Review Samsung A50 Agar Kamu Tidak Salah Beli

Kelebihan utama yang dimiliki oleh Samsung A50 adalah kamera yang cukup solid, in screen fingerprint reader, headphone jack, serta baterai yang menurut kami bisa bertahan cukup lama. Ditambah lagi semua itu didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan yang seringkali dirasakan oleh para pengguna Samsung A50 adalah ponsel ini yang terkadang terasa lambat serta resolusi video maksimal yang “hanya” 1080p. Selain itu kualitas speaker yang dimiliki oleh Samsung A50 pun tidak terlalu oke.

Kesimpulannya meski tidak memiliki fitur-fitur anti air dan anti debu. Menurut kami Samsung Galaxy A50 merupakan salah satu ponsel berharga relatif murah namun memiliki kualitas yang cukup tinggi sehingga layak untuk dibeli.

Baca Juga Jalan-Jalan Cantik Ke Tempat Ini, Liburan Karimunjawa Mengesankan, Wisata Bali yang Antimainstream

Ulasan Singkat Galaxy A50

galaxy a50

Dimensi 158,5 x 74,7 x 7,7 mm | Berat 166 g | Layar Super AMOLED capacitive touchscreen 6.4” dengan Corning Gorilla Glass 3 | OS Android 9.0 Pie | Chipset Exynos 9610 | Memori Internal 64 GB / 4 GB RAM, 64 GB / 6 GB RAM, 128 GB / 4 GB RAM, 128 GB / 6 GB RAM | Kamera Tripel 25 MP wide, 8 MP ultrawide, 5 MP depth, video 1080p@30fps | Kamera Depan 25 MP video 1080p@30fps | Harga Rp 4.099.000,- s/d Rp 4.899.000,-

Barangkali Galaxy A50 2019 bukanlah ponsel cerdas terbaik dari Samsung, apalagi bila disandingkan dengan kecanggihan serta kemutakhiran Samsung new Galaxy S20 atau bahkan Samsung Z Flip.

Akan tetapi boleh dibilang Galaxy A50 merupakan salah satu produk yang cukup cerdik untuk dikeluarkan oleh pabrikan Samsung. Karena dengan harga yang relatif murah saja, kamu sudah bisa menggunakan ponsel ‘ala-ala’ yang cukup mumpuni.

Dengan harga termahal 4,9 juta rupiah kamu sudah mendapatkan ponsel dengan memori segudang, belum lagi chipset yang sudah cukup untuk memainkan game-game yang berat seperti PUBG Mobile misalnya.

Kalau masih kurang puas, kami bisa menyebutkan layar super AMOLED berbalut Gorilla Glass 3 yang seharusnya sejak awal sudah menjadi perhatian besar. Karena meski dengan spek seperti ini, Samsung tetap sukses mempertahankan harganya agar tidak melonjak.

Cukup sulit memang untuk menemukan kekurangan dari Samsung A50 ini. Barangkali salah satu  kekurangan Samsung A50 yang kami perhatikan adalah belum mendukung video 4K, yang barangkali tidak teralalu penting untuk sebagian orang.

Desain Galaxy A50

samsung a50

Dengan berbekal desain serupa dengan Galaxy M30, Samsung tetap sukses membuat kami kepincut berkat gradien warna yang ditampilkan di dalam Galaxy A50 ini begitu menonjol dan menurut kami cukup cantik.

Selain itu di tengah-tengah era penghapusan headphone jack, Samsung Galaxy A50 bertaruh besar (yang menurut kami cukup berhasil) untuk tetap memasang headphone jack di ponsel mereka. Jujur saja hal ini merupakan salah satu fakta yang cukup menarik.

Dengan pundi-pundi kurang dari 5 juta rupiah saja, kamu juga sudah mendapatkan in display fingerprint scanner yang bahkan 3 tahun yang lalu saja masih berupa mimpi. Tapi kini teknologi secanggih itu bisa kamu nikmati pada Galaxy A50.

Karena teknologi itulah barangkali ada sebagaian diantara pembaca kami yang sadar bahwa tidak ada lagi pembaca sidik jari yang bisanya ditempatkan di bagian belakang ponsel. Menjadi menarik tentunya, walaupun in screen reader ini proses pembacaannya tidak sebagaik pembaca pada umumnya.

Menariknya banyak yang beranggapan Samsung Galaxy A50 secara penampilan sebenarnya  tampak mirip dengan flagship dari Samsung. Namun bila dipegang terasa seperti ponsel kelas menengah yang terbuat dari plastik.

Layar Galaxy A50

layar galaxy a50

Salah satu hal yang patut dibanggakan oleh Samsung adalah layar 6.4” yang dimiliki oleh Samsung A50 ini merupakan salah satu yang terbaik di ponsel kelas 5 jutaan. Berbekal layar Super AMOLED full HD, tentu saja ia akan memanjakan mata para penggunanya.

Selain itu Galaxy A50 juga sukses mengimpresi kami dengan membuat layar yang cukup terang sehingga mampu mengkompensasi teriknya cahaya matahari langsung bila ponsel ini digunakan di siang bolong.

Meski gambar yang ditampilkan oleh Samsung Galaxy A50 tidak setajam ponsel-ponsel lain dari pabrikan pesaingnya, menurut kami tingkat kecerahan serta opsi untuk memilih warna yang ada dalam ponsel ini membuat Galaxy A50 sekilas memiliki layar flagship, dengan harga bahkan kurang dari 1/3 nya!

Dapur Pacu Galaxy A50

 

Galaxy A50 diketahui dibekali dengan chipset Exynos 9610 yang merupakan salah satu seri Galaxy pertama yang memiliki chipset ini. Tidak tanggung-tanggung chipset ini mengusung arsitektur octa core yang sangat kuat.

Dari sisi memori, Samsung juga memberikan para konsumennya banyak pilihan menarik mulai dari seri RAM 4 GB ataupun RAM 6 GB dengan kapasitas masing-masing memori internal 64 GB serta 128 GB.

Kemudian Samsung juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan sumber daya kepada Galaxy A50. Baterai 4.000 mAh yang dimiliki ponsel ini membuat kamu bisa menggunakan ponsel ini bahkan seharian penuh secara wajar, dan masih menyisakan beberapa persen untuk digunakan keesokan hari.

Dengan jeroan yang dimiliki oleh Galaxy A50, tentu saja kamu bisa bermain berbagai macam game mobile hingga puas, dan bahkan untuk beberapa game yang menurut kami tergolong berat pun akan dilahap habis oleh ponsel ini.

Tidak percaya? Lihat saja GPU yang dimiliki oleh Galaxy A50 ini. Berbekal GPU Mali G72 MP3 yang sudah lebih dari cukup untuk ponsel-ponsel cerdas masa kini, Galaxy A50 sukses menjalankan PUBG dengan setting-an ultra tanpa lag ataupun penurunan frame rate.

Bahkan ketika dicoba untuk memainkan game PUBG mobile tersebut dalam jangka waktu yang lama, ponsel ini sukses mempertahankan suhu yang dimilikinya sehingga tetap nyaman untuk dipegang dengan tangan kosong.

Kalau kamu mau yang lebih objektif lagi, berdasarkan hasil perhitungan skor benchmark antutu Samsung Galaxy A50 ini sukses mencatat skor 146355 yang memang tidak terlalu tinggi. Tapi sudah jauh lebih cukup untuk penggunaan harian di masa sekarang.

Bandingkan saja misalnya dengan ponsel yang memiliki harga serupa A50, misalnya XIaomi Pocophone yang saat rilis tahun lalu berharga 5 juta rupiah. Pocophone mendapatkan skor antutu 291301. Yah, kira-kira sih Galaxy A50 sukses duduk di peringkat rata-rata, tidak buruk bukan?

Software Galaxy A50

Tidak seperti pada ponsel seri Galaxy sebelumnya, Galaxy A50 mampu bergerak dengan menggunakan Android pie. Selain itu Galaxy A50 juga memiliki One UI-based interface yang sama persis dengan Galaxy S10.

Piranti lunak yang tertanam di dalam Galaxy A50 juga Menurut kami termasuk modal untuk digunakan, serta dengan berbagai kemungkinan untuk kamu tweak sehingga bisa sesuai dengan yang kamu inginkan.

Menariknya ketika banyak ponsel-ponsel cerdas yang memberikan aplikasi preloaded, Samsung Galaxy A50 memungkinkan pemiliknya untuk memilih aplikasi aplikasi bawaan apa saja yang ingin mereka install ataupun tidak.

Kamera Galaxy A50

Salah satu hal yang paling menarik yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A50 ini adalah kameranya yang menurut kami cukup spektakuler, karena Samsung menanamkan kamera wide dengan kombinasi antara kamera utama 25 MP, 8 MP, serta 5 MP depth sensor.

Selain itu Samsung juga menawarkan penggunanya kamera depan yang menurut kami memiliki kualitas yang ciamik. Berbekal kamera dengan sensor 25 MP Samsung sukses memberikan konsumennya kamera depan berkualitas namun dengan harga ponsel keseluruhan tetap rendah.

Penggunaan kamera cukup memuaskan apabila kamu mendapatkan cukup cahaya. Bahkan menurut kami hasil yang ditampilkan oleh kamera depan dan kamera utama dari Samsung ini layak ditampilkan di media-media online.

Sayangnya kekurangan dari kamera utama Samsung Galaxy A50 adalah kamera utamanya yang menurut kami cenderung overexposed. Lucunya warna akan didapatkan secara lebih pas apabila Kami menggunakan kamera wide-angle.

Kekurangan lain dari kamera yang dimiliki oleh Galaxy A50 ini adalah kemampuannya dalam menangkap gambar-gambar low light yang tidak terlalu baik. Menurut kami bukan persoalan piranti keras, melainkan piranti lunak yang digunakan oleh Samsung barangkali membuat tampilan dari foto low light menjadi kurang oke.

Selain itu bila dibandingkan dengan pesaingnya yang seharga, misalnya Google Pixel 3a, menurut kami gambaran yang diberikan oleh kamera A50 tampak lebih blur dibandingkan Pixel yang jauh lebih vivid dan lebih tajam meski sensornya lebih kecil dari Galaxy A50.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A50 merupakan salah satu ponsel pilihan bagi kamu yang memiliki uang terbatas namun ingin memiliki ponsel cerdas dengan tampilan layaknya flagship dengan harga puluhan juta rupiah.

Selain itu dibandingkan dengan beberapa pesaing yang memiliki harga serupa dengan Galaxy a 50, ponsel ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya adalah kamera usia baterai, serta piranti lunak yang ditanamkan sehingga layak untuk dibeli.

Meski demikian pada akhirnya sih kami kembalikan kepada kamu, apakah ponsel ini tetap layak untuk dibeli atau tidak?

Baca Juga Yuk Jalan-Jalan ke Jakarta Aquarium, Wisata Antimainstream Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *