fbpx

Jenis Pekerjaan yang Cocok Berdasarkan Kepribadian

Di era internet ini pasti banyak diantara kita yang pernah melakukan tes kepribadian di internet. Alasannya tentu saja karena akses yang bisa kita dapatkan begitu mudah dibandingkan beberapa tahun ke belakang.

Salah satu tes kepribadian yang mungkin paling terkenal saat ini adalah Tes Kepribadian Jung dan Briggs Myers, atau biasa kita kenal dengan tes 16 kepribadian. Pernah dengar? Atau malah barangkali kamu pernah mencoba tes ini.

Ada banyak laman situs yang memberikan kamu kesempatan ujicoba kepribadian ini, salah satunya adalah https://www.16personalities.com/. Kamu bisa mencobanya disana, cukup dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan dan secara otomatis hasilnya keluar.

Lalu untuk apa hasil tes kepribadian itu? Mudah saja, hasil tes kepribadian tersbut bisa digunakan misalnya untuk menentukan jurusan kuliahmu, dan yang lebih penting tentu saja untuk menentukan jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadianmu.

Yuk kita bahas satu persatu!

Jenis Kepribadian Menurut Jung – Myers

Tes Kepribadian

Sesuai dengan paragraf pembuka yang kami tuliskan di atas, dengan menggunakan alat ini, kamu bisa mengetahui salah satu jenis kepribadianmu dari total seluruhnya 16 kepribadian. Nah dari 16 jenis ini, kemudian dibuatlah 4 kelompok besar yang bisa kita bahas.

Jung – Myers memiliki 8 kode kepribadian yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Ini dia masing-masing kode dan kombinasinya:

  1. Berdasarkan caramu fokus terhadap diri, Jung – Myers membaginya menjadi
    • Introversion (I) – dimana seorang I umumnya lebih senang menyendiri, lebih suka pace lambat untuk berkontemplasi, lebih banyak berpikir di dalam kepala, dan lebih senang mengobservasi dibandingkan menjadi pusat perhatian.
    • Extraversion (E) – merupakan kebalikan dari seorang I, seorang E merupakan orang yang biasa dideskripsikan sebagai orang yang ceria, outgoing, senang bekerja dalam pace tinggi, senang mengeluarkan dan berbagi gagasan, hingga senang menjadi pusat perhatian.
  2. Berdasarkan cara seseorang mengerima informasi, Jung-Myers membaginya menjadi
    • Sensing (S) – dimana seorang S biasanya lebih berfokus terhadap bagaimana suatu kejadian bisa terjadi, lebih berfokus kepada fakta konkrit dan detil dari setiap kejadian, lebih menyenangi gagasan yang praktis dan bisa dilakukan, serta senang menjelaskan hal secara spesifik dan lugas.
    • Intuisi (N) – kebalikan dari seorang S, seorang N biasanya lebih senang mengandaikan kemungkinan-kemungkinan lain dari suatu kejadian yang terjadi, berfokus kepada gambaran besar setiap kejadian, menyenangi gagasan dan konsep yang ‘liar’, serta lebih suka menjelaskan hal secara analogis atau dengan pengandaian tertentu.
  3. Berdasarkan cara seseorang membuat keputusan, Jung – Myers kemudian membaginya menjadi:
    • Thinking (T) – yang boleh dikatakan merupakan orang-orang logis, lebih suka keadilan dan keseragaman, senang mencari-cari kesalahan di dalam satu argument, serta biasanya dikenal dengan orang yang reasonable di dalam pergaulannya.
    • Feeling (F) – merupakan kebalikan dari orang T, dimana orang jenis F biasanya membuat keputusan berdasarkan nilai-nilai pribadi, lebih senang kedamaian dan memaafkan, senang membuat orang lain senang, dan umumnya dikenal dengan orang yang hangat dan empati di dalam pergaulannya.
  4. Terakhir, berdasarkan caramu memilih untuk menjalani kehidupan, Jung – Myers membaginya kembali menjadi:
    • Judging (J) – dimana seorang J biasanya lebih senang hal-hal yang pasti, menganggap aturan dan deadline adalah hal yang baku dan wajib dipatuhi, lebih senang instruksi detil atau step by step, dan lebih senang membuat perencanaan matang dalam menjalani sesuatu.
    • Perceiving (P) – merupakan kebalikan J, dimana orang P biasanya lebih senang membuka kemungkinan akan sesuatu, melihat aturan dan deadline sebagai hal yang fleksibel, senang improvisasi dan menambah-nambah pekerjaan di tengah-tengah progress, serta merupakan orang yang spontan dan senang terhadap situasi baru alias tidak suka planning yang kaku.

Dari kedelapan jenis kepribadian itulah kemudian Jung – Myers membuat 16 tipe-tipe kepribadian. Namun dari 16 itu, Jung – Myers mengelompokkannya lagi ke dalam 4 kelompok besar, yuk kita bahas satu persatu sekaligus jenis pekerjaan yang cocok bagi mereka.

Kepribadian Analis

elon musk

Analis merupakan orang-orang yang memiliki sifat T (Thinking) yang menonjol, secara umum terbagi ke dalam 4 kelompok besar. Yakni Arsitek (INTJ), Logician (INTP), Komandan (ENTJ), dan Pendebat (ENTP). Yuk kita bahas satu-satu.

Arsitek (INTJ) – merupakan salah satu tipe kepribadian yang langka (0,8% dari seluruh populasi dunia)  dan rata-rata dimiliki oleh orang-orang yang noticeable dan orang-orang penting. Kami pun yakin kamu yang INTJ sudah mengetahui bahwa kamu memang orang hebat, sebelum bahkan mengetahui bahwa kamu adalah INTJ.

Orang-orang yang merupakan INTJ biasanya tidak bisa berhenti menganalisa apapun, dan seringkali dikenal sebagai kutu buku. Hal ini tidak terlepas dari sifat dasar INTJ yang selalu penasaran dan haus akan ilmu pengetahuan.

Beberapa orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian tipe INTJ adalah Friedrich Nietzsche, Michelle Obama, Elon Musk, Christopher Nolan, Vladimir Putin, Arnold Schwarznegger, hingga Colin Powell.

Nah masuk deh ke hal yang paling penting, jenis pekerjaan yang cocok untuk INTJ. Ini dia poin-poinnya!

  • Kamu merupakan orang yang cocok bekerja sendiri atau di dalam grup kecil, dimana kamu bisa bekerja secara fokus dengan minimal interupsi.
  • Kamu merupakan orang yang menghargai seseorang yang memiliki integritas tinggi, kegigihan, gagasan yang luas, serta komitmen terhadap diri sendiri dan orang lain.
  • Kamu cocok bekerja di lingkungan yang memaksa kamu untuk terus maju dan berkembang, dan dimana kamu berperan penting di dalam perusahaan tersebut.
  • Jenis pekerjaan yang cocok untuk INTJ adalah analis bisnis, insinyur teknik sipil, insinyur teknik mesin, insinyur elektro, akuntan, analis finansial, konsultan manajemen, analis pasar, eksekutif top, aktuaris, insinyur teknik komputer, arsitek, farmasi, mikrobiologi, ahli ekonomi, analis militer, manajer perusahaan, pengacara, dokter, dokter gigi, peneliti (di bidang apapun), penulis, penerjemah, fotografer, deasiner industrial, hingga konsultan (hampir di semua bidang). Pada dasarnya seorang INTJ bisa menjadi apapun yang kamu mau, tapi patut diingat bahwa INTJ kurang cocok bekerja dimana mereka harus bertemu dan berbicara dengan banyak orang (atas arahan dari atasanmu) misalnya sales, admin, hingga guru dan posisi asisten tenaga kesehatan.

Logician (INTP) – merupakan tipe kepribadian yang cukup langka yakni sekitar 3% dari seluruh populasi dunia. Orang-orang INTP biasanya bangga akan kreativitas, perspektif mereka yang unik, serta kecerdasan yang menonjol.

Di lingkungan pertemanan, INTP seringkali dikenal sebagai orang-orang yang filosofis, si pemimpi, ataupun si arsitek yang senang merancang. Tapi memang kenyataannya orang-orang INTP kebanyakan merupakan penemu-penemu hebat yang tercatat sejarah.

Beberapa orang terkenal yang memiliki kepribadian INTP adalah Bill Gates, Albert Einstein, Stanley Crouch, Kristen Stewart, Blaise Pascal, Isaac Newton, hingga Rene Descrates dan Ellen Page.

Adapun jenis-jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian INTP adalah sebagai berikut:

  • Orang-orang INTP senang mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan mengeksplorasi serta menguji coba ide-ide baru.
  • Kebanyakan orang-orang INTP pun tertarik kepada ilmu-ilmu eksak dasar seperti matematika, fisika, hingga yang lebih kompleks yakni ilmuwan sains dan analis sistem.
  • Jika diterjemahkan ke zaman yang seperti sekarang, kebanyakan INTP menjadi orang-orang yang berkutat dengan analisis serta data. Hal ini tentu merupakan suatu keuntungan sendiri, karena sebagaimana yang kita ketahui banyak start up (bahkan hampir seluruhnya) bermain-main dengan data terkait bisnis mereka.
  • Jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian INTP adalah insinyur komputer, analis sistem komputer, pengembang piranti lunak, insinyur biomedis, insinyur teknik kimia, arsitek lanskap, insinyur teknik mesin, antropologis, fisikawan, psikologis, matematikawan, statistikawan, pengacara, konsultan manajemen dan keuangan, penulis, ahli ekonomi, hingga dokter dan dokter bedah.
  • Adapun beberapa karir yang perlu dihindari INTP adalah asisten dokter gigi, guru, sales, manajer restoran, manajer sales, hingga perawat.

Komandan (ENTJ) – merupakan seseorang yang lazim disebut sebagai natural born leader. Orang-orang ENTJ umumnya memiliki karisma, kepercayaan diri, hingga cara mereka berbicara hingga bisa menarik banyak orang sedemikian rupa.

Selain itu mereka bisa bekerja dengan membawa semangat, determinasi, dan ketaaman pikiran mereka sehingga nyaris hampir semua target yang mereka buat bisa mereka capai di kemudian hari. Sama seperti INTP, ENTJ termasuk langka namun masih cukup banyak, yakni sekitar 3% dari seluruh populasi.

Adapun beberapa orang yang terkenal dan memiliki kepribadian ENTJ misalnya adalah Steve Jobs, Gordon Ramsay, Margaret Thatcher, Franklin Delano Roosevelt, Jim Carrey, Harrison Ford, Whoopi Goldberg, hingga Malcolm X.

Nah sementara itu jenis-jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ENTJ adalah sebagai berikut ini:

  • Sebagaimana namanya, ENTJ merupakan orang-orang yang paling pantas memimpin di suatu organisasi, tim kecil, dan bahkan perusahaan. Kebanyakan orang akan nyaman bila dipimpin oleh seorang ENTJ. Hal ini tidak terlepas dari sifat ENTJ yang memiliki visi, kecerdasan, hingga determinasi yang tinggi hingga nyaris seluruh ide mereka bisa terlaksana.
  • Sayangnya seluruh sifat-sifat baik yang dimiliki ENTJ bisa saja tidak nampak dan tersupresi, apalagi bila orang ini terus menerus berada di karir level bawah. Justru bila terus menerus berada di karir level bawah, orang-orang ENTJ akan frustrasi dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Bahayanya kemudian, para atasan akan menilai mereka sebagai orang yang tidak capable.
  • Beberapa jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ENTJ adalah akuntan, analis keuangan, analis manajemen, analis pasar, konsultan keuangan pribadi, konsultan keuangan bisnis, aktuaris, manajer administrative, manajer promosi dan periklanan, agen sales, manajer sales, salesman, sosiologis, biologis alam liar, fisikawan, mikrobiologis, ilmuwan medis, ahli sejarah, guru, dokter, composer, produser, programmer, pengacara, detektif kepolisian, polisi, dan ahli geofisika.
  • Adapun beberapa pekerjaan yang perlu dihindari oleh ENTJ adalah resepsionis, pegawai restoran, admin data entry, asisten dokter gigi, perawat, teknisi rekam medis, guru preschool, hingga perawat anak.

Pendebat (ENTP) – pendebat bisa dibilang merupakan seorang Devil’s advocate sejati. Maksudnya merupakan orang-orang yang selalu mengambil posisi berlawanan dengan argumen orang lain karena ingin menguji keabsahan / validitas dari argument tersebut, dan bukan karena tak setuju dengan argument tersebut.

Seorang ENTP mampu menganalisa fakta-fakta secara cepat, menghubungkannya dengan pengetahuan yang mereka miliki, serta menyambungkan seluruh fakta baru dengan fakta-fakta yang ada disertai gagasan tambahan dari kepala mereka, untuk membuktikan poin mereka terhadap suatu fakta.

Sama seperti INTJ dan ENTJ, bahwa ENTP merupakan salah satu kepribadian yang cukup langka yakni sekitar 3% saja di seluruh dunia.

Adapun beberapa orang terkenal yang mungkin kamu tahu, yang memliki kepribadian ENTP misalnya adalah Mark Twain, Sarah Silverman, Adam Savage, Alfred ‘Weird Al’ Yankovic, Tom Hanks, Celine Dion, Thomas Alfa Edison, hingga Sacha Baron Cohen ‘the Dictator’.

Sementara itu beberapa jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ENTP adalah sebagai berikut:

  • Biasanya seorang ENTP mampu bekerja di sektor-sektor yang membutuhkan penyelesaian masalah. Dimana masalah-masalah ini umumnya merupakan masalah teknis ataupun intelektual yang beragam.
  • Berbeda dengan seorang INTP, orang-orang ENTP yang ekstrovert memiliki satu kelebihan tambahan yakni bisa menjadi komunikator handal yang bisa berkomunikasi tertulis serta tatap muka dengan sangat baik. Artinya meski sama-sama cerdas, orang ENTP memiliki kelebihan di sisi adaptibilitas sosial yang cukup tinggi.
  • Seorang ENTP akan sangat bahagia bila memiliki pekerjaan yang memberikan mereka kebebasan, alias personal freedom. Sayangnya hal ini sulit dicapai di beberapa bidang, kecuali ketika mereka telah berada di posisi puncak. Untuk kamu yang sudah terlanjur berada di posisi ini, tentu kamu boleh memilih untuk shifting career ataupun bersabar hingga masa itu tiba.
  • Adapun jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ENTP adalah eksekutif, entrepreneur, HRD, agen real estate, venture capitalist, arsitek, director seni, fotografer, produser seni, hingga psikolog organisasi.
  • Jenis pekerjaan yang harus dihindari oleh seorang ENTP adalah guru, dokter gigi, dokter umum, asisten perpustakaan, resepsionis, pengawas pabrik, pilot, masinis, hingga asisten administratif.

Kepribadian Diplomat

Morgan Freeman

Seorang diplomat bisa dibilang merupakan orang-orang yang cinta damai, dan kadang cenderung ‘tidak enakan’ kepada orang-orang di sekitarnya. Hal ini tercermin dari sifat F (Feeling) yang menonjol di dalam diri mereka.

Lebih jauh lagi, Jung – Myers membagi orang dengan kepribadian Diplomat menjadi empat jenis, yakni advokat (INFJ), mediator (INFP), protagonist (ENFJ), hingga seseorang yang mereka sebut dengan campaigner (ENFP).

Advokat (INFJ) – adalah salah satu kepribadian yang sangat langka (kurang dari 1% di seluruh dunia), namun menariknya mereka adalah orang-orang yang berhasil menorehkan kebaikan-kebaikan yang tercatat di seluruh dunia.

Mudahnya orang-orang INFJ adalah mereka yang menjunjung tinggi idealisme dan moralitas, tanpa harus menjadi seorang pemimpi. Artinya semua gagasan mereka yang tampak idealis dan moralis mampu diwujudkan secara nyata.

Menariknya pula bahwa seorang INFJ merupakan orang yang mampu berbicara halus, namun memiliki opini yang kuat dan akan mati-matian memperjuangkan gagasan yang mereka percaya tersebut. Mereka juga orang-orang yang berpendirian dan berkemauan kuat, namun jarang menggunakan hal tersebut untuk kepuasan diri mereka sendiri saja.

Ada beberapa orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian INFJ, diantaranya adalah Martin Luther King, Nelson Mandela, Marie Kondo, Mother Theresa, Nicole Kidman, Morgan Freeman, Lady Gaga, dan Goethe. Apakah kamu merasa memiliki nilai-nilai yang mirip dengan orang-orang di atas?

Adapun jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian INFJ adalah sebagai berikut:

  • Kamu yang INFJ umumnya tidak menyukai karir-karir korporat, karena menurut kamu pekerjaan korporat adalah khusus diciptakan bagi orang-orang yang mengejar status dan harta benda.
  • Orang-orang INFJ harus mencari makna, nilai, dan norma di setiap pekerjaan yan gmereka kerjakan. Apakah pekerjaan yang mereka lakukan bisa memberikan kebahagiaan dan membantu orang lain? Bila iya, maka pasti orang-orang INFJ akan mati-matian berjuang untuk hal itu.
  • Selain itu kamu yang seorang INFJ bisa mengejar karir-karir yang ‘mengekspresikan’ dirimu sesungguhnya seperti penulis, komunikator, musisi, fotografer, hingga desainer grafis.
  • Beberapa jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian INFJ misalnya psikiater, dokter umum, nutrisionis, asisten dokter, terapis fisik, terapis okupasional, educator kesehatan publik, psikolog klinis, konselor, pekerja sosial, ilmuwan sosial, manajer HRD, pelatih korporat, pengacara lingkungan, mediator legal, guru sekolah dasar, penulis, animator, desainer, musisi, penerjemah, hingga pembuat film.
  • Adapun beberapa jenis pekerjaan yang patut dihindari oleh INFJ adalah mekanik, petani, manajer sales, kontraktor, polisi, tentara, supervisor pabrik, koki, pemadam kebakaran, manajer properti, manajer keuangan, dan teknisi rekam medis.

Mediator (INFP) – seorang idealis sejati, yang selalu mencari kebaikan disetiap kejadian yang mereka lalui. Bagaimana mencari hal-hal baik diantara yang buruk, dan kemudian mengubahnya menjadi lebih baik lagi.

Biasanya seorang INFP akan dikenal sebagai orang yang tenang, damai, dan kadang-kadang pemalu di dalam pergaulan. Di dunia sendiri jumlah orang yang memiliki kepribadian INFP hanyalah sekitar 4% saja.

Selain itu INFP merupakan salah satu orang yang cukup sulit menentukan karirnya. Tapi biasanya orang-orang INFP akan mencari karir yang bisa memenuhi passion dan dedikasi mereka, dan bukan pekerjaan yang repetitif alias berulang.

Beberapa orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian INFP adalah Princess Diana, Audrey Hepburn, John Lennon, Kurt Cobain, Tori Amos, William Shakespeare, Helen Keller, Isabel Briggs Myers (sang penemu kepribadian Myers-Briggs)

Lebih rinci lagi, jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kamu yang memiliki kepribadian INFP adalah sebagai berikut:

  • Merupakan salah satu jenis kepribadian yang serinkali sulit mencari pekerjaan. Karena INFP seringkali berjuang mencari passion di awal karirnya, hingga bekerja kemudian, kadang masih saja berkutat mengenai passion di karir mereka.
  • Kamu yang seorang INFP boleh memilih karir dimana nantinya kamu akan banyak bertemu orang, dan bisa mengubah kualitas hidup orang lain.
  • Beberapa pekerjaan yang cocok untuk kamu jalani adalah seniman, desainer grafis, desainer fashion, animator, editor, editor film, fotografer, penulis, konselor keeshatan jiwa, konselor karir, pekerja sosial, psikolog, nutrisionis, bidan, terapis fisik, dokter hewan, kurator, guru sekolah dasar, guru prasekolah, professor, dosen, guru atau pelatih di bidang-bidang khusus.
  • Karir yang perlu kau hindari adalah menjadi TNI, polisi, analis sistem, manajer sales, auditor, manajer finansial, ahli kimia, insinyur kimia, perawat, hakim, dokter gigi, dan insinyur teknik mesin.

Protagonis (ENFJ) – sebagaimana namanya protagonis merupakan sekumpulan orang baik hati. Lebih jauh lagi ternyata banyak loh pemimpin yang memiliki kepribadian ENFJ ini, sehingga ENFJ juga seringkali disebut sebagai kepribadian milik natural-born leader.

Orang-orang ENFJ hidupnya akan dipenuhi wibawa, passion, dan tentu saja karisma yang meluap-luap. Selain itu dengan sifat ekstrovertnya, orang ENFJ rata-rata memiliki kepercayaan diri serta pride diri yang tinggi.

Adapun beberapa orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian ENFJ adalah Barack Obama, Ofrah Winfrey, John Cusack, Ben Affleck, Malala Yousafzai, Sean Connery, Maya Angelou, Jennifer Lawrence, hingga Dr. Phil McGraw.

Jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih apabila kamu merupakan seseorang dengan kepribadian ENFJ adalah sebagai berikut:

  • Biasanya kamu yang merupakan ENFJ akan mencari karir yang memungkinkanmu berhubungan dengan banyak orang, mengembangkan potensi orang lain, dan memberikan harapan serta inspirasi kepada orang lain.
  • Selain itu umumnya orang-orang ENFJ akan memuaskan hasratnya dengan membantu orang lain, dan seringkali tanpa mengharapkan imbalan apapun termasuk pengakuan.
  • Beberapa pekerjaan yang cocok dilakukan oleh seorang ENFJ adalah educator kesehatan, terapis perkawinan dan keluarga, konselor rehabilitasi, konselor karir dan sekolah, pekerja sosial, editor, penerjemah, fotografer, manajer hubungan masyarakat, reporter, penulis, guru sekolah dasar hingga dosen kuliah, kepala sekolah, manajer periklanan, manajer SDM, pramugari, analis pasar, spesialis pengembangan diri, aktor, produser film dan musik, pelatih fisik, sejarawan, psikologis, sosiologis, antropologis, pengacara, pelatih atletik, nutrisionis, konselor gizi, asisten eksekutif, dan customer service.
  • Adapun beberapa pekerjaan yang harus kamu hindari selama hidupmu adalah mekanik, tukang kayu, analis sistem, militer, programmer, insinyur teknik mesin, insunyur teknik elektro, dan insinyur teknik kimia.

Campaigner (ENFP) – boleh dibilang seorang ENFP merupakan orang-orang yang amat bersemangat di dalam hidup. Selain itu oran-orang ENFP merupakan orang-orang yang senang berada di keramaian dan bersosialisasi dengan orang lain.

Jumlahnya cukup banyak yakni mencakup sekitar 7% dari total populasi di seluruh dunia, dan menariknya kamu bisa mengenali orang-orang ENFP di sekelilingmu ini dengan mudah. Cari saja orang-orang yang tampak selalu bahagia dan bisa dengan mudah berkenalan dengan orang lain.

Beberapa orang terkenal yang memiliki kepribadian ENFP umumnya merupakan para aktor dan selebritas. Beberapa orang terkenal tersebut adalah Robert Downey Jr, Robin Williams, Kim Nam Joon, Quentin Tarantino, Russel Brand, Will Smith, Kelly Clarkson, hingga Meg Ryan.

Adapun jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ENFP adalah sebagai berikut:

  • Kamu yang memiliki kepribadian ENFP amat cocok menjadi seorang pekerja yang banyak mengeksplorasi gagasan-gagasan baru.
  • Selain itu seorang ENFP, nyaris bisa bekerja di semua bidang yang menuntut mereka untuk bisa menganalisis gagasan dan ide teknikal sekaligus menghubungkannya kepada orang-orang. Artinya mereka bisa tumbuh dengan baik dimana di lingkungan kerjanya memiliki banyak proyek-proyek teknis dan berhubungan dengan banyak manusia.
  • Jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ENFP adalah aktor, penari, koreografer, komposer, direktor musik, penyanyi, musisi, produser musik dan film, analis pasar, manajer sales, agensi perjalanan, spesialis SDM, pelatih hewan, pramugari, pelatih fitness, antropologis, psikologis, sosiolog, penerjemah, fotografer, reporter, penulis, guru, bidan, edukator kesehatan, hingga pekerja sosial.
  • Adapun pekerjaan-pekerjaan yang patut kamu hindari adalah teller, manajer keuangan, hakim, insinyur teknik mesin, insinyur teknik sipil, insinyur teknik komputer, insinyur teknik kimia, supervisor pabrik, polisi, dokter gigi, ahli kimia, dan petani.

Kepribadian Penjaga

natalie portman

Orang-orang dengan kepribadian penjaga umumnya memiliki sifat Judge (J) yang menonjol. Sifat ini kemudian terbagi kembali menjadi empat kepribadian yakni Logistician (ISTJ), Pelindung (ISFJ), Eksekutif (ESTJ), dan si Konsultan (ESFJ).

Logsitician (ISTJ) – orang dengan kepribadian ISTJ bisa dibilang merupakan orang-orang yang paling banyak diantara seluruh kepribadian lainnya di dalam populasi dunia. Jumlahnya mencapai 13% dari seluruh populasi dunia.

Orang-orang ISTJ jarang berasumsi, lebih senang menganalisis, mengecek fakta, untuk kemudian menentukan tujuan dan hal yang ingin mereka lakukan selanjutnya. Selain itu orang ISTJ merupakan orang-orang yang benci ketidakjelasan, dan lebih mudah frustrasi terhadap deadline.

Beberapa orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian ISTJ adalah Angela Merkel, Natalie Portman, Sting, Denzel Washington, George Washington, Condoleezza Rice, George H.W. Bush, dan Anthony Hopkins.

Lebih jauh lagi jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ISTJ adalah sebagai berikut ini:

  • Orang-orang ISTJ senang bekerja di dalam keteraturan serta perusahaan atau organisasi yang memiliki jenjang karir yang tetap dan saklek.
  • Selain itu orang-orang ISTJ umumnya lebih senang bekerja sendirian, namun tidak menutup kemungkinan bila dibutuhkan maka mereka mau bekerja dengan orang lain dengan catatan memiliki jobdesc dan pembagian tugas yang sangat jelas.
  • Di dalam dunia kerja, orang-orang ISTJ seringkali dikenal sebagai orang yang kaku, dan cenderung vokal di dalam mempertahankan argumen serta gagasan mereka. Tidak ada salahnya kok dengan hal ini, hanya saja kamu yang memiliki sifat ini kami sarankan untuk banyak bersabar ketika menghadapi situasi-situasi dimana ide dan gagasanmu ditentang banyak orang.
  • Jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ISTJ adalah akuntan, analis keuangan, investigator keuangan, analis finansial, manajer finansial, analis manajemen, agensi penjualan, pekerja pajak, aktuaria, analis operasi, statistikawan, manajer administrative, insinyur teknik (hampir seluruh bidang teknik), pilot, operator alat-alat berat, woodworker, atlet, wasit, sales, hakim, jaksa, militer, polisi, teknik komputer (hampir seluruh bidang komputer), serta hampir seluruh pekerjaan di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.
  • Sementara itu jenis karir yang harus dihindari oleh seseorang dengan kepribadian ISTJ adalah direktur seni, seniman, desainer grafis, aktor, fotografer, jurnalis, musisi, bartender, guru pra-sekolah, serta pekerjaan di bidang hubungan masyarakat.

Pelindung (ISFJ) – orang ISFJ pada umumnya dikenal sebagai orang yang sensitif, namun memiliki kemampuan analitik, kemampuan sosial, dan kemampuan teknik yang baik. Selain itu orang ISFJ dikenal pula sebagai orang-orang yang terbuka terhadap perubahan dan ide-ide baru.

Sama seperti ISTJ, orang-orang dengan kepribadian ISFJ cukup banyak yakni mencakup hampir 13% dari seluruh populasi di seluruh dunia. Kebanyakan dari orang-orang ini bisa kita temui bekerja di bidang medis, akademik, serta pekerjaan sosial.

Beberapa orang-orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian ISFJ adalah Ratu Elizabeth II, Vin Diesel, Aretha Franklin, Beyonce, Halle Berry, Kate Middleton, Anne Hathaway, hingga Lance Reddick.

Adapun jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ISFJ, adalah sebagai berikut:

  • Orang ISFJ di lingkungan kerja biasanya dikenal sebagai orang yang ramah, dan umumnya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal mengingat orang lain. Mulai dari tanggal ulang tahun, tanggal-tanggal penting, hingga nama-nama pelanggan yang seringkali datang ke kedai atau toko-toko mereka.
  • Selain itu orang-orang ISFJ tidak banyak berfokus mengejar karir di dunia manajerial, namun mereka lebih senang menjalani peran-peran suportif di dalam pekerjaan mereka. Mereka lebih senang mengerjakan pekerjaan penting yang bisa membantu perusahaan secara tidak langsung, tanpa harus pusing mengurusi politik kantor.
  • Adapaun beberapa jenis pekerjaan yang cocok bagi orang-orang dengan kepribadian ISFJ adalah pekerja sosial, asisten di bidang pekerjaan-pekerjaan sosial, pelatih fisik, pelatih teknik atlet, asisten medis, asisten dokter gigi, asisten perawat, farmasi, dokter umum, dokter bedah, asisten dokter hewan, kepala sekolah, resepsionis, sekretaris, asisten administratif, aktuaria, pekerja pajak, mekanik, teknisi mesin atau elektronik bangunan, pramugari, detektif, pemadam kebakaran, polisi, reporter persidangan, pekerja konservasi, hingga agensi sales asuransi.
  • Sementara itu beberapa pekerjaan yang sepatutnya dihindari oleh orang-orang ISFJ adalah eksekutif, konsultan manajemen, manajer sales, manajer marketing, manajer finansial, copywriter, direktor seni, jurnalis, aktor, fotografer, militer, pengacara, ilmuwan sosial, ahli ekonomi, hingga pemerhati pasar.

Eksekutif (ESTJ) – boleh dibilang orang-orang ESTJ merupakan mereka yang lazim dikenal sebagai orang yang piawai dalam mengatur sistem, manusia, serta mengatur tata kelola (nyaris) apapun di dalam suatu organisasi. Karena itulah mereka seringkali di sebut sebagai eksekutif.

Mencakup sekitar 11% dari seluruh populasi di dunia, ESTJ bisa dibilang piawai bila menjadi pemimpin suatu organisasi. Memimpin dengan memberi contoh, memiliki dedikasi tinggi, kejujuran yang tinggi, serta kebencian terhadap rasa malas dan kecurangan merupakan hal yang menonjol dari orang-orang ESTJ.

Beberapa orang ternama yang diketahui secara luas memiliki kepribadian ESTJ misalnya Judge Judy, Ella Baker, John D. Rockefeller, Sonia Sotomayor, James Monroe, Lyndon B Johnson, Laura Linney, hingga penyanyi kenamaan Frank Sinatra.

Adapun jenis pekerjaan yang cocok kamu geluti apabila kamu memiliki kepribadian ESTJ adalah sebagai berikut:

  • Kebanyakan orang ESTJ merupakan orang-orang yang tabah dan loyal di dalam suatu perusahaan. Seringkali orang-orang ESTJ merupakan orang yang sabar meniti karir mulai dari pekerja di level bawah hingga menjadi pemimpin di perusahaan.
  • Prinsip kuat yang dianut oleh orang-orang ESTJ adalah kerja keras dan motivasi diri. Hal ini juga bisa dilihat dimana orang-orang ESTJ biasanya akan berjalan secara teratur di dalam suatu projek hingga projek itu tuntas. Boleh dibilang orang-orang ESTJ merupakan si ‘supervisor’ yang saklek terhadap apa-apa yang telah direncanakan di awal proyek.
  • Beberapa pekerjaan yang bisa dijalankan oleh orang ESTJ misalnya sales, manajer hotel, agen penjualan real estate, konselor keuangan, manajer kantor, administrator publik, CFO, CIO, militer, polisi, pilot, guru vokasi, chef, paralegal, pengacara, hakim, auditor, kepala sekolah, manajer property, pemilik restoran, dokter, dokter gigi, insinyur teknik mesin, insinyur teknik sipil, insinyur teknik industri, insinyur teknik penerbangan, hingga supervisor.
  • Pekerjaan yang perlu kamu hindari bila kamu seorang ESTJ adalah pekerjaan yang berbau ‘seni’ dan bersifat spontan seperti seniman, desainer grafis, penulis, musisi, aktor, direktor seni, hingga pekerjaan-pekerjaan yang berbau sosial.

Konsultan (ESFJ) – di dalam lingkup pergaulan biasa dikenal sebagai orang-orang yang hangat, peduli terhadap sesama, dan senang membantu orang lain. Oleh karena itulah banyak ESFJ yang kita ketahui biasanya memiliki banyak teman dan cenderung populer.

Kalau di dunia sekolah sih, barangkali kamu bisa menemukan orang-orang berkepribadian ESFJ menjadi kapten tim basket, kapten tim cheerleaders, dan kapten tim di berbagai macam ekskul di sekolah.

Beberapa orang terkenal yang diketahui memang memiliki kepribadian ESFJ adalah Taylor Swift, Bill Clinton, Steve Harvey, Jennifer Garner, Jennifer Lopez, Sally Field, Tyra Banks, hingga Danny Glover.

Nah adapun beberapa jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ESFJ adalah semua yang sesuai dengan beberapa poin di bawah ini:

  • Seluruh jenis pekerjaan yang memungkinkan pelakunya untuk berinteraksi secara penuh dengan para koleganya, serta menuntut keterampilan dan pengetahuan yang tinggi merupakan pekerjaan yang cocok dilakukan oleh orang-orang ESFJ.
  • Salah satu prinsip hidup penting yang dianut oleh seorang ESFJ adalah altruisme, alias memperlakukan orang lain secara baik. Banyak orang-orang ESFJ yang belum merasa puas dengan hidup mereka hanya karena mereka merasa apa yang mereka kerjakan belum bisa memberikan manfaat bagi kebanyakan orang.
  • Beberapa jenis pekerjaan yang cocok dilakukan oleh kamu yang memiliki kepribadian ESFJ adalah guru sekolah dasar, penulis, manajer hotel, dokter keluarga, dokter gigi, perawat, terapis fisik, terapis radiasi, terapis pernapasan, dokter anak, menteri, manajer humas, manajer SDM, koordinator event, pelatih koorporat, manajer kerja, hingga agensi sales periklanan.
  • Adapun pekerjaan yang harus dihindari oleh orang-orang ESFJ adalah pengembang piranti lunak, insinyur komputer, operator pembangkit listrik, petani, pilot, pengacara, auditor, aktor, editor, insinyur teknik mesin, insinyur teknik elektro, ahli kimia, ilmuwan sains, hingga ahli ekonomi.

Kepribadian Terbuka

Bear Grylls

Orang-orang yang tergolong ke dalam kepribadian terbuka biasanya terlihat sebagai orang-orang yang nyentrik dan terkadang hidupnya agak berbeda dengan kebanyakan masyarakat di sekelilingnya.

Adapun empat tipe kepribadian yang termasuk ke dalam golongan kepribadian terbuka adalah Virtuoso (ISTP), Komposer (ISFP), Entrepreneur (ESTP), dan Entertainer (ESFP). Kalau diperhatikan seluruhnya tentu memiliki sifat Perceiving (P) yang menonjol. Yuk kita bahas satu persatu.

Virtuoso (ISTP) – merupakan orang-orang dengan kepribadian yang menarik, mereka senang mengeksplorasi banyk hal menggunakan tangan dan indera penglihatan mereka. Mereka senang mengamati sekitar dan menciptakan sesuatu dari sana.

Kebanyakan orang-orang ISTP lebih senang bekerja langsung dengan menggunakan tangannya, menciptakan berbagai macam hal yang sekiranya bisa bermanfaat bagi sekelilingnya.

Di lingkungan pergaulan barangkali kamu bisa melihat teman-temanmu yang seorang ISTP, biasanya sih mereka senang mengutak atik barang elektronik sederhana. Hanya karena penasaran, untuk dipelajari, dan kemudian dirakit kembali.

Beberapa orang terkenal dan memang diketahui memiliki kepribadian ISTP ini misalnya Bear Grylls, Michael Jordan, Olivia Wilde, Clint Eastwood, Daniel Craig, Tom Cruise, Michelle Rodriguez, Milla Jovovich.

Kalau kamu lihat saja contoh beberapa orang ISTP, mungkin kamu beranggapan kalau orang-orang ini kebanyakan merupakan orang-orang yang serba bisa bukan? Karena memang demikianlah adanya.

Sementara itu di dalam dunia kerja, jenis pekerjaan yang cocok berdasarakan kepribadian ISTP adalah sebagai berikut:

  • ISTP menyenangi pekerjaan-pekerjaan yang cenderung spontan dan tidak rutin. Di lingkungan kerja seringkali orang-orang ISTP dikenal sebagai pribadi yang cukup sulit dimengerti, namun rajin dan bisa bekerja di berbagai bidang. Bahasa kerennya sih versatile!
  • ISTP amat cocok bekerja di bidang-bidang yang membutuhkan keterampilan menganalisa sistem, memecahkan sistem, serta memecahkan masalah dari sana.
  • Adapun beberapa pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ISTP misalnya ahli mesin (mekanik), tukang kayu, desainer komersil, arsitektur lansekap, petani, peternak, pelatih atletik, dokter gawat darurat, koki, fotografer, manajer keuangan, analis sistem, perencana keuangan, agen intelijen, pilot, nahkoda, insinyur teknik penerbangan, insinyur teknik mesin, insinyur teknik sipil, ATC, dan masinis.
  • Adapun beberapa pekerjaan yang menurut kami harus dihindari oleh seseorang dengan kepribadian ISTP misalnya reporter, aktor, jurnalis, perencana tata kota, analis riset pasar, pekerja sosial, guru, perawat, dokter gigi, dokter keluarga, dokter anak, hingga asisten dokter gigi dan asisten dokter hewan.

Komposer (ISFP) – di lingkungan pergaulan orang-orang ISFP pasti akan sangat mudah dikenal dibandingkan sekelilingnya. Karena umumnya orang-orang ISFP merupakan orang ‘nyeni’ yang cenderung spontan tapi estetis dan senang mengekspresikan diri secara bebas.

Dengan kata lain, orang-orang ISFP biasanya orang yang cuek terhadap ‘nyinyiran’ netizen dan orang-orang di sekitarnya. Orang-orang ISFP cenderung lebih menghargai dirinya sendiri dan senang dengan menjadi diri mereka sendiri.

Meski demikian ISFP yang cuek ini bisa mudah marah apabila dikritik tidak pada tempatnya. ISFP juga bisa marah dengan cepat bila kritikan yang masuk lebih mengarah kepada caci maki dan menjatuhkan harga diri mereka.

Beberapa contoh orang terkenal yang memiliki jenis kepribadian composer (ISFP) ini misalnya Lana del Rey, Avril Lavigne, Kevin Costner, Frida Kahlo, Britney Spears, Michael Jackson, Joss Stone, dan Jessica Alba.

Lebih jauh lagi, beberapa poin terkait jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ISFP ini adalah sebagai berikut:

  • Di dalam dunia kerja, ISFP seringkali dikenal sebagai orang yang idealis. Mereka tidak mencari kekayaan, kekuasaan, struktur, hingga keamanan dan kemapanan di dalam bekerja. Mereka bisa dengan mudah tergiur kepada suatu pekerjaan karena: kebebasan berkreasi di dalamnya!
  • Orang-orang ISFP membutuhkan dinamisitas dan fleksibilitas yang sangat tinggi di dalam pekerjaan. Mereka tidak bisa mencapai potensi maksimal mereka bila terus-terusan dikekang di dalam peraturan yang bisa jadi menurut mereka tidak relevan.
  • Beberapa pekerjaan yang bisa dipilih oleh kamu yang merasa memiliki kepribadian ISFP adalah desainer interion, desainer fashion, seniman, arsitektur lansekap, tukang kayu, chef, penjahit pakaian, desainer grafik, florist, dokter gawat darurat, asisten dokter, farmasi, ahli botani, ahli geologi, guru, ATC, pemadam kebakaran, polisi, pelatih hewan, translator, hingga perawat.
  • Adapun beberapa pekerjaan yang sebisa mungkin dihindari bagi kamu yang merasa memiliki kepribadian ISFP adalah eksekutif, manajer sales, manajer marketing, auditor, dokter bedah, dokter gigi, psikiater, administrator tenaga kesehatan, ahli aeronautika, ahli kimia, hakim, jaksa, pengacara, aktor, hingga arsitek.

Entrepreneur (ESTP) – dari namanya saja barangkali kamu sudah bisa menduga-duga bukan orang yang bagaimanakah si ESTP ini?

Orang ESTP merupakan orang-orang yang didalam hidupnya sangat bertenaga, memiliki mobilitas yang tinggi, pemahaman lingkungan yang baik, serta koordinasi dan keteraturan hidup yang sangat tinggi.

Namun keteraturan tersebut tidak membuat mereka menjadi orang-orang yang tertutup. Keteraturan tersebut ditambahkan dengan sifat bawaan mereka yang senang mencari tantangan membuat rata-rata orang ESTP memiliki banyak sekali kegiatan, dan semuanya produktif!

Selain itu di dalam pergaulan boleh dibilang orang-orang ESTP merupakan salah satu yang paling menarik dan biasanya memiliki banyak temang. Secara alami orang-orang ESTP memang senang menjadi pusat perhatian, ditambah lagi dengan bakat alami mereka untuk berbicara dan berkenalan kemudian membuat mereka disukai banyak orang.

Orang-orang terkenal yang diketahui memiliki kepribadian ESTP misalnya adalah Madonna, Eddie Murphy, Jack Nicholson, Bruce Willis, Nicolas Sarkozy, Samuel L. Jackson, Michael J. Fox, hingga Donald Trump.

Adapun kamu yang memiliki kepribadian ESTP, berikut ini adalah beberapa poin penting terkait jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu:

  • ESTP merupakan orang-orang yang memiliki intelejensi sosial yang tinggi, kemampuan improvisasional, penjualan, negosiasi bisnis, marketing, dan persuasi yang tinggi pula. Nah bisa ditebak dong kira-kira kemana arah karir mereka?
  • Selain itu ESTP haram hukumnya berada di lingkungan kerja dengan restriksi, aturan ketat, serta lingkungan yang sangat terstruktur. Bertemu dengan hal-hal semacam ini di lingkungan kerja akan membuat orang-orang ESTP kesulitan beradaptasi dan rentan mengalami burnout.
  • Beberapa pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian ESTP diantaranya adalah manajer sales, manajer marketing, staff sales, staff marketing, supervisor pabrik, analis keuangan, perencana keuangan, arsitektur lansekap, Chief Financial Officer (CFO), sarjana teknik sipil, sarjana teknik mesin, sarjana teknik penerbangan, pilot, chef, fotografer, hingga paramedis dan militer.
  • Sementara itu beberapa jenis pekerjaan yang sebaiknya dihindari bagi kamu yang merasa memiliki kepribadian ESTP adalah penulis, penjaga perpustakaan, curator, animator, asisten dokter, asisten dokter hewan, asisten dokter gigi, guru prasekolah, sarjana teknik kimia, sarjana teknik elektro, ahli kimia, peneliti pasar, hingga psikolog organisasi.

Enternainer (ESFP) – lagi-lagi kami yakin kamu bisa menebak dengan mudah, kira-kira orang seperti apakah yang tergolong ke dalam kepribadian ESFP ini?

Orang-orang ESFP di dalam pergaulan seringkali dikenal sebagai ‘banci tampil’ yang senang menghibur orang-orang. Menariknya apa yang mereka lakukan biasanya tidak mengganggu dan justru benar-benar menghibur dan menyenangkan.

Ibaratnya energi positif yang mereka bawa bisa ditularkan kepada orang-orang sekitarnya. Meski demikian mereka memiliki kepribadian yang cenderung hangat dan (percayalah) mereka bisa jauh lebih sensitif dan peka terhadap perasaan orang lain dibandingkan jenis kepribadian yang lain.

Beberapa orang yang diketahui memiliki kepribadian sebagai ESFP misalnya Adele, Marilyn Monroe, Elton John, Chef Jamie Oliver, Jamie Foxx, Miley Cyrus, Adam Levine, hingga si penakluk hewan Steve Irwin.

Adapun pilihan pekerjaan yang bisa dicoba oleh kamu yang merasa memiliki kepribadian ESFP, bisa mengacu kepada beberapa poin di bawah ini:

  • Seorang ESFP bisa melakukan nyaris semua pekerjaan dengan satu syarat: fokus bekerja bersama orang lain!
  • Seringkali orang-orang ESFP di lingkungan kerja dikenal dengan orang yang ahli dalam membuat acara, melakukan penjualan sebagai sales, membuat rencana perjalanan, menjadi pemandu perjalanan, dan orang yang membuat suasana di lingkungan kerja menjadi asyik ramai dan menyenangkan.
  • Sebaliknya, semua jenis pekerjaan yang minim kontak dengan manusia, berfokus kepada tulisan, lembaran, dan data-data akan membuat seorang ESFP stress. Bila mereka dipaksa bekerja dengan cara ini yakinlah mereka tidak akan bisa mencapai potensi diri, dan bisa dengan mudah mengalami burnout.
  • Adapun jenis pekerjaan yang bisa kamu coba jika memang kamu merasa memiliki kepribadian ESFP adalah guru SD, pekerja rekreasi, pekerja sosial, perawat, terapis fisik, terapis okupasi, asisten dokter hewan, pelatih fitness, dokter anak, manajer retail, koordinator even, agensi real estate, salesperson, pemilik restoran, pramugari, petani, peternak, chef, musisi, seniman, fotografer, penyanyi, pelatih hewan, hingga polisi dan pemadam kebakaran.
  • Sementara itu jenis pekerjaan yang sebaiknya kamu hindari bila kamu merupakan seorang ESFP adalah analis sistem, spesialis tech support, pilot, insinyur teknik mesin, insinyur teknik kimia, insinyur biomedik, psikiater, administrator, dokter keluarga, psikolog, profesor, hakim, jaksa, auditor, pengacara, akuntan, konsultan manajemen, dan ahli ekonomi.

Penutup

Nah itulah tadi beberapa jenis pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadianmu masing-masing. Untuk bisa menyocokkan diri, sebelumnya kamu bisa melakukan tes 16 personalities yang banyak di internet kok.

Bila sudah mengetahui yang mana dirimu, maka kamu bisa mempertimbangkan masing-masing pekerjaan yang direkomendasikan.

Meski demikian rekomendasi ini tidak bersifat baku loh, kepribadian memang baku. Tapi bukan tidak mungkin kalian keluar dari zona nyaman kalian dan mencoba pekerjaan di luar kepribadian kalian, tidak ada salahnya loh!

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *