Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Dibeli!

Memiliki anak merupakan salah satu kebahagiaan yang diidam-idamkan oleh orang tua manapun di dunia ini. Meski demikian tidak semua orang tua memiliki pengetahuan yang cukup mengenai cara merawat anak.

Mulai dari persiapan sebelum melahirkan, hingga hal penting yang akan kita bahas kali ini. Yakni mengenai perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan oleh para orang tua sebelum sang ibu melahirkan.

Kami akan coba rangkum beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda beli serta beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli perlengkapan bayi tersebut, nah jadi simak baik-baik ya!

Baca Juga Persyaratan Menikah di Indonesia Saat Ini, Cek Porsi Keberangkatan Haji Sebelum Terlambat, Tips Interview Kerja Terbaik di Internet

Pakaian Bayi

mothercare

Hal penting pertama yang harus Anda siapkan sebagai calon orang tua tentu saja terkait dengan kebutuhan dasar manusia yakni pakaian. Sebelum membeli pakaian bayi ada beberapa rekomendasi penting yang bisa Anda ikuti.

Baju bayi – pertama Anda harus memilih baju bayi ukuran newborn alias ukuran bayi baru lahir baik itu lengan pendek ataupun lengan panjang. Anda bisa juga membelikan bayi mu jumper namun ada kalanya memakaikan jumper kepada bayi lebih sulit dibandingkan baju biasa.

Pilihlah bahan baju yang lembut, lentur, serta tidak terasa panas bila dipakai oleh bayi. Setelah itu Anda bisa lihat jahitan yang ada, usahakan menghindari membeli baju dengan jahitan atau bordir yang menembus ke dalam baju karena bisa membuat kulit bayi kemerahan akibat iritasi.

Celana bayi – sama seperti pemilihan baju hal penting yang harus Anda perhatikan adalah ukuran, serta beli lah celana pendek maupun celana panjang. Dalam hal ini kami sarankan Anda membeli keduanya.

Memang sih bayi baru lahir biasanya dipasangkan bedong, namun tidak menutup kemungkinan bayi merasa kepanasan bila harus memakai celana panjang dan bedong. Disisi lain tidak menutup kemungkinan pula bayi bisa merasa kedinginan bila harus memakai celana pendek walau sudah ditutup bedong.

Pilih bahan yang halus, lentur, dengan jahitan yang tidak menembus ke dalam celana. Khusus untuk celana pilihlah yang karetnya tidak terlalu ketat di perut si bayi, berhubung bayi Anda belum lahir ketika Anda membeli celana maka Anda boleh berjaga-jaga dengan membeli celana yang ukurannya 1 sampai 2 di atas celana ukuran newborn.

Kaus kaki bayi – salah satu poin penting di dalam memilih kaus kaki bayi adalah ukuran yang pas. Sama seperti celana, Anda bisa membeli kaus kaki dengan berbagai ukuran untuk menghindari kaus kaki yang terlalu sempit ketika bayi mu sudah lahir.

Sarung tangan bayi – sarung tangan bayi merupakan hal tambahan yang jarang diperlukan oleh si bayi. Apalagi bila bayi Anda nantinya tidak tahan panas. Nah tapi bila ingin membeli sarung tangan bayi, belilah sarung tangan berbahan dasar katun.

Selain itu hindari penggunaan sarung tangan bayi sehari-hari tanpa adanya keperluan, misalnya bila bayi kedinginan. Karena penggunaan sarung tangan bayi terus menerus akan mengganggu kemampuan sensorik dan motorik halus bayi. Biarkan tangan dan jari jemari bayi bebas bergerak serta menyentuh permukaan benda apapun yang ingin dia sentuh.

Topi bayi – topi bayi, sama seperti sarung tangan bayi merupakan pakaian tambahan yang jarang diperlukan oleh si bayi. Tapi kami cukup merekomendasikan Anda membeli topi bayi karena bisa menjadi aksesoris saat bayi bepergian.

Selain itu topi bayi pun bisa menjadi penghangat apabila si kecil sedang sakit dan kedinginan, walaupun tentu saja orang tua manapun tidak ada yang berharap anak kecilnya sakit dan menggigil kedinginan bukan?

Slabber / penadah liur bayi – untuk slabber menurut kami sih boleh dibeli boleh juga tidak. Tapi untuk Anda yang cukup apik dan tidak mau repot boleh saja membeli slabber. Namun perlu diperhatikan, biasanya slabber baru berguna ketika bayi sudah mulai banyak beraktivitas selain tidur.

Bedong – bedong boleh dibilang merupakan hal yang lumrah di Indonesia, padahal tidak ada ahli yang merekomendasikan semua bayi baru lahir untuk di bedong. Kebanyakan justru meminta bayi bergerak dengan bebas sehingga tidak perlu di bedong.

Bedong sendiri tidak ada hubungannya dengan kaki yang bengkok, karena itu adalah mitos. Pembedongan boleh dilakukan sebatas panggul ke atas, dengan tujuan membuat bayi nyaman dan menghindari bayi yang pasti seringkali kaget (moro reflex).

Moro reflex sendiri merupakan refleks normal pada manusia baru lahir yang akan hilang dengan sendirinya, seiring dengan perkembangan otak si bayi. Nah lanjut, pun bila Anda ingin membedong tubuh bayi bagian bawah untuk menghangatkan bayi, hindari membedong dengan ketat.

Selimut bayi – nah justru selimut inilah hal penting yang seringkali terlupakan oleh para orang tua, alih-alih para orang tua hanya membedong bayi tanpa menyelimutinya ketika sedang tertidur. Intinya pilihlah selimut yang sesuai ukuran dan nyaman bahannya bagi si bayi.

Peralatan Mandi Bayi

sabun bayi

Selain menyiapkan pakaian bagi bayi, Anda perlu menyiapkan peralatan mandi bayi juga. Karena tentu saja hingga bayi bisa berdiri dengan baik Anda akan butuh beberapa peralatan tambahan khusus untuk memandikan bayi Anda.

Bak mandi bayi – peralatan penting pertama yang bisa Anda beli untuk bayi yang Anda punya adalah bak mandi bayi. Untuk membeli bak mandi bayi Anda harus memperhatikan kualitas bahan dan bentuk yang harus sesuai dengan bayi.

Untuk bentuk Anda tak perlu membeli yang bentuknya rumit dan aneh, namun sebaiknya Anda membeli bak mandi berukuran agak besar sehingga bisa digunakan oleh bayi Anda dengan cukup lama.

Terakhir jangan lupa mempertimbangkan harga bak mandi tersebut sebelum Anda membelinya. Karena bak mandi yang tersedia di pasaran harganya menurut kami cukup bervariasi mulai dari yang amat murah hingga yang sangat mahal.

Sabun bayi – untuk sabun bayi Anda bisa memilih berbagai merk yang tersedia di pasaran mulai dari Zwitsal, Cussons, Johnson & Johnson, hingga Mothercare. Pilih saja salah satunya sesuai dengan selera Anda.

Hal terpenting di dalam membeli sabun bayi adalah pastikan Anda membeli sabun sekaligus sampo bayi alias head to toe wash. Dengan demikian Anda tidak perlu membeli keduanya terpisah, yang menurut kami cukup menghemat pengeluaran loh.

Selain itu beli lah sabun bayi dengan ukuran kecil terlebih dahulu di awal, karena selalu ada kemungkinan bayi Anda tidak cocok dengan sabun yang Anda beli. Entah membuat kulitnya kering, kemerahan, atau malah gatal-gatal.

Nah bila Anda langsung membeli kemasan besar tentu saja Anda akan melakukan pemborosan bukan. Belilah sabun dalam kemasan besar apabila Anda sudah yakin bahwa sabun tersebut cocok dan tidak merusak kulit bayi Anda.

Lotion bayi – meski tidak terjadi pada semua anak, ada kemungkinan bayi Anda memiliki kulit yang mudah kering dan menyebabkannya gatal-gatal. Bila sudah seperti ini maka Anda perlu membeli body lotion bayi.

Aturannya sama dengan cara membeli sabun bayi, belilah body lotion dengan wangi yang sesuai dengan seleramu dan tentu saja pastikan body lotion tersebut cocok dengan karakteristik kulit bayi Anda.

Cologne bayi – cologne bayi alias parfum bayi bisa terbagi menjadi dua yakni untuk badan dan untuk rambut alias hair cologne.  Lagi-lagi aturannya sama, belilah cologne yang wanginya sudah sesuai dengan selera Anda dan pastikan cairan tersebut tidak membuat bayi iritasi.

Selain itu penting untuk diketahui jangan memakaikan cologne terlalu banyak pada baju bayi karena khawatir bayi akan terganggu dengan bau cologne yang terlalu menyengat tersebut. Pakaikanlah secukupnya, apalagi bayi baru lahir menurut kami justru memiliki bau yang menyenangkan!

Minyak telon – salah satu benda penting yang seringkali membuat kulit bayi iritasi. Anda bisa membeli minyak telon setelah menemukan minyak telon yang sesuai dengan karakteristik kulit bayi Anda ya. Karena bila tidak, bisa-bisa bayi Anda akan mudah rewel karena tidak nyaman.

Krim popok – krim popok atau krim ruam popok merupakan krim yang bisa membantu bayi terhindar dari bokong yang iritasi dan kemerahan karena popok. Menurut kami krim ini cukup penting, apalagi bila Anda seringkali tidak peka terhadap BAB dan pipis bayi.

Karena kotoran yang terlalu lama menempel dengan kulit bayi di dalam popok biasanya menjadi penyebab kulit menjadi iritasi dan akhirnya kemerahan. Bila sudah kemerahan tentu Anda harus mengurangi gejalanya dengan krim ruam popok sehingga bayi Anda merasa nyaman.

Penting untuk diketahui meski kandungan dari berbagai krim popok berbagai merk sama saja, kamu tetap harus mencari krim popok yang paling cocok dengan anak Anda ya. Karena pada kenyataannya ada beberapa merk yang cocok dengan satu bayi namun tidak cocok dengan bayi lainnya.

Tisu basah – tisu basah sebenarnya bisa masuk ke kebutuhan sehari-hari bayi dan bukan hanya sebagai peralatan mandi. Namun tisu basah bisa Anda beli untuk dibawa bila bepergian. Gunanya adalah untuk membersihkan bokong bayi ketika bayi BAB.

Kapas bayi – meski tidak semua orang menggunakannya, kami menganjurkan Anda untuk menggunakan kapas bayi ketika bayimu BAB. Anda bisa membasahi kapas bayi dengan air hangat, dan bila memungkinkan dengan sedikit (sekali) sabun bayi.

Setelah itu lap bokong bayi dengan kapas tersebut, lap kembali dengan kapas lain yang hanya direndam di dalam air hingga bersih dari kotoran maupun sabun. Barulah Anda bisa kemudian mengambil kapas kering untuk membersihkan bokong bayi.

Handuk bayi – pembelian handuk bayi memiliki aturan yang sama dengan pembelian pakaian bayi. Anda cukup memilih handuk bayi yang berbahan lembut dan halus, namun bisa menyerap air dengan baik.

Bila Anda memiliki keuangan lebih banyak, Anda bisa memilih handuk bayi dengan kualitas yang cukup tinggi dimana biasanya lebih halus, lebih menyerap air, namun memiliki ketahanan yang baik terhadap mesin cuci.

Perlak – perlak merupakan alas kedap air yang menurut kami wajib dibeli oleh para orang tua yang akan memiliki bayi. Perlak sendiri merupakan alas kedap air yang biasanya terbuat dari karet dan berukuran cukup besar.

Seringkali digunakan untuk alas bayi ketika orang tua ingin mencebok bokong bayi, atau ketika bayi sedang mengganti popok. Karena seringkali bayi BAB dan pipis ketika sedang dibersihkan, maka keberadaan perlak ini amat penting.

Apalagi bayi baru lahir yang memiliki frekuensi BAB dan pipis yang cukup sering. Di malam hari ketika Anda dan pasangan Anda mengantuk barangkali terpaksa harus mengganti popoknya di atas tempat tidur, maka perlak inilah yang akan menjadi penyelamat daripada banjir!

Selain perlak utama kami juga menyarankan Anda untuk mencari perlak portable yang bisa dibawa kemana-mana. Kalau Anda bingung Anda bisa langsung mencari perlak jenis ini di e commerce kok, dan harganya cukup murah loh!

Peralatan Makan Bayi

pompa asi bagus

Loh bayi baru lahir makan apa? Tenang, karena makan yang kami maksud disini tentu saja minum ASI alias air susu ibu. Ada beberapa peralatan yang juga harus Anda siapkan loh selama 6 bulan nanti bayi Anda menyusui.

Breast pad – karena payudara adalah penyimpan makanan utama bagi bayi baru lahir, tentu Anda sendiri harus menjaga kesehatan payudara Anda. Cara termudah yang pertama adalah dengan membeli breast pad yang biasanya dipasang di bagian dalam bra milik Anda.

Breast pad memiliki fungsi menyerap air susu yang seringkali keluar dengan sendirinya walaupun bayi Anda sedang tidak menyusu. Nah tentu dengan menggunakan breast pad, Anda memastikan bra dan pakaian yang Anda pakai tidak basah dan menimbulkan penyakit.

Krim payudara – selain breast pad kami cukup merekomendasikan Anda membeli krim payudara yang bisa digunakan apabila mengalami putting lecet saat menyusui. Karena besar (sekali) kemungkinan payudara Anda lecet di awal-awal menyusui.

Apalagi bila Anda melahirkan anak pertama, selain bayi Anda nantinya butuh waktu untuk belajar menyusui, biasanya sang ibu pun masih kikuk di dalam memberikan ASI nya kepada si bayi sehingga meningkatkan kemungkinan payudara lecet.

Botol susu – botol susu hanya kami rekomendasikan apabila Anda merupakan ibu pekerja yang memang memerah asi. Belilah botol susu yang standar dengan tulisan BPA free demi keamanan bayimu.

Selain itu pastikan botol susu yang Anda beli tahan panas karena tentu saja setiap kali menggunakan botol tersebut Anda harus men-streilkannya baik menggunakan alat steril ataupun dengan merendamnya di air mendidih.

Belilah lebih dari 1 botol susu, bisa 3 hingga 4 buah. Karena biasanya ibu menyusui menitipkan anak-anak mereka, baik kepada orang tua mereka, kepada kerabat, ataupun di tempat penitipan anak. Dengan memiliki lebih dari 1 botol susu, itu akan jauh memudahkan mereka di dalam membantu Anda memberikan asupan ASIP (ASI Perah) kepada anak Anda.

Kami tidak merekomendasikan Anda sama sekali untuk membeli susu formula ya, karena pada kenyataannya susu formula bisa dibilang sebagai ‘obat’ yang sebenarnya hanya dokter anak lah yang boleh merekomendasikannya kepada Anda sebagai orang tua.

Kecuali bayi Anda atau Anda memiliki kondisi medis tertentu sehingga dokter anak merekomendasikan Anda untuk membeli susu formula, barulah Anda boleh menggunakan susu formula.

Dot bayi – sama seperti keputusan untuk membeli botol susu, kami merekomendasikan Anda membeli dot bayi hanya bila Anda ingin menggunakan ASIP. Nah untuk dot bayi belilah sesuai dengan usia bayi Anda, biasanya sih ukuran S atau nomor 1. Selain itu belilah dot bayi yang memiliki ‘embel-embel’ anti bingung puting.

Karena meski dot bayi memiliki bentuk yang mirip puting payudara ibu, tetap saja tidak bisa memancarkan ASI dengan kuat. Bila Anda asal-asalan membeli dot bayi, nantinya bayi akan bingung puting ketika Anda menyusuinya langsung dari payudara Anda.

Peralatan pencuci – pisahkan lah peralatan pencuci piring yang Anda punya dengan peralatan pencuci botol dan dot bayi Anda. Karena biasanya makanan orang dewasa lebih berasa, terutama pedas, karena orang Indonesia rata-rata cinta masakan pedas.

Hindari penggunaan peralatan mencuci piring milik Anda dan orang lain di rumah untuk mencuci peralatan makan si bayi.

Lebih jauh lagi bila Anda memiliki keuangan yang cukup banyak, Anda boleh membeli peralatan steril alat-alat makan bayi alias sterilizer. Adapun sterilizer saat ini berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah dengan keunggulannya masing-masing.

Pompa ASI – pompa asi bisa dibeli bagi Anda ibu-ibu pekerja yang tetap ingin memberikan ASI bagi anak-anak mereka. Adapun pompa ASI yang tersedia saat ini terdiri dari beragam merk serta harga yang ada.

Nah belilah pompa ASI dengan ukuran yang nyaman untuk dibawa-bawa. Pertimbangan selanjutnya biasanya adalah apakah pompa tersebut memiliki suara yang mengganggu, bila memiliki uang lebih, belilah pompa ASI yang tidak bising dan compact.

Kantong ASI – selain pompa ASI, Anda juga harus membeli kantong ASI untuk menyimpan ASI Perah (ASIP) yang telah Anda pompa selama Anda bekerja untuk kemudian Anda simpan di dalam freezer sehingga bisa diberikan nantinya untuk bayi Anda ketika Anda tidak di rumah.

Beli lah kantong ASI dengan harga yang terjangkau. Karena rata-rata teknologi yang dimiliki tidak jauh berbeda dengan ukuran yang dimiliki pun rata-rata adalah sebesar 120-160 ml saja kok, tidak besar.

Ice gel pack – peralatan ini lagi-lagi dibutuhkan bagi ibu menyusui yang memompa ASI mereka. Untuk menyimpan ASI Anda membutuhkan suhu yang cukup rendah agar bisa dipindahkan hingga freezer, karena itulah Anda akan membutuhkan cukup banyak ice gel pack.

Tas asi – khusus peralatan yang satu ini kami sarankan Anda untuk membeli tas ASI yang bisa menyimpan panas. Ada beberapa merk rekomendasi yang tinggal disesuaikan dengan buduget Anda  Nantinya Anda bisa memasukkan ice gel pack yang telah dibeli dan dimasukkan ke dalam tas tersebut untuk kemudian disimpan bersama kantong-kantong ASI yang telah dipompa.

Baca Juga Kebiasaan Sepele yang Bikin Anda Miskin di Hari Tua,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *