fbpx

Sepuluh Pengusaha Tersukses di Indonesia

Pernah terbesit di kepalamu untuk menjadi entrepreneur, atau malah berandai-andai menjadi pengusaha sukses? Kenapa tidak, karena memang menurut kami pengusaha merupakan salah satu ‘pekerjaan’ yang memungkinkan pelakunya menjadi amat kaya.

Boleh dibilang menjadi pengusaha bisa membuatmu jauh lebih kaya daripada menjadi pekerja pada umumnya. Namun menjadi pengusaha semata-mata tidak hanya memperkaya diri sendiri loh.

Karena banyak diantara para pengusaha di Indonesia yang masih memiliki idealisme yang patut kita apresiasi. Banyak diantara pengusaha yang memang memiliki niat untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia.

Bila memang kamu ingin menjadi pengusaha sukses di Indoensia, ada baiknya kamu membaca beberapa informasi singkat mengenai sepuluh pengusaha tersukses di Indonesia saat ini. Siapa tahu kamu bisa mengambil pelajaran dari mereka.

Nah supaya tidak timpang, dan (tetap) menginspirasi. Kami mencoba menuliskan list ini kedalam 2 segmen. Urutan #1 hingga #5 merupakan konglomerat yang malang melintang di Indonesia, sementara urutan #6 hingga #10 adalah pengusaha milenial yang patut kamu jadikan panutan!

Baca Juga 24 Franchise Pilihan Tahun 2019, Modal Kecil Untung Besar

#1 Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan warga negara India yang pindah ke Indonesia pada tahun 1970. Beliau pindah bersama sang ayah yang kemudian mendirikan Indorama yang awalnya memproduksi benang tekstil (spun yarns).

Meski demikian saat ini Indorama merupakan perusahaan yang bergerak di dalam industri pupuk, polyester, sarung tangan medis, dan tentu saja benang tekstil. Tidak heran kalau Sri Prakash Lohia saat ini termasuk ke dalam orang terkaya di Indonesia.

Tapi tidak perlu heran, karena memang beliau nampaknya memang memiliki darah bisnis di dalam keluarganya. Terbukti dengan masuknya Aloke Lohia yang merupakan adik dari Sri Prakash yang masuk ke dalam milyuner di Thailand.

Saat ini Sri Prakash Lohia memang tinggal di London, dan Indorama sendiri sudah melebarkan sayapnya di Nigeria dan Thailand. Di umurnya yang mencapai 67 tahun Sri Prakash Lohia sudah mengumpulkan pundi-pundi sebesar 88,5 triliun rupiah!

#2 Anthoni Salim

Anthoni Salim

Menjadi pemimpin di Salim Group yang merupakan perusahaan holding milik keluarga yang bergerak di industri makanan, telekomunikasi, serta perbankan membuat Anthoni Salim ditaksir memiliki kekayaan mencapai 75,6 triliun rupiah!

Salah satu perusahaan yang dipegang oleh Holding Salim Group yang cukup ternama adalah Indofood. Yah tidak heran sih karena memang dengan kepemilikan saham lebih dari 50%, dan dengan penjualan produk yang luar biasa tinggi, membuat Anthoni Salim layak dinobatkan sebagai salah satu pebisnis tersukses.

Sama seperti Sri Prakash Lohia, Anthoni Salim juga mewarisi gen pebisnis dari keluarganya. Terbukti dengan kepemilikan lebih dari 50% saham QAF yang merupakan perusahaan pembuat roti di Singapura oleh Andree Halim sang saudara.

Selain itu saudara perempuan Anthoni Salim, Mira, saat ini pun memegang perusahaan trading yang mendistribusi seluruh produk Indofood di negeri tirai bambu. Tidak heran kan kalau beliau dinyatakan sebagai pengusaha tersukses di Indonesia saat ini.

#3 Dato Sri Tahir

tahir

Bukan Erick Tohir, Pak Tahir yang merupakan pemimpin dari Mayapada Group saat ini tergolong ke dalam pengusaha tersukses di Indonesia. Memang sih, seringkali orang salah mengiri bahwa Pak Tahir adalah Erick Tohir. Keduanya sama-sama konglomerat tajir, tapi beda orang!

Pak Tahir sendiri sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan yang diperkirakan mencapai 64,2 triliun rupiah berkat usaha real estate nya yang menggurita. Disamping itu, diketahui Mayapada Group saat ini pun bergerak di usaha rumah sakit serta perbankan.

Menariknya anak perempuan Pak Tahir, Grace, merupakan presedir komite Propertindo Mulia Investama yang merupakan firma properti di Indonesia. Selain itu Rosy, istri Pak Tahir merupakan anak Mochtar Riady yang merupakan triliuner sukses lainnya di Indonesia.

Wah wah tidak heran ya, karena anggota keluarga Pak Tahir ini sepertinya memang ada untuk berbisnis. Tentu saja dengan berbagai pengorbanan dan usahanya, Pak Tahir sukses menjadi orang terkaya di Indonesia di usianya yang mencapai 67 tahun ini.

#4 Chairul Tanjung

chairul tanjung

Kalau yang ini sih barangkali sudah banyak orang yang mengenalnya, karena memang Chairul Tanjung merupakan pemilik dari salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia yakni Trans TV dan Trans 7.

Di bawah bendera CT Corp, Trans berhasil menjadi salah satu TV terbesar di Indonesia. Tidak cukup dari sana, Chairul Tanjung pun kemudian menjajal beberapa bisnis lainnya yakni hypermarket, perbankan, serta memegang saham di banyak perusahaan lain.

Di Indonesia sendiri CT Corp. diketahui memegang lisensi franchise utama Versace, Mangp, Jimmy Choo, hingga Wendy’s. Selain itu CT Corp. juga saat ini bekerja sama dengan AccorHotels di Perancis untuk kemudian membuka 30 hotel di Indonesia.

Tidak heran yah dengan banyaknya bisnis yang dijajal oleh perusahaan milik Chairul Tanjung, membuat beliau sanggup mengumpulkan pundi-pundi sebesar 55,6 triliun rupiah di usianya yang baru kepala 5 yakni 57 tahun di tahun 2019 ini!

#5 Boenjamin Setiawan

boenjamin setiawan

Boenjamin Setiawan barangkali merupakan nama yang asing di kalangan milenials, tapi perusahaannya boleh jadi dikenal di seantero Indonesia. Kenal dengan perusahaan Kalbe Farma? Nah inilah bapak pendiri Kalbe Farma.

Meski didirikan di garasi pada tahun 1966, bersama 5 saudaranya Boenjamin Setiawan sukses membuat Kalbe Farma menjadi salah satu perusahaan terbesar yang diperhitungkan di Indonesia saat ini.

Melantai di bursa saham pada tahun 1991, saat ini Boenjamin Setiawan dan seluruh saudaranya memiliki total 48% saham Kalbe Farma. Selain itu beliau pun saat ini mengontrol RS Mitra Keluarga yang berjumlah 12 seluruhnya.

Tidak heran pula, di usianya yang sudah cukup senja yakni 85 tahun Boenjamin Setiawan sudah mencatatkan namanya sebagai salah satu pengusaha tersukses di Indonesia. Oh iya, Boenjamin Setiawan ini ternyata seorang dokter juga loh. Jadi tidak alasan bukan untuk tidak mengikuti jejak beliau, sesibuk-sibuknya beliau sebagai dokter ternyata masih mampu menjadi konglomerat!

Baca Juga Bisnis Paling Oke untuk Millenials, Memulai Bisnis Online Shop Pertamamu

#6 Agung Bezharie, Sofian Hadiwijaya, Harya Putra

warung pintar

Nah kalau tadi kita melihat 5 orang konglomerat yang berbisnis sejak dulu, mulai urutan ke-enam ini kami akan coba membahas milenials yang boleh dibilang tersukses di bidang bisnis rintisan alias start up.

Meski jumlah kekayaan mereka masih jauh di bawah para konglomerat Indonesia, tapi seluruh pengusaha start up ini layak diapresiasi karena memberikan dampak besar di masyarakat. Lagipula sukses kan tidak melulu soal uang.

Agung Bezharie, Sofian Hadiwijaya, dan Harya Putra merupakan tiga pasang pengusaha muda yang sukes mendirikan start up Warung Pintar yang saat ini digadang-gadang sukes membuat lebih dari 1200 kios di Indonesia yang dikendalikan lebih dari 500 mikro-entrepreneur.

Ketiga pasangan ini sukses mendapatkan suntikan dana hingga US$ 8 juta atau sekitar 115 miliar rupiah dari perusahaan venture SMDV, East Ventures, Insignia Ventures Partner, Digital Garage, Triputra Group, dan banyak investor lainnya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Tidak heran sih, dengan latar belakang Agung Bezharie yang merupakan mantan investment associate di East Ventures serta Sofian Hadiwijaya yang merupakan mantan VP of business intelligence di Gojek, Warung Pintar sukses menjadi salah satu start up kenamaan di Indonesia.

#7 Gitta Amelia

gitta amelia

Siapa bilang perempuan tidak bisa menjadi pengusaha sukses? Coba kita tengok Mbak Gitta Amelia yang merupakan orang Indonesia lulusan Wharton School di University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Pada tahun 2017 Gitta Amelia sukses mendirikan EverHaus yang merupakan salah satu perusahaan venture capital khusus yang memiliki market entrepreneur generasi muda alias milenials.

Gitta Amelia sendiri sukses mendapatkan bantuan dana sebesar US$ 5 juta untuk mendirikan perusahaan venture capitalnya. Menariknya EverHaus sendiri fokus kepada para start up yang masih kecil dan berada di tahap awal.

Meski demikian diketahui EverHaus saat ini sukses mengumpulkan dana hingga US$ 30 juta atau sekitar 428 miliar rupiah yang kemudian digunakan untuk membantu banyak pengusaha lainnya di Indonesia.

Dengan perusahaan dan visinya yang luar biasa besar, Gitta Amelia sukses mencatatkan namanya ke dalam Forbes 30 Under 30 yang boleh dibilang sangat-sangat-sangat membanggakan. Jadi amat pantas kalau kita menyebut mbak Gitta Amelia sebagai salah satu pengusaha tersukses di Indonesia.

#8 Nadiem Makarim

nadiem makarim

Kalau yang satu ini, siapa sih yang tidak kenal. Nadiem Makarim sang pendiri Gojek yang rasa-rasanya wajib disebutkan bila kita membahas pengusah tersukses di Indonesia. Terbukti karena saat ini Gojek menjadi Decacorn pertama yang ada di Indonesia.

Berusia 35 tahun di tahun 2019 ini, Nadiem Makarim menurut kami bukan hanya sukses mendirikan dan membesarkan Gojek. Namun berkat Nadiem lah kemudian banyak start up di Indonesia terinspirasi untuk tumbuh dan berkembang, mulai dari startup pendidikan, startup agen pulsa, transaportasi, hotel, makanan, dan lain sebagainya

Prestasi lainnya yang patut diacungi jempol adalah cepatnya perkembangan Gojek yang merupakan start up. Meski dirintis pada 2011 dan didirikan di tahun 2015, saat ini diketahui Gojek sudah memiliki 200 ribu lebih mitra pengemudi dengan 5 juta lebih pengguna aplikasinya di Indonesia.

Sebuah angka yang tentu saja, selain menghasilkan banyak uang, tapi membantu masyarakat Indonesia secara luas. Jadi tidak salah dong kalau kami menobatkan Nadiem Makarim sebagai salah satu pengusaha tersukses di Indonesia.

Bahkan kami tidak segan memberi saran untuk kamu, supaya banyak mendengarkan wawancara serta podcast Nadiem Makarim. Percaya deh, kamu akan mendapatkan suntikan inspirasi dan semangat di dalamnya.

#9 Amanda Cole

sayurbox

Bila kamu sering mengeluh karena harga bahan pangan, khususnya sayur, di Indonesia cukup mahal. Maka Amanda Cole adalah jawabannya! Amanda sukses membuat Sayurbox yang nyatanya mempersingkat rantai distribusi sayur dan buah di pasar.

Sayurbox sendiri merupakan start up yang bertugas untuk mendistribusikan produk pertanian dari petani langsung kepada para pelanggan. Saat ini Sayurbox telah melayani 50.000 konsumen dan mencatatkan 1.000 pengiriman dalam sehari.

Amanda Cole sukses melihat peluang, dimana Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki produk sayur dan buah unggulan. Namun karena luas dan sulitnya medan geografis indonesia di beberapa wilayah, rantai distribusi yang terlalu panjang membuat harga sayur dan buah menjadi mahal.

Dengan visi yang besar inilah kemudian Sayurbox, yang boleh dibilang diawali dari ide yang sederhana sukses mendapatkan pendanaan hingga US$ 2 juta atau sekitar 28,5 miliar di awal bisnisnya.

#10 James Prananto

kopi kenangan

Kopi, kopi, dan kopi. Kamu yang merupakan milenial pasti amat sulit melepas ketergantunganmu akan kopi. Tidak mengherankan, karena kopi memang sudah mendarah daging bagi bangsa Indonesia.

Tengok saja di pinggir-pinggir jalan daerah Sumatera, maka kamu akan melihat warung-warung kopi tradisional menyuguhkan kopi sederhana di malam hari. Bahkan di kota-kota besar macam Jakarta kamu bisa menemukan warung kopi semacam ini.

Menariknya dalam beberapa tahun ke belakang, kopi seolah menjadi gaya hidup yang ‘diperbaharui’ untuk generasi muda. Hal itulah yang kemudian ditangkap sebagai ide cemerlang oleh James Prananto.

Bersama Edward Tirtana, ia sukes mendirikan franchise kopi terbesar di Indonesia. James Prananto adalah pemilik dari Kopi Kenangan yang pasti kamu sering lihat dipinggir-pinggir jalan kota.

Didirikan pada tahun 2017, saat ini Kopi Kenangan sudah menargetkan diri untuk mendirikan 130 kedai kopi dengan target penjualan 3 juta cangkir kopi setiap bulannya. Tidak heran dengan target yang luar biasa besar tersebut Kopi Kenangan sukses mendapatkan dana US$ 8 juta atau sekitar 114,1 miliar rupiah dari Alpha JWC Ventures.

Penutup

Itulah dia sepuluh pengusaha tersukses di Indonesia yang kisahnya tentu saja menurut kami sangat inspiratif. Saran kami bagi kamu para pengusaha muda, bacalah cerita-cerita hidup dari orang di atas.

Kami yakin deh ketika drive bisnismu sedang turun, kamu pasti bisa mengambil banyak pelajaran dari orang-orang di atas. Selain itu kami yakin dengan banyak membaca kisah-kisah di atas semangatmu pun akan membara.

Selain itu kalau kamu cermati kisah sepuluh pengusaha tersukses di Indonesia tersebut, ternyata bidang usaha yang mereka jalani bermacam-macam ya. Apa pelajaran yang bisa kamu petik dari sini?

Tentu saja, jangan pernah mengikuti arus dalam berbisnis. Tapi ciptakanlah arusmu sendiri, dan buatlah bisnismu berdasarkan keresahan yang ada di masyarakat. Bisnis tidak melulu soal uang, tapi soal menghidupi orang banyak.

Coba kamu lihat Nadiem Makarim dengan Gojeknya, atau Amanda Cole dengan Sayurboxnya. Keduanya membuat bisnis berdasarkan keresahan ‘sederhana’ mereka, hingga saat ini start up mereka pun bisa menghidupi orang banyak.

Jadilah seperti itu, tetap semangat, dan semoga kamu bisa mencatatkan namamu menjadi pengusaha tersukses di Indonesia ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *