakan penginapan yang ada di Kepualauan Karimunjawa, hotel ini juga menawarkan pemandangan yang tentu saja akan menjadi pemandangan terbaik yang bisa kamu dapatkan, apalagi bagi kamu pecinta laut.

Meski demikian tentu saja ada harga lebih yang harus kamu bayarkan apabila ingin menginap di tempat ini. Kamu harus merogoh kocek setidaknya Rp 500.000,- untuk mendapatkan kamar untuk berdua dengan pemandangan cantik, sarapan, serta internet 24 jam tentu saja!

Breve Azurine Lagoon Resort – dari namanya saja barangkali kamu bisa menebak bukan kalau penginapan ini pastinya memberikan kamu pengalaman yang berbeda dengan penginapan lainnya yang ada di Karimunjawa.

Dengan merogoh kocek setidaknya Rp 1,2 juta kamu akan mendapatkan fasilitas resort bintang 4 dengan pemandangan lautan lepas yang kami jamin sesuai dengan harga yang diberikan oleh resort ini. Selain itu dibandingkan dengan penginapan lainnya resort ini memiliki fasilitas yang lebih banyak.

Kamu bisa menikmatif fasilitas pantai pribadi hingga berbagai olahraga air, hingga snorkeling, diving, dan memancing. Bicara soal kamar pun sudah tidak perlu diragukan lagi, dengan harga yang cukup mahal tersebut tentu saja kamu akan mendapatkan kamar yang luas, bersih, dan tentu saja mewah.

Itinerary Karimunjawa yang Hemat

Setelah selesai membahas transportasi dan akomodasi, saatnya kamu membuat itinerary-mu agar nanti tidak kebingungan bila ingin berjalan-jalan di Kepualauan Karimunjawa. Sebelum itu perlu diingat salah satu wisata Karimunjawa yang sayang sekali dilewatkan adalah island hopping! Apasih itu? Nah tenang saja nanti pasti kami bahas!

Island Hopping – merupakan salah satu penawaran wisata yang jarang ada di tempat-tempat lain di Indonesia. Sesuai dengan namanya island hopping merupakan paket perjalanan singkat ke beberapa pulau yang ada di Kepulauan Karimunjawa.

Masing-masing biro perjalanan biasanya sih sudah menentukan pulau-pulau mana saja yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Jadi pertimbangan selanjutnya adalah seputar harga dan berapa banyak wisatawan yang pergi bersama kamu.

Untuk uang yang terbatas kamu bisa mengeluarkan Rp 100.000,- hingga Rp 300.000,- tergantung biro perjalanan yang kamu pilih, untuk mendapatkan island hopping ke beberapa pulau kecil bersama-sama dengan wisatawan lainnya.

Adapun kamu yang sudah memiliki uang berlebih kami cukup sarankan untuk menyewa kapal secara keseluruhan dengan harga yang biasanya akan disesuaikan dengan jumlah orang di rombonganmu. Tapi setidaknya siapkanlah uang minimal Rp 500.000,- per orangnya.

Seafood Alun-Alun – kamu yang sudah sering bepergian ke tempat-tempat wisata kepulauan pasti sudah sangat paham kalau wisata kuliner makanan laut merupakan hal yang haram untuk dilewatkan! Dimana lagi kamu bisa mendapatkan hewan laut dengan harga yang sangat murah namun sangat segar, kecuali di pinggir laut!

Sama seperti kebanyakan wisata pantai yang ada di Indonesia, kamu bisa menikmati berbagai hewan laut mulai dari cumi besar, gurita, lobster, ikan kerapu, ikan kakap, dan berbagai hewan laut yang tergolong mewah dengan harga yang menurut kami sangat murah.

Selain itu kamu juga bisa memesan kepada sang penjual, apakah ingin memasak hewan tersebut dengan cara dibakar, dimasak rica-rica, hingga digoreng, dan dimasak dengan menggunakan kecap. Pokokny nikmat deh!

Bukit Love – salah satu spot foto paling terkenal di Karimunjawa saat ini adalah Bukit Love. Kalau yang satu ini sih kami rasanya tidak perlu banyak menjelaskan, karena kami yakin pasti kamu pernah melihat temanmu berfoto di sini, di Instagram milik temanmu.

Untuk bisa masuk ke area bukit ini kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000,- saja baik di weekdays ataupun di weekend. Kamu bisa mulai datang pukul 06.00 hingga tutupnya pada pukul 18.00, jadi ya cukup panjang kok.

Saran kami sih cobalah datang di musim-musim non liburan, karena biasanya bukit love akan dipadati pengunjung yang ingin berfoto selama musim liburan. Bisa-bisa kamu keburu bete karena antrean yang panjang dan tempatnya yang terlalu padat deh!

Penangkaran Penyu – Diantara 27 pulau yang berada di area Kepulauan Karimunjawa, kamu bisa mendatangi Pulau Sintok yang memiliki luas 12 hektar dan terletak di timur laut kepualuan Karimunjawa. Disini kamu bisa menikmati alam liar dari sisi yang berbeda.

Karena Pulau Sintok saat ini telah ditentukan oleh Badan Taman Nasional Karimunjawa sebagai salah satu pusat penangkaran penyu mengingat lokasinya yang memang sudah menjadi habitat penyu sejak dahulu kala.

Namun untuk bisa menikmati penetasan penyu-penyu tersebut kamu harus datang di waktu-waktu tertentu saja karena memang mengikuti musimnya. Nah meski demikian kamu juga bisa loh menikmati pengalaman snorkeling yang berbeda di area Pulau Sitok.

Karena kalau kamu cukup beruntung kamu bisa bertemu dengan penyu dengan berbagai ukuran saat sedang melakukan snorkeling. Tapi yah balik lagi sih memang amat bergantung dari keberuntungan kamu, yang jelas tetap saja sayang untuk kamu lewatkan!

Baca Juga Tempat Wisata Bogor yang Cihuy, Tempat Wisata di Jakarta yang Antimainstream

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *