Pengertian dan Tips Check In Online (Semua Maskapai)

Salah satu moda transportasi yang cukup digemari oleh masyarakat umum adalah mode transportasi udara alias pesawat terbang. Hal ini tentunya erat kaitannya dengan wilayah geografi Indonesia yang amat luas dengan ribuan kepulauan di dalamnya.

Karena luasnya wilayah Indonesia lah kemudian banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan pesawat untuk menjangkau banyak daerah di Indonesia, bahkan hingga daerah-daerah terluar.

Sayangnya harga tiket pesawat yang mahal membuat tidak banyak orang Indonesia yang berkesempatan untuk menaiki pesawat terbang. Lebih jauh lagi, masih banyak pula orang Indonesia yang berkesempatan untuk pertama kalinya menaiki pesawat terbang.

Nah, bagi orang yang belum dan baru pertama kali naik pesawat terbang tentu akan cukup asing dengan istilah check in online. Padahal fitur ini amat membantu loh! Tapi tenang karena kami punya informasi seputar pengertian dan tips check in online semua maskapai di Indonesia!

Baca Juga Cara Booking Tiket Pesawat Supaya Dapat Harga Murah

Mengenal Istilah-Istilah Penting Dulu Yuk

check in pesawat

Sebelum kita bisa membahas tips check in online di Indonesia, ada baiknya Anda memahami arti dari beberapa istilah berikut ini. Mulai dari istilah check in, istilah boarding pass, hingga istilah boarding time.

Check in – didalam penerbangan penumpang umum alias komersial, check in merupakan suatu proses konfirmasi yang dilakukan oleh calon penumpang kepada awak pesawat sesaat sebelum ikut di dalam penerbangan.

Check in sendiri saat ini memiliki dua metode yang umum, yakni metode konvensional dengan cara mendaftar langsung pada petugas maskapai atau via mesin check in nantinya di bandara, atau melakukan check in secara online.

Dengan check in online, banyak calon penumpang yang menurut kami cukup terbantu. Yah memang sih bukan hanya perkara check in aja, internet memang nyatanya mempermudah kehidupan manusia secara umum!

Boarding pass – adapun boarding pass, adalah dokumen yang membuat calon penumpang diberikan akses untuk menumpang pesawat. Kalimat awamnya sih izin yang diberikan kepada calon penumpang untuk menjadi penumpang suatu pesawat setelah melakukan check in.

Biasanya boarding pass akan diberikan petugas check in, ataupun sekarang ini Anda bisa mencetak boarding pass sendiri atau mengambil tangkapan layar (screen shot) boarding pass bila Anda melakukan check in secara online.

Boarding pass sendiri merupakan hal yang berbeda dengan tiket pesawat. Tiket pesawat merupakan sebuah dokumen resmi yang berisi informasi tentang pembayaran, informasi penerbangan, serta hak penumpang.

Adapun boarding pass merupakan sebuah dokumen resmi yang berisi informasi tentang hal-hal seputar pesawat keberangkatanmu, mulai dari waktu keberangkatan, gate, nomor penerbangan, nomor kursi, dan sebagainya.

Bila Anda tidak bisa menunjukkan boarding pass di gate penumpang, maka Anda tidak akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan. Jadi jangan sampai boarding pass ini hilang ya, Anda harus simpan baik-baik.

Mengapa Harus Check In Online?

Pertanyaan selanjutnya yang perlu kami jawab adalah mengapa Anda harus melakukan check in online daripada check in konvensional? Untuk menjawab pertanyaan itu ada beberapa pendapat kami yang barangkali bisa Anda perhatikan.

Praktis – sebelum memasuki era digital, ketiadaan check in online tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa di zaman dahulu orang-orang yang ingin bepergian menggunakan pesawat harus menunggu cukup lama dibandara.

Alasannya karena biasanya tiap-tiap maskapai memiliki ketentuan waktu terkait check in di bandara. Nah untuk menghindari telat check in, banyak orang dahulu kemudian datang jauh sebelum jam keberangkatan.

Di era check in online ini, Anda diberikan kemudahan yang menurut kami amat besar. Karena Anda bisa melakukan check in bahkan saat Anda masih di rumah dan belum mandi. Ada beberapa maskapai bahkan yang mengizinkan check in online 14 hari sebelum keberangkatan!

Anti antri-antri club – selain praktis dan mudah, check in online juga menghindari para calon penumpan untuk mengantre. Hal inilah yang barangkali menjadi salah satu alasan banyaknya orang yang lebih senang melakukan check in online dibanding check in konvensional.

Bagi Anda yang belum pernah naik pesawat, percayalah walaupun pesawat yang Anda tumpangi adalah pesawat kecil, antrean check in bisa jadi amat menyebalkan. Apalagi kalau kebetulah penumpang yang lain banyak yang datang di saat-saat terakhir.

Promo menarik – ada banyak maskapai di Indonesia yang memanfaatkan animo check in online ini sebagai wadah promosi yang menurut kami cukup menarik dan sayang apabila Anda melewatkannya.

Ada beberapa add ons atau tambahan-tambahan khusus yang bisa Anda dapatkan ketika check in online. Mulai dari yang paling simpel seperti memilih tempat duduk kesukaanmu, menambahkan asuransi perjalanan, hingga memilih makanan dalam pesawat.

Menariknya ada beberapa maskapai yang sempat memberikan diskon spesial bagi calon penumpangnya yang melakukan check in secara online. Sehingga menurut kami check in online bisa menjadi salah satu alokasi dana tambahan bila Anda ingin berlibur, melalui diskon-diskonnya.

Tips Check In Online Semua Maskapai Indonesia

check in soekarno hatta

Setelah Anda membaca pengertian dan beberapa manfaat melakukan check in online, saatnya Anda membaca tips dan cara check in online dari berbagai maskapai di Indonesia saat ini.

#1 Garuda Indonesia

Sebagai salah satu maskapai terbaik di Indonesia, rasa-rasanya tidak heran kalau Garuda Indonesia memiliki fitur check in online. Boleh dibilang bahwa fitur check in online milik Garuda ini juga cukup baik.

Beberapa aturan khusus terkait check in apabila Anda menggunakan maskapai yang satu ini adalah sebagai berikut:

  • Check in online hanya bisa Anda lakukan melalui laman resmi website Garuda Indonesia.
  • Check in online Garuda Indonesia bisa Anda lakukan dalam rentang waktu 24 jam hingga 4 jam sebelum tiba jam keberangkatan pesawat yang Anda tumpangi.
  • Meski demikian khusus bagi Anda yang berangkat melalui Bandara Soekarno-Hatta atau Cengkareng, waktu check in online Garuda Indonesia menjadi bahkan lebih fleksibel, yakni rentang waktu 24 jam hingga 2 jam.
  • Selain itu check in online tidak bisa dilakukan bagi penumpang yang berusia di bawah usia 2 tahun yang tidak membeli tempat duduk sendiri, penumpang yang memiliki kebutuhan atau bantuan khusus, penumpang dengan disabilitas, penumpang di bawah 12 tahun yang pergi sendiri, serta penumpang booking kelompok lebih dari 9 orang dan penumpang yang memiliki tiket ID staff.

Untuk bisa melakukan check in online dengan maskapai Garuda Indonesia, Anda tinggal mengikuti beberapa peraturan di atas. Saran kami sih sebisa mungkin lakukan check in lebih awal, dan jauh-jauh dari jam keberangkatan.

#2 Air Asia

Sebagai salah satu maskapai penerbangan murah yang cukup terkenal di Asia Tenggara, Air Asia juga memiliki fitur check in online yang menurut kami cukup memudahkan. Menariknya peraturan yang diberlakukan oleh Air Asia ini cukup mudah loh.

Berikut ini adalah aturan terkait check in online yang menurut kami cukup unik dari Air Asia:

  • Rentang waktu check in online bisa dilakukan mulai dari 14 hari hingga 1 jam sebelum jam keberangkatanmu.
  • Sama seperti Garuda Indonesia, maskapai Air Asia juga tidak mengizinkan penumpang berkebutuhan khusus, penumpang sakit, penumpang berusia kurang dari 16 tahun ya pergi sendiri, dan booking kelompok lebih dari 9 orang untuk melakukan check in online.

#3 Lion Air

Nah bila Air Asia adalah maskapai low cost populer di Asia Tenggara, maka Lion Air boleh dibilang sebagai maskapai low cost yang populer di Indonesia saja. Tapi menariknya kejayaan Lion Air boleh dikatakan lebih baik daripada Air Asia di Indonesia.

Tidak mau ketinggalan juga dengan maskapai-maskapai lainnya, Lion Air juga memiliki fitur check in online yang cukup mudah, dengan aturan main sebagai berikut:

  • Untuk melakukan check in online, Anda hanya bisa melakukannya via laman website resmi milik Lion Air saja.
  • Selain itu check in online hanya dapat dilakukan antara 24 jam sampai 4 jam sebelum jam keberangkatan.
  • Kekurangan dari sistem check in online milik Lion Air ini adalah seringnya terjadi gagal booking karena traffic check in yang cukup tinggi. Tapi bila Anda coba berulang kali biasanya Anda akan bisa check in juga kok.

#4 Citilink

Sebagai anak perusahaan Garuda, Citilink juga memiliki fitur check in online yang memiliki aturan sedikit berbeda dengan aturan milik Garuda Indonesia. Berikut ini adalah aturan check in online yang bisa Anda coba:

  • Check in online hanya bisa dilakukan melalui laman website resmi Citilink.
  • Batas waktu check in hanya bisa dilakukan sejak 14 hari hingga 5 jam sebelum jam keberangkatan pesawatmu.

#5 Batik Air

Batik Air merupakan salah satu lini eksklusif dari Lion Group, sudah tentu memiliki fitur check in online. Tidak mungkin bila Batik Air layanannya lebih sedikit daripada Lion Air yang notabene versi ekonomisnya bukan?

Nah sama seperti Lion Air, Batik Air juga memiliki beberapa aturan khusus terkait check in online yang harus Anda patuhi. Beberapa aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Check in online Batik Air hingga saat ini hanya bisa dilakukan melalui laman website resmi milik Batik Air.
  • Waktu check in online Batik Air sama dengan waktu check in online Lion Air yakni mulai 24 jam hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

#6 Sriwijaya Air

Salah satu pilihan maskapai yang cukup murah di Indonesia adalah Sriwijaya Air. Selain itu Sriwijaya Air seringkali membuka rute-rute yang jarang diambil oleh maskapai lain, sehingga maskapai ini pun cukup disenangi oleh masyarakat di Indonesia.

Sama seperti maskapai lainnya, hingga saat ini Sriwijaya Air juga sudah menerapkan aturan tentang check in online, yakni:

  • Check in online hanya bisa dilakukan lewat website resmi milik Sriwijaya Air Group.
  • Waktu check in online yang diizinkan oleh Sriwijaya Air adalah mulai 24 jam hingga 4 jam sebelum keberangkatan.

#7 NAM Air

Masih satu grup dengan Sriwjiaya Air, NAM Air juga saat ini menjadi salah satu pilihan maskapai orang-orang Indonesia. Selain relatif murah dibanding maskapai-maskapai pesaingnya, NAM Air pun memiliki beberapa rute yang memang tidak dibuka maskapai lainnya.

Adapun aturan terkait check in online NAM Air, sebenarnya serupa dengan aturan check in online oleh Sriwijaya Air. Aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Check in online hanya bisa dilakukan lewat website resmi milik Sriwijaya Air Group
  • Waktu check in online yang diperbolehkan adalah sejak 24 jam hingga 4 jam sebelum jam keberangkatan pesawat yang Anda tumpangi.

Cara Check In Online

Pada dasarnya sih cara yang bisa Anda lakukan untuk check in online adalah serupa untuk setiap maskapai. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka laman website resmi milik maskapai penerbangan yang Anda gunakan jasanya.

Setelah itu biasanya Anda akan diarahkan ke dalam laman yang meminta Anda untuk mengisi beberapa data tiket yang Anda beli, dan carilah kode booking mu. Setelah itu Anda bisa cari tombol Check In atau Check In Now tergantung dari laman website maskapai tersebut.

Bila sudah menekan tombol check in online tersebut secara otomatis Anda akan diarahkan ke dalam laman konfirmasi. Pastikan Anda mendapatkan laman konfrimasi tersebut, lakukan screenshot atau unduh laman tersebut bila memungkinkan.

Jangan lupa untuk mengunduh boarding pass yang bisa Anda dapatkan setelah melakukan check in online tersebut. Kebanyakan maskapai akan secara otomatis mengirimkan boarding pass ke emailmu yang masih aktif setelah Anda melakukan check in online.

Bila sudah silahkan simpan boarding pass tersebut di gadgetmu, atau supaya lebih aman tentu saja Anda bisa mengunduh dan langsung mencetak/print boarding pass tersebut untuk nantinya Anda tunjukkan kepada petugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *