fbpx

Pilihan Layanan Kirim dan Terima Uang Antar Negara

Di era digital seperti sekarang, banyak layanan harian yang dahulu cukup rumit saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Tentunya hal ini bisa dicapai berkat bantuan teknologi serta internet yang mengalami perkembangan dengan amat pesat.

Salah satu hal yang cukup terasa perbedaannya di era internet seperti saat ini adalah terkait dengan proses layanan kirim dan terima uang. Lebih spesifik lagi yakni layanan kirim dan terima uang antar negara.

Proses layanan kirim dan terima uang antar negara dulu merupakan proses yang cukup rumit, membutuhkan waktu yang panjang, dan tentu saja biaya pengiriman dan pencairan dana yang tidak sedikit.

Namun berkat internet, saat ini ada banyak pilihan layanan kirim dan terima uang antar negara yang tentu membuat waktu pengiriman uang menjadi lebih sedikit, dan biaya administrasi yang dibutuhkan untuk mengirimkan uang menjadi semakin sedikit pula.

Apalagi dengan semakin berkembangnya Fintech, teknologi Peer-to-Peer Lending, hingga kriptokurensi! Tapi khusus untuk topik yang satu ini, kami akan mencoba memberikan kamu beberapa pilihan layanan kirim dan terima uang antar negara yang direkomendasikan.

PayPal

paypal

PayPal merupakan perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk bersama dengan Peter Thiel. Layanan PayPal memang sudah tumbuh sejak beberapa tahun ke belakang, namun keberadaannya belum begitu terasa di Indonesia.

Namun bagi kamu yang memiliki pekerjaan sebagai freelancer atau pekerja lepas yang berburu klien di luar negeri, ataupun kamu yang rajin berbelanja online di e commerce luar negeri, pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan PayPal.

PayPal sendiri memiliki beberapa fitur yang menurut kami cukup praktis, diantaranya adalah:

  1. Pembayaran Online – sebagai layanan pengiriman uang, tentu saja PayPal memiliki fitur pembayaran online. Kamu yang berbelanja di e commerce luar negeri bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan akun PayPal yang kamu punya. Setelah melakukan pengiriman, dalam waktu singkat dan biaya yang relatif murah maka uangmu akan segera terkirim ke si penjual.
  2. Menerima uang secara online – selain dilakukan untuk melakukan pembayaran barang secara online, PayPal diketahui memiliki fitur sehingga para penggunanya bisa saling berkirim uang secara online. Syarat yang dibutuhkan hanyalah, si pengirim dana perlu mengetahui alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun PayPal mu, semudah itu!

tampilan paypal

Untuk pengiriman uang, kamu akan dikenakan sejumlah uang yang menurut kami cukup murah. Biaya yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pengiriman uang pribadi, di dalam satu negara, kamu tidak akan dikenai biaya sepeser pun.
  2. Pengiriman uang pribadi antar negara dikenai biaya sejumlah EUR 3,99.
  3. Untuk transaksi yang berkaitan dengan kegiatan jual beli di e-commerce kamu akan dikenai biaya transaksi antara 1,7% hingga 3,4% ditambah EUR 0,35 dan biaya konversi mata uang tergantung dari negara yang dituju.

Untuk bisa menggunakan seluruh fitur yang ada di dalam layanan PayPal, pertama-tama tentu saja kamu harus mendaftarkan diri ke dalam akun PayPal pribadi mu. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar PayPal cukup mudah kok.

Kamu bisa langsung masuk ke laman situs resmi milik PayPal dan klik pilihan Sign Up yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran sederhana, diantaranya adalah identitas, alamat email yang valid, hingga data kartu debit atau kartu kredit yang ingin kamu hubungkan dengan akun PayPal mu.

Bila sudah di acc, maka segera kamu bisa langsung menggunakan akun PayPal barumu untuk melakukan pengiriman ataupun penerimaan uang antar negara. Mudah bukan?

Western Union

western union

Nah kalau kamu asing dengan PayPal, barangkali kamu tidak asing dengan peruahaan yang satu ini. Hal ini lantaran Western Union merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan layanan kirim dan terima uang antar negara sejak lama di Indonesia.

Meski dahulu proses yang perlu dilalui adalah proses konvensional alias offline, saat ini kamu sudah bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang antar negara dengan jauh lebih mudah dan praktis.

Dengan menggunakan Western Union, saat ini kamu sudah bisa menikmati layanan kirim dan terima uang antar negara secara online. Western Union saat ini menyediakan layanan pengiriman uang untuk akun lainnya (antar negara), pengiriman lain langsung ke bank tertentu, hingga pengiriman uang ke online wallet. Menarik!

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengiriman uang via Western Union:

  1. Pengiriman untuk cash pickup pertama-tama kamu bisa langsung membuat akun Western Union dengan cara mengunjungi laman resmi web Western Union. Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke menu pengiriman untuk memilih negara, jumlah, dan cara pengiriman (cash). Masukkan nama penerima, dan kemudian kamu bisa langsung membayar sejumlah biaya tersebut menggunakan kartu kreditmu. Dalam beberapa waktu kamu akan diberikan konfirmasi via email, jangan lupa simpan nomor tracking yang nantinya harus kamu berikan kepada si penerima.
  2. Pengiriman langsung ke bank – pertama-tama kamu bisa langsung membuat akun Western Union dengan cara mengunjungi laman resmi web Western Union. Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke menu pengiriman untuk memilih negara, jumlah, dan cara pengiriman (bank account). Setelah itu masukkan informasi akun bank milik si penerima, bayar dengan kartu kreditmu, dan jangan lupa nantinya untuk memberikan nomor tracking kepada si penerima. Tapi dengan cara ini sebenarnya uang yang kamu kirimkan secara otomatis akan langsung masuk ke dalam akun bank si penerima.
  3. Pengiriman langsung ke mobile wallet – pertama-tama kamu bisa langsung membuat akun Western Union dengan cara mengunjungi laman resmi web Western Union. Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke menu pengiriman untuk memilih negara, jumlah, dan cara pengiriman (mobile wallet). Berikan nama penerima dan nomor ponsel milik si penerima, berikan data kartu kreditmu kepada pihak Western Union. Setelah itu kamu cukup menunggu konfirmasi via SMS setelah uang yang kamu kirimkan diterima si penerima.

Adapun kamu yang masih old style dan ingin mengirimkan uang secara offline menggunakan Western Union, kamu bisa langsung datang ke kantor Western Union yang paling dekat dengan rumahmu.

Setelah itu tunjukkan KTP yang kamu punya, dan langsung mengisi aplikasi pengiriman uang dengan lengkap. Terakhir kamu cukup membayar nominal pengiriman dan biaya administrasi yang akan dikenai oleh Western Union.

Adapun untuk menerima uang secara offline via Western Union, nantinya kamu akan diminta untuk menunjukkan KTP, formulir penerimaan uang, serta identitas pengirim, jumlah uang, dan kode transfer pengiriman uang yang diberikan si pengirim.

MoneyGram

Apa itu MoneyGram

MoneyGram boleh dibilang merupakan pemain baru di Indonesia, namun kami cukup merekomendasikan kamu untuk memanfaatkan layanan kirim dan terima uang antar negara yang diberikan oleh MoneyGram.

Hanya saja, saat ini MoneyGram belum memiliki kapasitas untuk melayani pengiriman dan penerimaan uang antar negara secara online. Kami pun baru bisa membagikan cara kirim dan terima uang antar negara secara offline saja via MoneyGram.

Adapun cara yang bisa kamu tempuh adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kamu bisa langsung mencari lokasi agen MoneyGram yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggalmu, jangan lupa sebelumnya siapkan beberapa persyaratan yang diminta.
  2. Beberapa persyaratan yang diminta oleh MoneyGram adalah sebagai berikut:
    • Kartu identitas diri seperti KTP ataupun passport yang kamu punya.
    • Nama lengkap pihak penerima sesuai dengan kartu identitas serta lokasi mereka.
    • Jumlah uang yang ingin kamu kirimkan, yang nantinya akan ditambahkan dengan biaya administrasi pengiriman.
    • Apabila kamu mengirimkan uang langsung ke rekening bank, maka kamu memerlukan nama bank serta nomor rekening pihak penerima uang tersebut.
    • Apabila kamu ingin mengirimkan uang langsung ke e-wallet maka kamu memerlukan nomor ponsel penerima dengan kode telepon internasional sesuai dengan lokasi si penerima.
  3. Seteah mengisi formulir pengiriman kamu bisa langsung memberikan formulir disertai jumlah dana yang diminta oleh agen MoneyGram.
  4. Setelah itu kamu akan diberikan nomor referensi 8 digit yang harus kamu berikan kepada si penerima. Tujuannya agar si penerima bisa mencairkan uang yang kamu kirimkan tersebut.

Pada dasarnya sih langkah-langkah yang harus kamu tempuh untuk bisa melakukan pengiriman uang tunai cukup mirip satu sama lain. Begitu pula layanan kirim dan terima uang yang diberikan oleh MoneyGram, mirip dengan layanan Western Union.

Venmo

apa itu Venmo

Pada dasarnya Venmo merupakan aplikasi layanan kirim dan terima uang antar negara, yang telah dibeli oleh PayPal di tahun 2013. Meski demikian Venmo berfokus dalam membuat aplikasi layanan pengiriman uang.

Untuk bisa melakukan pengiriman dan penerimaan uang melalui Venmo, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kamu harus mengunduh aplikasi Venmo di Appstore ataupun Google Play Store.
  2. Setelah itu kamu bisa mendaftarkan dirimu dengan menggunakan email yang valid.
  3. Untuk bisa bertransaksi menggunakan Venmo, kamu bisa langsung menekan ikon Pay or Request di sudut kanan atas layar. Kamu bisa mencari ikon berisi gambar pensil serta lambang mata uang dollar.
  4. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, nomor telpon, ataupun alamat email si penerima.
  5. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nominal yang akan kamu kirimkan.
  6. Klik Pay untuk membayarkan uang tersebut. Kamu biasanya akan diminta untuk memasukkan data kartu debit ataupun kartu kredit untuk pembayaran ini.
  7. Tunggu hingga si penerima menerima uang yang kamu kirimkan.

Khusus Venmo ini, kamu bisa menggunakannya apabila ingin membayarkan uang kepada toko online yang berada di Amerika Serikat, ataupun untuk bertransaksi dengan orang yang tinggal di Amerika Serikat.

Hal ini lantaran pada awalnya, sejak dibeli oleh PayPal, Venmo banyak mengembangkan kerjasama layanan pembayaran online mereka dengan berbagai toko ritel dan toko online yang berada di Amerika Serikat.

Penutup

Pada dasarnya masih banyak aplikasi ataupun website yang bisa kamu gunakan terkait layanan kirim dan terima uang antar negara. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Hanya saja, hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa hampir seluruh aplikasi yang ada memiliki langkah ataupun prosedur pengiriman dan penerimaan uang antar negara yang serupa kok. Jadi silahkan, terserah kamu untuk memilih layanan yang terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *