fbpx

Peluang Usaha Modal Kecil yang Bikin Kamu Auto Tajir

Di masa yang serba praktis dan mudah seperti saat ini, siapa sih orang yang tidak tertarik untuk menjadi pebisnis, bahkan walau bisnis kecil-kecilan? Bahkan boleh dibilang saat ini bermunculan banyak pebisnis pemula yang mencoba peruntungannya di dunia bisnis.

Tentu tidak ada yang salah dengan hal itu, apalagi ilmu-ilmu tentang bisnis saat ini sudah dengan sangat mudah didapatkan oleh seseorang. Bermodal segenggam ponsel cerdas, dalam hitungan detik kamu bisa menemukan jawaban terhadap persoalan bisnis.

Tapi ada satu hal penting bagi kamu yang ingin mencoba dunia bisnis, wajib ketahui. Yakni peluang usaha modal kecil yang bikin kamu auto tajir. Siapa coba orang yang tidak mau bisnis modal minimal dengan keuntungan maksimal?

Ini dia bisnis-bisnisnya!

Baca Juga: Dropship, bisnis tanpa modal dengan keuntungan maksimal

Bisnis Dropshipping Pakaian

ilustrasi dropshipping

Ada dua kata kunci utama di dalam usaha modal kecil keuntungan besar yang pertama, yakni pakaian dan dropshipping. Berjualan pakaian hingga detik ini merupakan salah satu sumber penghasilan yang terbesar.

Lihat saja Tadashi Yanai sang pemilik merk Uniqo yang merupakan ritel pakaian yang super besar. Hanya dengan “berdagang” pakaian, bapak Tadashi Yanai saat ini sukses menduduki posisi pertama orang terkaya di Jepang!

Lalu kata kunci kedua adalah dropshipping, yang merupakan model bisnis jenis baru. Baru ditemukan sejak menjamurnya marketplace online di muka bumi ini. Artinya baru berkembang sekitar 10 tahun ke belakang.

Bisnis dropshipping memungkinkan pelakuanya berbisnis tanpa modal dan nyaris tanpa risiko. Modal yang harus dikeluarkan sekonyong-konyong adalah ponsel dan laptop yang terkoneksi ke dalam jaringan internet.

Gabungkan keduanya, tanpa modal ditambah keuntungan besar, hasilnya? Auto tajir!

Kamu bisa mulai dropship pakaian dengan mencari jenis pakaian yang ingin kamu jual. Di Indonesia sendiri potensi pasar untuk baju-baju muslim, baju batik, kaos distro, celana cino, hingga hijab dan gabis masih amat terbuka.

Artinya masih banyak kesempatan yang bisa kamu ambil. Kalau kamu bingung kamu bisa saja loh menjual barang yang sangat umum, misalnya hijab polos ataupun kaos warna polos. Karena bahkan untuk pakaian jenis ini peminatnya pun cukup tinggi.

Setelah itu pelajari pola penjualan dan rerata harga pasar, carilah supplier terpercaya, dan mulai buka toko online mu sendiri! Mudah bukan?

Bisnis Makanan Ringan Online

Pabrik maicih

Membahas bisnis modal ringan dan keuntungan besar rasanya kurang ‘sreg’ bila kita tidak membahas bisnis makanan ringan. Sebut saja Maicih, Makaroni Ngehe, Keripik Pisang Zanana, hinga Lidi Lidi Geli yang merupakan merk makanan ringan terkenal di Indonesia.

Bermodalkan uang yang relatif lebih sedikit dibandingkan beberapa bisnis lainnya, apalagi bisnis makanan yang lain. Para pemilik makanan ringan ini sukses menjadi orang-orang tajir melintir di Indonesia.

Salah satu kisah yang paling terkenal adalah kisah Reza Nurhilman yang memiliki brand Maicih. Bermodalkan Rp 15 juta di awal bisnisnya, ia sukses menjadi pengusaha di usia kepala 2, dan bahkan sukses membeli Lamborghini pertamanya sebelum usia 30 tahun!

Kisah lain yang cukup terkenal adalah Gazan Azka Zafara yang sukses membangun bisnis Keripik Pisang Zanana hanya dengan modal Rp 1.050.000,- di awalnya. Saat ini Azka sudah memiliki tidak kurang dari 1.500 reseller keripik pisang Zanana di Indonesia, kebayang dong berapa omzetnya?

Meski demikian dari seluruh kisah-kisah penjual camilan sukses di Indonesia, ada satu kesamaan yang selalu mereka sebutkan. Yakni betapa sulitnya mereka di awal-awal perjalanan membangun bisnis camilan mereka.

Kebanyakan dari mereka harus mengerjakan berbagai pekerjaan sendiri di awal usahanya, alias one man show. Kesana kemari, mencari supplier, menjadi pengantar barang, hingga menjadi admin. Namun tidak sia-sia toh segala usaha yang mereka lakukan di awal.

Bisnis SEO dan Pembuatan Konten

ilustrasi seo

Di masa yang serba digital seperi sekarang ini, salah satu peluang usaha yang wajib kamu manfaatkan adalah bisnis SEO (search engine optimization) serta bisnis pembuatan konten. Keduanya bahkan saling berkaitan loh.

Bagi kalian yang belum familiar dengan SEO. SEO merupakan cara-cara pengelolaan website yang dilakukan dengan tujuan website tersebut menjadi “terkenal” di dunia maya, dan lebih spesifik lagi di mesin pencarian Google.

Nah biasanya SEO ini berkaitan erat kerjanya dengan para penulis lepas pembuat konten. Kedua jenis bisnis ini saat ini memiliki potensi yang besar loh. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang rela mengeluarkan uang Rp 10 juta hingga Rp 15 juta per bulannya untuk urusan SEO ini.

Kalau kamu sudah mahir dalam urusan SEO ini, bahkan kamu boleh mencoba membuat website pertama kamu. Lalu buatlah agar website mu “terkenal” di mesin pencarian Google, dan terakhir silahkan bermain-main dengan Google Adsense.

Memang tidak ada pendapatan yang pasti dari bermain Google Adsense ini. Namun yang jelas dibandingkan usaha serta modal yang kamu keluarkan, hasil yang kamu dapatkan pasti amat sebanding.

Bisnis Konten: Desain, Editing, hingga Videografi

anak dkv gambar

Masih berkaitan dengan dunia digital, kamu yang memiliki keterampilan khusus di bidang seni amat mungkin loh membuka bisnis konten pertama kamu. Kamu bisa bermain-main di dunia desain grafis, editing foto, hingga bisnis videografi.

Saat ini bahkan kamu bisa menjual jasamu tadi melalui beberapa layanan situs khusus seperti Ciptaloka, Sribulancer, Blazbluz, dan berbagai macam situs seperti ini. Dengan cara itu kamu bisa berbisnis tanpa modal.

Memang uang yang dihasilkan per karya yang kamu buat tidak terlalu besar. Namun kalau kamu cukup berbakat dalam membuat karya, dan bisa membuat karya tersebut dalam jumlah yang banyak, bukan tidak mungkin penghasilanmu dalam sebulan bisa mencapai belasan juta rupiah.

Lebih lanjut lagi, kamu bisa juga menjual jasa mock up alias membuat desain kaos secara khusus untuk kemudian dicetak. Intinya dengan cara-cara seperti ini kamu bisa dengan mudah berbisnis dengan modal nol alias tanpa modal sama sekali.

Nah kamu yang pandai mengedit video bisa menawarkan jasamu kepada influencer ataupun Youtuber baru yang belum cukup terkenal. Percayalah, biar bagaimanapun para Youtuber pasti butuh jasa seorang video editor dan videographer untuk membuat konten.

Kemudian sambil membangun image dirimu, kamu bisa terus mencari klien dari kalangan influencer dan Youtuber. Kalau kamu sudah cukup ternama pasti banyak Youtuber kelas atas mulai menginginkan jasamu.

Intinya sih kalau kamu memang memutuskan untuk terjun di bisnis ini, hilangkanlah baying-bayang gelimang harta di awal. Alih-alih berfokuslah kepada karyamu, buat karya yang bagus dan menarik sehingga perlahan-lahan orang ingin menggunakan jasamu.

Penutup

Sebenarnya masih banyak peluan usah abisnis modal kecil yang memberikan keuntungan besar. Nyaris seluruhnya memiliki pola yang sama, yakni memanfaatkan perkembangan teknologi informasi alias internet.

Artinya bisnis apapun yang ingin kamu lakukan, hubungkanlah dengan internet. Pelajari sistemnya secara menyeluruh dan kemudian implementasikan ke dalam bisnismu. Percayalah, apapun bisnisnya pasti bisa membawamu kepada kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *