Semua Seputar Pekerjaan Sebagai Staff Admin

Salah satu pekerjaan yang sering dianggap sebelah mata adalah pekerjaan sebagai admin. Staf administrasi seringkali dicap sebagai si tukang ketik, si tukang susun, hingga si tukang beres-beres. Padahal pekerjaan administrasi gak semudah itu loh.

Supaya pandangan kamu enggak bias lagi tentang pekerjaan sebagai admin, kami coba bahas beberapa hal penting seperti peran penting staff administrasi, deskripsi kerja, hingga berapa gaji yang bisa didapatkan oleh seorang admin? Yuk!


Apa sih Peran Penting Staff Administrasi?

Staf admin

Pengertian administrasi secara umum adalah bentuk kegiatan yang berkaitan dengan proses kerja sama antara dua pihak atau lebih dalam mencapai tujuan, dengan memanfaatkan sarana tertentu sehingga bisa berhasil.

Seorang staff administrasi dituntut untuk melakukan pengorganisasian data, dokumen, hingga jadwal-jadwal dari petinggi di suatu perusahaan. Intinya seorang staff administrasi dituntut untuk rapi dan tahan tekanan!

Staf admin multitasking

Seorang staff administrasi seringkali menjadi staff kunci bagi berlangsungnya bermacam-macam aktivitas yang ada di suatu perusahaan. Staff administrasi seringkali mengorganisir jadwal meeting dan berbagai macam kegiatan yang ada di perusahaan.

Selain itu di beberapa perusahaan mereka juga sering diberikan tanggung jawab untuk mengatur jadwal atasan langsung mereka, semacam manajer bagi para artis ya. Oleh karena itulah seorang staff administrasi wajib banget jago mengatur waktu diri sendiri dan waktu ‘orang lain’.


Keterampilan yang Diperlukan Staff Administrasi

Seorang staff administrasi dituntut untuk menjadi orang yang teliti, terkait pekerjaannya yang banyak berkaitan dengan persoalan susun menyusun baik data hingga agenda kerja.

Selain itu seorang staff administrasi juga wajib memiliki kemampuan untuk bekerja secara tenang dan cermat di bawah tekanan. Udah bukan rahasia lagi kalau staff administrasi seringkali bekerja di bawah tekanan atasan langsungnya, karena memang sih hasil kerja staff administrasi yang terkait dengan agenda atasan tentu saja akan berkonsekuensi langsung terhadap kinerja sang atasan.

orang kantoran pusing banyak kerjaan

Terakhir seorang staff administrasi wajib banget nih mampu bekerja dalam tim dan punya inisiatif dalam beberapa hal. Lagi-lagi hal ini banyak berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab yang nantinya diemban oleh seorang staff administrasi ini.


Deskripsi Kerja Staff Administrasi

Seorang staff administrasi dituntut untuk mampu berkoordinasi dengan staff administrasi yang berada di divisi lain ataupun staff lain ketika sedang ada jadwal kegiatan gabungan di dalam suatu perusahaan. Secara singkat, seorang staff administrasi memiliki tanggung jawab untuk menyusun agenda kantor.

Selain itu mereka juga dituntut untuk mampu melakukan pengorganisasian data dan dokumen perusahaan secara rapi. Sehingga ketika dalam waktu darurat data dan dokumen itu dibutuhkan bisa segera diambil.

Mereka juga kadang-kadang diminta untuk banyak berkoordinasi dengan staf logistik loh. Karena di beberapa perusahaan mereka seringkali diminta untuk melakukan inventarisasi peralatan ATK alias alat tulis kantor. Mereka seringkali diberikan tanggung jawab terhadap ATK ini, jadi gak heran akan banyak berkoordinasi juga dengan staf logistik.

Terakhir seorang staff administrasi juga seringkali diminta untuk melakukan pengolahan data. Nah balik lagi, hal ini amat terkait dengan pengorganisasian data yang rapi. Kalau datanya sudah rapi kan, mau diolah kayak apa juga lancar deh!


Gaji Staff Administrasi

Staf admin pusing

Dengan beban kerja yang tanggung jawab yang cukup berat seperti itu, sayang sekali karena saat ini gaji staff administrasi rata-rata masih setara UMR di daerah masing-masing. Bahkan ada beberapa perusahaan non profit yang nekat membayar mereka di bawah UMR.

Untuk mengatasi masalah ini, bagi kamu yang tertarik untuk bekerja sebagai admin maka kami sarankan untuk memilih perusahaan yang sehat. Yakni perusahaan yang sudah terbangun dengan rapid an memiliki manajemen dan sistem yang sudah baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *