Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Pekerjaan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia karena dengan bekerja tentu saja seorang manusia bisa mendapatkan uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup dirinya dan barangkali keluarganya.

Dengan berkembangnya zaman saat ini jauh lebih banyak pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh orang-orang. Tidak menutup kemungkinan di masa depan jumlah pekerjaan yang bisa dipilih oleh manusia akan jauh lebih banyak dari saat ini.

Meski demikian kami telah merangkum 20 pekerjaan yang menurut kami adalah pekerjaan yang paling menyedihkan setidaknya selama dua dekade ke depan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca Juga Gaji Dokter di Indonesia, Daftar Gaji Fresh Graduate di Indonesia

#1 Dokter

cantik

Boleh dikatakan dokter merupakan salah satu profesi yang mulia karena memang memiliki tugas dan fungsi menolong orang serta menjaga kesehatan masyarakat di lingkungan tempat dia bekerja.

Menurut kami profesi dokter merupakan salah satu profesi yang tidak mungkin akan mati. Karena di era manapun, manusia selalu menghadapi musuh berupa penyakit yang selalu berkembang dan semakin bervariasi.

Meski demikian pendidikan yang mahal dan lama membuat profesi ini tidak sepopuler di masa lalu. Bahkan masih ada sebagian anak-anak yang mendaftarkan diri ke fakultas kedokteran karena ambisi orang tua mereka.

Meski jumlah dokter umum terbilang banyak, bisa dibilang jumlah dokter spesialis di Indonesia masih sangat terbatas mengingat luas negara Indonesia yang besar serta jumlah penduduk yang amat banyak.

20 tahun mendatang bahkan Indonesia diperkirakan masih kekurangan beberapa dokter spesialis tertentu di daerah-daerah tertentu yang memang membutuhkan dokter dengan keahlian khusus.

Di Indonesia sendiri pendapatan seorang dokter berkisar antara Rp 8.000.000 hingga ratusan juta rupiah dalam satu bulannya. Pendapatan ini amat tergantung dari kota tempatnya praktek hingga spesialisasi yang dijalani.

Menurut kami profesi dokter merupakan salah satu profesi yang tidak mungkin akan mati. Karena di era manapun, manusia selalu menghadapi musuh berupa penyakit yang selalu berkembang dan semakin bervariasi.

#2 Dokter Gigi

dokter gigi cantik

Sama seperti dokter kau membuat kami dokter gigi merupakan salah satu provinsi yang tidak akan mati bahkan hingga beberapa puluh tahun kedepan, karena perannya memang tidak akan bisa tergantikan bahkan oleh robot cerdas sekalipun.

Meski demikian masih banyaknya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang terlalu rendah membuat profesi dokter gigi menjadi profesi yang cukup sulit karena membutuhkan banyak proses edukasi masyarakat di dalamnya.

Diketahui hingga saat ini jumlah dokter Gigi Masih belum mengimbangi jumlah masyarakat Indonesia mencapai 270 juta penduduk. Lebih jauh lagi diketahui saat ini jumlah spesialis dokter gigi di Indonesia terbilang masih minimal, hal ini membuat profesi ini masih tampak seksi hingga beberapa puluh tahun kedepan.

Sama seperti profesi dokter, pendapatan dokter gigi di Indonesia rata-rata berkisar antara Rp 8.000.000 hingga ratusan juta rupiah. Hal ini amat bergantung dari berbagai macam faktor seperti tempat ia praktik hingga spesialisasi yang ia dalami.

#3 Digital Marketer

digital marketing

Digital marketer barangkali merupakan salah satu profesi yang bukan hanya di Indonesia, melainkan diiseluruh dunia digadang-gadang akan menjadi salah satu profesi masa depan yang cukup menjanjikan.

Hal ini dikarenakan di era digital seperti saat ini proses perdagangan dan berjualan mulai berkembang ke arah sana. Kemudian dibutuhkan orang-orang yang dinamai dengan digital marketer yang memiliki keahlian marketing di dunia digital.

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan Digital marketing yang cukup atau di dunia marketing, walaupun di sini orang awam perusahaan-perusahaan ini barangkali belum memiliki nama yang cukup tenar.

Beberapa perusahaan yang menjalankan usahanya di bidang digital marketing misalnya Valuklik, Dgtraffic, WEBARQ, Inbound ID, BigEvo, Heroleads, iClick Media, Novaon Ads, Y digital, hingga Microad yang merupakan perusahaan milik Jepang.

Banyaknya konsumen Indonesia yang memang rajin berbelanja membuat banyak orang-orang di dunia periklanan kemudian tertarik untuk mengembangkan dunia Digital marketing di Indonesia.

Adapun pendapat orang Digital marketing rata-rata adalah Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 namun untuk digital marketer setingkat manajer atau malah chief bisa mendapatkan gaji hingga dua puluhan juta rupiah.

#4 Konsultan Bisnis

kantor deloitte

Bisnis merupakan salah satu profesi yang sudah sejak zaman dahulu bidam bidam kan oleh anak-anak di SMA. Banyak orang-orang yang sukses di dunia bisnis Consulting ini berasal dari jurusan IPA maupun IPS.

Seorang konsultan bisnis biasanya dituntut untuk bisa menemukan masalah di dalam bisnis, mengevaluasi masalah yang ada serta menemukan jalan keluar sehingga produksi bisnis yang ada bisa semakin meningkat.

Karena itulah Menurut kami di masa mendatang jasa konsultan bisnis ini akan semakin cerah karena semakin banyak anak-anak muda yang saat ini  sedang merintis usaha mereka sendiri. Di masa mendatang sudah tentu mereka akan membutuhkan konsultan bisnis.

Beberapa perusahaan konsultan bisnis yang ternama di Indonesia misalnya Boston Consulting Group, Price waterhouse Cooper Indonesia ,  Deloitte, KPMG,  hingga Ernst and Young. Seluruhnya bakar memberikan gaji yang cukup besar bagi para karyawannya.

Meski demikian gaji yang besar tersebut tentu saja sebanding dengan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan. Karyawan yang bekerja di perusahaan perusahaan ini terkenal sebagai karyawan yang ambisius dan gila kerja.

Gaji yang bisa didapatkan oleh seorang konsultan bisnis saat ini mencapai Rp5.000.000 hingga puluhan juta rupiah di dalam satu bulan. Sekali lagi perlu diingat bahwa tekanan kerja yang diterima oleh para konsultan bisnis ini amatlah tinggi.

#5 Content Creator

kaya

Seperti digital marketer content Creator merupakan salah satu pekerjaan yang booming baru-baru ini saja. Hal tentu saja berkaitan erat hubungannya dengan kebangkitan era digital di dunia saat ini.

Mulai dari perusahaan besar, perusahaan menengah, hingga perusahaan mikro dan perseorangan saat ini pasti membutuhkan media sosial sebagai salah satu sarana beriklan yang paling efektif.

Selain itu saat ini banyak juga provinsi-provinsi baru yang biasa kita sebut dengan youtuber, influencer, hingga selebgram yang pastinya mereka membutuhkan asisten pribadi mereka untuk me-manage atau mengatur konten yang mereka buat di media sosial.

Sehingga Menurut kami pekerjaan sebagai content creator merupakan salah satu pekerjaan dengan prospek yang cerah hingga beberapa tahun kedepan. Meski demikian syarat untuk menjadi konten kreator yang baik adalah portofolio yang sempurna.

Artinya memiliki ilmu mengenai pembuatan konten saja tidak cukup melainkan kamu harus memiliki media sosial pribadi yang kamu kelola sendiri. Tujuannya ialah agar kamu terbiasa mengerjakan pekerjaan sebagai content creator, Selain itu kamu juga bisa menjual media sosial tersebut sebagai salah satu portfolio yang kamu punya.

Putar content Creator amat bervariasi, saat ini content Creator bisa mendapatkan 0 rupiah per bulan hingga miliaran rupiah per bulan. Angka ini memang terlalu tinggi tapi melihat situasi yang ada bukan tidak mungkin di masa mendatang content creator rata-rata mendapatkan penghasilan jutaan rupiah dalam sebulannya.

#6 Ahli Kesehatan Masyarakat

ahli kesehatan masyarakat

Wabah yang mendunia, permasalahan asuransi, permasalahan kesehatan yang meluas hingga masalah BPJS yang ada sebenarnya bisa ditangani apabila suatu negara memiliki banyak ahli kesehatan masyarakat.

Beberapa tahun kebelakang ahli kesehatan masyarakat memang masih dipandang sebelah mata namun kami percaya di masa mendatang ahli kesehatan masyarakat akan menjadi bagian penting dari kesehatan suatu negara.

Apa lagi tren yang ada saat ini menunjukkan bahwa permasalahan kesehatan di seluruh dunia berakar dari kesehatan masyarakat yang masih belum baik. Lalu siapakah yang bisa banyak berkata mengenai hal itu? Tentu saja ahli kesehatan masyarakat.

Saat ini ahli kesehatan masyarakat memang rata-rata baru mendapatkan Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulannya, Namun bukan tidak mungkin di masa mendatang rata-rata pendapatan seorang ahli kesehatan masyarakat akan jauh meningkat.

#7 Pengacara

orang kaya

Indonesia selain sedang memasuki era digital alias era industri 4.0, Indonesia juga saat ini sedang memasuki era di mana tuntut menuntut menjadi salah satu trend yang dipertontonkan di media massa.

Menurut kami hari ini tentu saja menjadi salah satu kesempatan bagi kamu yang ingin menjadi pengacara. Namun selain itu kamu pun bisa kok menjadi konsultan hukum agar tuntutan tuntutan yang tidak perlu di masa depan bisa dihindari.

Sama seperti seorang dokter, untuk menjadi seorang pengacara dibutuhkan waktu yang panjang baik itu selama menempuh masa pendidikan, masa pendidikan profesi, hingga mendapatkan pengalaman yang cukup agar bisa dipercaya oleh orang banyak.

Selain itu menariknya menjadi seorang pengacara adalah kamu bisa memilih keahlian spesifik yang ingin kamu mainkan nantinya. Kamu misalnya bisa menjadi konsultan perceraian, konsultan hukum industri, hingga konsultan di hukum kedokteran.

Adapun pendapatan yang di hasilkan dari pekerjaan sebagai pengacara adalah sama seperti pekerjaan dokter. Nilainya amat bervariasi tergantung dengan kemampuan yang dimiliki hingga pengalaman dan kepercayaan orang banyak.

#8 SEO Specialist dan/atau Content Writer

ngetik

Ahli SEO barangkali merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini sedang hits namun belum ada satupun yang ditetesi pendidikan yang memiliki jurusan terkait hal tersebut. Bukan tidak mungkin di masa mendatang akan ada kampus yang membuka jurusan bagi orang-orang yang secara spesifik ingin menjadi ahli SEO.

Kamu yang belum mengetahui apakah itu ahli SEO, Mereka adalah orang-orang yang memastikan bahwa kliennya memiliki laman website dengan target pengunjung yang terukur. Selain itu mereka juga dituntut untuk meningkatkan jumlah pengunjung taman wisata lain mereka dari waktu ke waktu.

Sehingga pada akhirnya klien yang membayar mereka akan memiliki brand yang dikenal secara luas di masyarakat. Meski demikian pekerjaan ini berbeda bila dibandingkan dengan Digital marketing walaupun secara fungsi cukup mirip.

Selain itu seorang ahli SEO biasanya bersinggungan erat dengan seorang penulis konten. Karena selain penerapan strategi strategi SEO yang baik, konten yang baik juga menentukan seberapa banyak nantinya masyarakat akan mengunjungi laman website milik si klien.

Di luar itu seorang ahli SEO biasanya juga memiliki laman laman website mereka sendiri untuk mereka pasangi Google Ads. Pendapatan yang bisa mereka hasilkan dari satu halaman website yang dipasangi Google Menurut kami cukup fantastis loh.

Saat ini seorang ahli SPO dan penulis konten bisa mendapatkan uang Rp5.000.000 hingga 15 juta rupiah untuk menangani satu klien saja. Bayangkan apabila dalam satu bulan mereka bisa menangani tiga hingga lima klien.

#9 Developer IT

ahli it

Masih ada salam dari dunia teknologi Informatika, menurut kami salah satu profesi yang di masa mendatang akan menjadi profesi yang digandrungi karena besarnya penghasilan mereka dapatkan adalah sebagai developer IT.

Bukan hanya di masa mendatang sebenarnya, dalam beberapa tahun kebelakang pun profesi developer IT sudah menjadi Primadona terutama bagi anak-anak yang memang sejak duduk di bangku SMP dan SMA menyenangi dunia IT.

Hanya saja tuntutan yang tinggi, dibarengi dengan tingkat kesulitan teknis yang juga lebih tinggi dibandingkan pekerjaan di bidang IT yang lainnya membuat sedikit orang-orang itu kemudian yang mampu mewujudkan cita-citanya sebagai developer IT.

Selain itu semakin banyaknya bermunculan kursus-kursus untuk menjadi developer IT saat ini membuat orang-orang awam yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di dunia IT bahkan bisa menjadi developer IT.

Hari ini menandakan bahwa memang dunia ini merupakan dunia yang cukup seksi untuk di jadikan sebagai lahan penghasilan. Namun hal ini juga membuat kita tahu bahwa persaingan sebagai developer IT kedepannya akan semakin ketat.

Saat ini penghasilan seseorang yang menjadi developer it diketahui dapat menyentuh angka Rp 20 juta atau bahkan Rp 40 juta tergantung dimana mereka bekerja. Angka ini pastinya Menurut kami akan semakin besar di masa mendatang.

#10 Ahli Gizi

cantik

Pekerjaan terakhir yang kami akan menjadi salah satu primadona dalam beberapa tahun kedepan nya adalah pekerjaan sebagai seorang ahli gizi. Karena memang semakin tinggi kualitas SDM di suatu negara maka perhatiannya terhadap gizi pun akan semakin baik.

Gizi di sini bisa berarti sarjana S1 gizi, sarjana S1 gizi masyarakat sarjana S1 gizi klinik, hingga sarjana magister gizi dan dokter ahli gizi. Seluruhnya menurut kami akan memainkan peranan penting yang berbeda-beda satu sama lain.

Meski saat ini pendapatan yang dihasilkan dari seorang ahli gizi belum sebesar profesi di bidang kesehatan lainnya kami percaya di masa mendatang seorang ahli gizi bisa mendapatkan penghasilan setara dengan profesi di bidang kesehatan lainnya.

Ini tentunya akan semakin meningkat seiring dengan semakin meningkatnya pula kebutuhan masyarakat di Indonesia akan pengetahuan tentang gizi. Lebih lagi biasanya orang-orang yang peduli akan gizi nya cenderung memiliki pendidikan serta tingkat ekonomi yang lebih tinggi.

Bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun mendatang seorang ahli gizi merupakan profesi yang bisa mendapatkan penghasilan yang cukup fantastis dibandingkan penghasilan lainnya di Indonesia.

Penutup

Itulah tadi 10 pekerjaan yang paling menjanjikan di masa mendatang, yang kebanyakan memang datang dari dunia kesehatan serta dunia IT ya. Tapi jangan berkecil hati, karena sebenarnya masih banyak kok pekerjaan di bidang lainnya yang cukup menjanjikan untuk dijadikan profesi di masa depan. Semangat!

Baca Juga Gaji PNS Terbaru (Update 2020), Gaji Satpol PP Terbaru Tahun 2020, Gaji Arsitek Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *