Cara Membuat Kartu Kredit BRI, Lengkap!

Bank BRI

Zaman sekarang hampir semua orang hidup menginginkan sebuah pola hidup yang simpel, mudah, dan juga praktis, di mana segala sesuatu dapat berjalan dengan mudah tanpa ada kendala. Hal ini tentu saja bisa berjalan berkat adanya beragam teknologi dan juga beragam fasilitas yang bisa Anda Andalkan, maka segala sesuatunya dapat Anda lakukan dengan mudah dan nyaris tanpa hambatan.

Beragam kemajuan tadi bisa Anda nikmati juga di dalam dunia perbankan, saat ini Anda bisa mengakses berbagai fasilitas canggih yang ada di dalam dunia perbankan. cara ini tentu sangat memudahkan dan membuat banyak urusan menjadi lebih untuk diselesaikan, dan bank berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan untuk bertransaksi bagi para nasabahnya, salah satunya adalah kartu kredit.


Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran resmi yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya sebagai bentuk fasilitas. Tetapi dalam fasilitas tersebut bank menerapkan sejumlah aturan dan kebijakan yang akan mengatur mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak (nasabah dan bank)

Kartu kredit memiliki sejumlah dana (limit) di dalamnya, dan jumlahnya ditentukan oleh pihak bank selaku penerbit kartu kredit. Hal tersebut memungkin Anda untuk membeli barang seperti sepatu, baju, tas dan bisa digunakan untuk penarikan uang di ATM dalam jumlah tertentu yang bisa ditetapkan oleh pihak bank.

Sebagai sebuah fasilitas pembayaran yang diterbitkan oleh bank, maka bisa dipastikan nasabah tidak memiliki uang tersendiri di dalam kartu kredit tersebut, itu artinya semua tagihan yang timbul dalam kartu kredit tersebut adalah utang dari Anda kepada pihak bank penerbit kartu kredit yang sudah Anda gunakan tersebut. Dan Anda selaku nasabah wajib membayar tagihan sebesar uang yang sudah Anda gunakan ke bang penerbit kartu kredit tersebut.

Lalu, bagaimana jika tagihan tersebut tidak dibayarkan oleh nasabah? untuk mengatasi hal seperti ini, bank tentunya sudah menyiapkan sejumlah kebijakan di dalam layanan mereka.

Di mana setiap tunggakan yang tidak di bayar akan dikenakan sejumlah bunga dan biaya-biaya lainnya, seperti biaya keterlambatan pembayaran (denda). Hal tersebut merupakan bentuk konsekuensi atas pembayaran tagihan yang tidak penuh dan tepat waktu.


Cara Apply Kartu Kredit BRI

Hampir setiap bank konvensional di Indonesia memiliki berbagai macam produk kartu kredit, salah satunya adalah bank BRI. Ada 2 cara untuk pengajuan kartu kredit BRI, pengajuan secara online atau datang langsung ke kantor BRI.

Permohonan Secara Online

untuk pengajuan kartu kredit BRI secara online Anda bisa mengunjungi langsung situs resmi BRI di sini. lalu pilih “Apply Kartu” dan pilih kartu kredit yang Anda inginkan. Ada beberapa pilihan kartu kredit yang bisa Anda pilih, diantaranya:

1. BRI Easy Card

BRI Easy Card merupakan jenis gabungan kartu kredit BRI dengan BRI MasterCard Silver dan BRI MasterCard Gold yang pada tahun 2017 lalu telah berganti nama menjadi BRI Easy Card. Untuk BRI Easy Card ini, Anda bisa mendapat limit miniman Rp. 5.000.000 hingga Rp. 25.000.000. Dan untuk BRI Easy Card ini Anda harus memiliki minimal penghasilan Rp. 3.000.000.

2. BRI Platinum

Merupakan kartu kredit yang diberikan kepada individu untuk mempermudah pemenuhan gaya hidup pribadi. Dan harus memiliki minimal penghasilan sebesar Rp. 10.000.000.

3. BRI JCB Platinum

Merupakan kartu kredit yang diberikan kepada individu untuk sebagai produk kartu travel & sport bagi segmen profesional dan pengusaha, khususnya kegiatan traveling ke destinasi negara Asia. Untuk Anda yang ingin memiliki kartu ini, harus memiliki penghasilan minimal Rp. 7.000.000.

4. BRI Wonderful Indonesia

Jenis kartu kredit Co-Branding yang diterbitkan oleh BRI bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, dan diberikan kepada individu yang ingin menikmati keindahan alam serta budaya di Indonesia. Untuk mendapatkan kartu ini Anda harus memiliki penghasilan minimal Rp. 10.000.000.

5. BRI World Acces

Kartu ini di desain khusus untuk menemani para traveler dalam melakukan perjalanan bisnis dan traveling, baik dalam maupun luar negeri. Jika Anda menginginkan kartu ini, Anda harus memiliki penghasilan minimal Rp. 30.000.000

6. BRI Touch

Merupakan kartu kredit tambahan yang diberikan untuk memfasilitasi transaksi online dalam mempermudah gaya hidup pribadi milenial. Minimal penghasilan untuk mendapatkan kartu ini adalah Rp. 5.000.000.

7. BRI Bussines Card

BRI Bussines Card adalah kartu kredit BRI yang dipasarkan terbatas kepada nasabah karyawan Perusahaan/Institusi yang bekerjasama dengan BRI.

8. BRI infinite

Kartu krekdit BRI Infinite adalah kartu kredit BRI segmen premium khusus untuk nasabah prioritas BRI dengan positioning sebagai lifestyle card.

Baca Juga:


Permohonan Kartu Kredit Secara Offline

Untuk Anda yang bingung cara membuat kartu kredit secara online, Anda bisa datang langsung ke kantor BRI untuk permohonan kartu kredit secara offline. Pengajuan dengan cara seperti ini bisa Anda lakukan jika Anda merasa cara online kurang memberikan kepuasan bagi Anda.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan datang langsung ke kantor bank BRI terdekat, dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan kemudian Anda diharuskan untuk menemui Customer Service.

Dan beberapa persyaratan yang harus Anda bawa ketika melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 21 tahun
  • Membawa Fotokopi KTP
  • Lalu Fotokopi tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi NPWP
  • Dan Fotokopi slip gaji yang di legalisir, dengan minimal gaji Rp. 3.000.000 per bulan. Jika tidak memiliki slip gaji, bisa digantikan dengan surat keterangan penghasilan.
  •  Surat Keterangan Penghasilan (SKP) dari kantor tempat Anda bekerja dengan ditandatangani oleh oleh atasan.

Setelah semua persyatan tersebut berhasil Anda penuhi, maka selanjutnya Anda akan diberikan formulir pengajuan untuk di isi lalu diserahkan kepada Customer Service.

Berkas yang sudah Anda isi tadi selanjutnya akan di kirimkan ke kantor bank BRI pusat. Dan Anda akan diminta untuk menunggu konfirmasi dari pihak bank yang bersangkutan untuk selanjutnya melakukan wawancara terkit data pribadi, nama orang tua, dan data pekerjaan.

Dari data yang Anda berikan tadi, pihak bank akan melakukan pengecekan ke kantor terkait untuk melakukan konfirmasi kebenaran hal tersebut. Setelah semua tahapan berhasil Anda lalui, maka selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak bank yang Anda ajukan tersebut diterima atau ditolak.


Berapa Bunga Kartu Kredit BRI?

Pada dasarnya bunga kartu kredit BRI sama seperti kartu kredit bank lain yakni sebesar 2.25% per bulan. Bunga ini akan dilipat gandakan dengan nilai transaksi yang belum Anda bayar setelah jatuh tempo. Dan bunga tersebut juga berlaku saat Anda melakukan tarik tunai dari ATM bank BRI. Bunga tarik tunai kartu kredit BRI akan berlaku setelah Anda melakukan tarik tunai.

Namun sebenarnya masih ada lagi jenis bunga kartu kredit BRI tergantung dari jenis transaksi yang dipergunakan dan berapa lama masa tenor cicilan yang Anda ambil. Jenis transaksi ini adalah cicilan 0% maupun cicilan bulanan selain 0%. Karena terdapat minimum transaksi yang diberlakukan untuk kisaran bunga tertentu. Maka dari itu bisa dikatakan bunganya bisa berbeda-bea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *