fbpx

Mau Kredit Mobil Tanpa DP, Baca Ini Dulu!

Mobil merupakan salah satu benda yang memiliki banyak manfaat, utamanya tentu saja sebagai salah satu moda transportasi yang cukup diminati oleh masyarakat. Tentu saja hal ini diakibatkan oleh kenyamanannya.

Lebih dari itu, di banyak tempat di Indonesia saat ini mobil bahkan masih menjadi salah satu tolok ukur kekayaan seseorang. Seringkali seseorang yang memiliki mobil akan dicap sebagai orang berduit di lingkungan tetangganya.

Untuk alasan itulah kemudian banyak orang-orang yang saat ini memilih untuk membeli mobil dengan cara apapun. Salah satu yang paling mudah tentu saja adalah dengan melakukan kredit mobil, yang saat ini pun menjamur.

Nah seiring dengan tingginya permintaan kredit, tentu penawaran yang diberikan pun akan semakin tinggi. Lebih lagi, penawaran kredit yang ada saat ini pun dibekali dengan berbagai promo menggiurkan, salah satunya adalah kredit mobil tanpa DP.

Akan tetapi sebenarnya ada banyak pertimbangan yang perlu kamu pikirkan sebelum memutuskan kredit mobil tanpa DP, dan kami punya infonya!

Baca Juga Kredit Mobil Tanpa Riba

Pahami Seluk Beluk Aturan Kredit Mobil Tanpa DP

kredit mobil

Pada dasarnya aturan main kredit mobil tanpa DP sudah tercantum dengan jelas di peraturan yang dibuat oleh OJK alias Otoritas Jasa Keuangan. Kamu juga bisa melihatnya sendiri kok di BAB IV pasal 20.

Nah tapi supaya kamu tidak bingung, kami coba buat rangkumannya di bawah ini ya:

  1. Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa OJK mengizinkan para perusahaan pembiayaan untuk menentukan uang muka alias DP sekecil-kecilnya 0% dari harga kendaraan, dengan syarat perusahaan tersebut memiliki kondisi kesehatan keuangan yang minimum sehat dengan rasio NPF Netto kurang dari atau sama dengan 1%.
    1. Pada dasarnya rasio NPF netto inilah yang kemudian digunakan oleh OJK sebagai acuan DP minimal bagi perusahaan pemberi pinjaman menentukan DP. Mungkin informasi pertama ini tidak terlalu penting, tapi setidaknya kamu bisa lihat apakah perusahaan pemberi pinjaman yang kamu manfaatkan tersebut bonafit atau tidak dari sini.
  2. Selain itu jenis kendaraan yang diizinkan untuk dijual secara DP Nol persen adalah sebagai berikut:
    1. Merupakan kendaraan angkutan orang atau barang, tentu yang memiliki izin dari otoritas berwenang.
    2. Diajukan oleh perseorangan atau badan hukum yang memiliki usaha tertentu.
    3. Dipergunakan nantinya untuk kegiatan pribadi ataupun untuk melakukan usaha tertentu sesuai dengan izin tertulis dari pihak berwenang, dan relevan dengan usaha yang dijalani.
  3. Selain itu tentu saja pembiayaan ini hanya dapat diberikan kepada calon debitur alias peminjam yang memiliki profil risiko yang baik.

Nah setidaknya beberapa pedoman khusus itu saja yang bisa jadi pegangan untukmu supaya tidak kena tipu nantinya. Apabila kamu ingin membaca peraturan dari OJK tersebut secara lebih lanjut, kamu bisa buka file PDF nya disini.

Pahami Semua Kekurangan Kredit Mobil Tanpa DP

showroom mobil bekas

Meski tawaran kredit tanpa DP tampak menggirukan, namun sebenarnya ada beberapa kerugian tersembunyi yang harus kamu pahami. Nah dari sanalah kemudian kamu wajib mepertimbangkan semua kemungkinan kerugian kredit mobil tanpa DP ini.

Pertama, dengan melakukan kredit tanpa DP artinya kamu siap mengeluarkan uang jauh lebih besar dibandingkan kredit biasa ataupun pembayaran secara tunai. Karena biasanya perusahaan pemberi kredit tanpa DP akan memberikan cicilan yang sangat besar berapapun tenornya.

Seringkali harga asli yang harus kamu keluarkan dengan pembayaran tunai jauh lebih murah dibandingkan dengan kredit mobil tanpa DP. Nah bila kamu tidak memperhitungkannya dengan matang bisa-bisa hal ini mengganggu neraca keuangan rumah tanggamu.

Kerugian kedua yang bisa kamu temui adalah, kamu sulit menjual mobil kamu kembali dalam waktu cepat. Apalagi ketika kamu ingin menjual dalam masa cicilan, wah bisa-bisa tidak ada yang mau membeli mobilmu kembali.

Selain itu harga yang ditawarkan oleh pembeli baru setelah kamu melunaskan cicilanmu pun, biasanya akan turun mulai dari 5, 10, bahkan 20% dari harga pembeliannya. Karena memang mobil merupakan salah satu barang yang memiliki nilai penyusutan.

Berhubungan dengan alasan yang pertama, tentu kamu akan mengalami banyak kerugian ketika menjual mobil tanpa DP ini. Selain harga beli yang jauh lebih mahal, harga jualnya pun akan jatuh namun mengacu kepada harga asli mobil tersebut. Wah wah dobel ruginya!

Terakhir dengan membeli mobil baru tanpa DP, tentu saja kamu tidak mendukung kebijakan pemerintah untuk menggunakan angkutan umum. Selain itu tentu kamu akan memenuhi jalanan, padahal masih banyak loh opsi transportasi lainnya.

Apakah Kamu Memang Benar-Benar Membutuhkan Mobil?

mobil audi

Poin ini bisa jadi merupakan poin penting yang sering dilupakan oleh para calon debitur. Dengan segudang kerugian dan tentu banyak pertimbangan yang harus diambil, kamu seharusnya bertanya pada dirimu sendiri apakah kamu benar-benar ingin membeli mobil.

Karena seringkali mobil yang mau kamu beli tersebut bukanlah kebutuhanmu, namun hanya keinginanmu semata. Kalau memang kamu membutuhkan mobil, tentu hal ini tidak jadi soal. Lain halnya bila kamu memang hanya ingin saja.

Keinginanmu membeli mobil bisa membuat penilaianmu terhadap beberapa hal di atas menjadi bias. Akhirnya kemungkinanmu mendapatkan mobil memang terpenuhi, tapi bisa jadi kamu mengorbankan banyak hal.

Maka dari itu sebelum kredit mobil tanpa DP, pikirkanlah berulang kali apakah kamu memang-memang membutuhkan kendaraan yang kamu impi-impikan itu. Atau kamu hanya menginginkan kendaraan tersebut.

Tips dari kami sih, coba lakukan analisis secara mendalam. Tulislah kebutuhan bulananmu dengan dan tanpa mobil. Selain itu tambahkan pula pengeluaran bulanan yang harus dikeluarkan bila kamu kredit mobil tanpa DP.

Apabila memang jumlanya menjadi lebih hemat dibandingkan menggunakan transportasi yang lain, artinya kamu memang benar-benar membutuhkan mobil. Namun bila tidak? Hati-hati, jangan-jangan kamu hanya ingin mobil saja namun tidak benar-benar membutuhkan.

Bagaimana cara Memilih Dealer Mobil yang Baik

dealer mobil

Bila kamu sudah mempertimbangkan segala hal yang kami tulis di atas, dan sudah benar-benar bulat ingin membeli mobil secara kredit tanpa DP. Terakhir, ada baiknya kamu memahami cara memilih dealer mobil yang baik.

Setidaknya ada tiga tips mudah yang bisa kamu ikuti apabila kamu ingin memilih dealer mobil yang baik. Ini dia tips dari kami:

  1. Pertama-tama kamu bisa mencari dealer yang memang sudah memiliki nama besar dengan reputasi yang tidak perlu dipertanyakan. Hal ini bertujuan untuk memperkecil kemungkinan kamu kena tipu, dan memudahkanmu apabila di masa mendatang cicilanmu bermasalah. Dealer-dealer besar biasanya sudah memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi para debitur.
  2. Bagi kamu yang beragama muslim, tentu kamu harus memahami bahwa kredit mobil merupakan hal yang diharamkan karena terkait riba. Nah saran dari kami untuk masalah ini adalah, dengan mencari dealer ataupun perusahaan kredit yang berlandaskan syariah, dengan sertifikasi dari OJK dan MUI tentunya agar terpercaya.
  3. Carilah dealer yang memang memiliki layanan purna jual alias aftersale yang baik. Untuk yang satu ini kamu bisa mulai membaca-baca testimoni dari para pembeli mobil di internet. Selain itu kamu juga bisa mendengarkan testimoni-testimoni dari teman dan kerabatmu yang pernah membeli mobil secara kredit tanpa DP.

Dengan tiga poin mudah ini sih, harapannya kamu bisa langsung mencari dealer yang tepat untuk memenuhi kebutuhanmu akan mobil ya. Semoga kamu terhindar dari dealer tipu-tipu dan masalah perkreditan nantinya.

Penutup

Meskipun kredit mobil tanpa DP merupakan hal yang amat menggiurkan, kami menyarankanmu untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum mencobanya. Tentu saja hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindarkan kamu dari masalah yang mungkin terjadi kedepannya.

Yah tapi pada akhirnya sih memang keputusan berada di tangan kamu, semoga sukses ya dalam mencari mobil (barangkali) pertamamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *