fbpx

Cara Pulsa Darurat XL Axiata yang Bisa di Tahun 2019

Di era tekonologi informasi yang serba cepat seperti saat ini, telepon seluler yang semula merupakan barang mewah yang hanya dimiliki segelintir masyarakat saja sekarang sudah menjadi barang kebutuhan primer.

Di sekolah, di rumah, di kantor, hingga di kereta dan busway nyaris semua orang tidak pernah terlepas dari ponselnya setiap saat. Mulai dari ibu rumah tangga, pekerja, hingga pelajar nampaknya banyak yang candu dengan gadget mereka.

Meski ada pergeseran nilai, tetap saja sejak dahulu kamu yang memiliki ponsel harus selalu siaga dalam mengisi pulsa. Karena dengan pulsa inilah ponselmu bisa terhubung satu sama lain, dan saat ini bahkan bisa membuka internet yang seolah merupakan dunia tanpa batas.

Sedihnya bila di waktu-waktu tertentu kamu membutuhkan pulsa, tanpa sadar pulsamu malah habis. Tapi tenang saja, karena sejak beberapa tahun ke belakang banyak provider telekomunikasi besar memperkenalkan fitur pulsa darurat, tidak terkecuali XL Axiata.

Tapi kami yakin pasti saat ini pun masih banyak pelanggan XL Axiata yang masih belum memahami apa itu fitur pulsa darurat XL dan bagaimana cara menggunakan serta cara membayarnya? Ini dia cara pulsa darurat XL paling baru!

Baca Juga:

Syarat dan Ketentuan Pulsa Darurat XL

pencet HP

Untuk bisa memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh XL Axiata ini, kamu tentu saja harus memenuhi seluruh persyaratan yang telah dibuat oleh XL Axiata. Tentu saja hal ini dibuat sebagai antisipasi bagi orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin memanfaatkan fitur ini secara sembarangan.

Adapun beberapa persyaratan wajib yang perlu kamu penuhi agar bisa melakukan pinjaman alias memanfaatkan pulsa darurat XL Axiata adalah:

  1. Kamu harus terdaftar secara valid sebagai pengguna kartu XL Axiata ataupun AXIS prabayar. Karena tentu saja fitur ini tidak berlaku bagi kamu yang merupakan pengguna XL Prio alias XL Pascabayar.
  2. Sebagaimana poin 1, kamu sudah harus melakukan registrasi secara resmi dengan identitas diri yang valid.
  3. Kartu SIM yang kamu gunakan saat ingin memanfaatkan pulsa darurat haruslah sudah aktif paling tidak 60 hari sebelumnya.
  4. Kamu sudah pernah melakukan pengisian pulsa setidaknya tiga kali dalam 60 hari terakhir.
  5. Tentunya kamu juga harus melunasi seluruh tagihan pulsa darurat apabila sebelumnya kamu pernah meminta pinjaman pulsa darurat kepada pihak XL Axiata.

Kelima persyaratan yang ada di atas merupakan persyaratan wajib yang harus ditaati seluruhnya. Apabila ada salah satu dari kelima poin di atas yang tidak bisa kamu penuhi, tentunya proses peminjaman pulsa darurat XL Axiata mu akan ditolak.

Bagaimana Cara Memproses Pulsa Darurat XL yang Masih Berlaku?

kirim SMS

Setelah memahami persyaratan wajib yang harus kamu penuhi, saatnya kamu memahami cara mengaktivasi fitur pulsa darurat dari XL yang tentu saja masih berlaku saat ini. Setidaknya ada dua cara mudah yang bisa kamu manfaatkan.

Cara pertama adalah dengan meminta pulsa darurat via SMS. Untuk bisa menggunakan cara ini kamu harus menyediakan sisa pulsa setidaknya Rp 1.000,- di dalam ponsel yang menggunakan kartu SIM XL.

Nah bila kamu sudah memastikan sisa pulsamu, kamu bisa langsung melakukan pengiriman pesan singkat alias SMS ke 911 dengan format SMS ISTIMEWA, ataupun DARURAT. Setelah itu kamu cukup menunggu jawaban SMS yang berisi langkah-langkah selanjutnya yang perlu kamu ikuti.

Cara kedua yang bisa kamu ikuti adalah dengan membuka menu dial up dan langsung menekan *123*9110# dan call atau ok. Setelah itu tunggu sampai operator membalas pesanmu dengan pilihan menu yang bisa kamu pilih tentu saja.

Nantinya bila kamu sudah melakukan pinjaman pulsa, seharusnya kamu akan menerima pesan balasan alias konfirmasi bahwa saat itu kamu sedang menggunakan pinjaman pulsa dari XL Axiata.

Meski demikian ada 2 cara yang bisa kamu lakukan bila setelah melakukan pinjaman, kamu belum juga mendapatkan konfirmasi dari pihak operator. Kedua cara yang bisa kamu lakukan tersebut adalah:

  1. Melakukan panggilan langsung ke *911# atau *123*9110# dan pilih di dalam menu balasan.
  2. Mengirimkan pesan singkat langsung ke nomor 911 berisi pesan STATUS, dengan catatan pengiriman pesan akan dikenai tarif reguler.

Setelah melakukan pinjaman pulsa kamu tetap harus melakukan konfirmasi, karena meski kamu sudah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar belum tentu pulsa darurat akan diberikan oleh operator.

Hal ini merupakan kebijakan khusus dari pihak XL Axiata, dimana mereka akan melihat profilmu sebagai pengguna XL Axiata sebelumnya. Bila kamu tampak sebagai orang yang baru-baru saja membeli kartu perdana, misalnya, tentu saja permintaanmu akan ditolak.

Selain itu nantinya untuk setiap pinjaman, kamu harus membayar tagihannya (tentu saja) dengan tambahan biaya administrasi sebesar 20% dari pulsa yang dipinjamkan. Misalnya kamu diberikan Rp 10.000,- maka selanjutnya kamu wajib membayar Rp 12.000,- Mudah saja!

Kemudian salah satu  kelebihan pulsa darurat XL Axiata yang menurut kami perlu kami sebutkan adalah kamu bisa menggunakannya untuk seluruh layanan domestik plus internetan.

Karena memang pada beberapa operator yang bisa meminjamkan pulsa, kamu tidak diperkenankan untuk melakukan transfer data loh, alias kamu tidak bisa menggunakan pulsa darurat tersebut untuk internetan.

Lebih lengkap lagi di bawah ini merupakan beberapa pilihan paket pulsa darurat yang bisa kamu pilih:

  1. Pulsa darurat reguler (biasa)
    • Pulsa reguler Rp 3.000,- dengan biaya layanan Rp 600,-
    • Pulsa reguler Rp 5.000,- dengan biaya layanan Rp 1.000,-
    • Pulsa reguler Rp 7.000,- dengan biaya layanan Rp 1.400,-
    • Pulsa reguler Rp 10.000,- dengan biaya layanan Rp 2.000,-
    • Pulsa reguler Rp 15.000,- dengan biaya layanan Rp 3.000,-
    • Pulsa reguler Rp 20.000,- dengan biaya layanan Rp 4.000,-
  2. Pulsa darurat internet
    • Kuota 15 MB dengan masa aktif 1 hari memiliki harga Rp 1.500,- dengan biaya layanan Rp 300,-
    • Kuota 60 MB dengan masa aktif 1 hari memiliki harga Rp 3.000,- dengan biaya layanan Rp 600,-
    • Kuota 100 MB dengan masa aktif 2 hari memiliki harga Rp 4.500,- dengan biaya layanan Rp 900,-
    • Kuota 120 MB dengan masa aktif 7 hari memiliki harga Rp 6.000,- dengan biaya layanan Rp 1.200,-
    • Kuota 350 MB dengan masa aktif 7 hari memiliki harga Rp 12.000,- dengan biaya layanan Rp 2.400,-
  3. Pulsa darurat telpon dan SMS
    • Kuota 100 menit on-net Rp 2.750,- dengan biaya layanan Rp 550,-
    • Kuota 250 SMS on-net dan 50 semua operator Rp 2.000,- dengan biaya layanan Rp 400,-

Nah benar kan? Bila dibandingkan dengan beberapa operator yang memiliki layanan serupa boleh dibilang XL Axiata memiliki penawaran yang paling menarik. Tentu saja karena ada banyak pilihan paket pulsa darurat XL yang bisa kamu pilih!

Bagaimana Cara Pengembalian Pulsa Darurat XL?

pencet pencet HP

Sebagaimana aturan-aturan yang berlaku di atas, setiap pulsa yang dipinjam dari pihak XL harus kamu kembalikan. Karena setiap kali meminjam atau meminta pulsa darurat, kamu berarti dalam kondisi berhutang kepada XL.

Cara pengembailannya pun mudah, ketika kamu sudah bisa membeli pulsa (dengan cara apapun) maka secara otomatis saldo pulsa yang kamu beli saat itu akan terpotong dengan nominal hutang yang kamu punya.

Apabila kantongmu sedang cekak dan hanya mampu membeli pulsa kurang dari jumlah pulsa darurat yang kamu pinjam, maka secara otomatis operator akan memotong pulsa tersebut dengan sisa sebesar Rp 2.000,- Wah baik ya!

Pada akhirnya sih kami tetap harus mengingatkanmu ya, jangan sampai lupa mengisi pulsa ya. Karena bisa saja dalam kondisi darurat kamu benar-benar tidak bisa mengisi pulsa, kalau sudah begitu kan repot!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *