fbpx

Solusi Kartu SIM Axis Hilang atau Rusak Terbaru

Axis merupakan sebuah produk dari anak perusahaan XL Axiata yang awalnya memiliki nama NTS. Meski baru diluncurkan pada tahun 2008 dan masih seumur jagung dibadingkan provider mayor di Indonesia, kiprahnya tidak bisa dipandang sebelah mata loh.

Terbukti dengan jumlah pelanggan Axis yang terus bertumbuh sejak awal kemunculannya hingga saat ini jumlahnya sekitar 15 juta. Memang sih tidak sebanyak provider besar lainnya, namun jumlah ini cukup besar bagi provider SIM yang masih muda!

Tidak heran dengan jumlah pelanggan yang begitu banyak, pihak Axis seringkali mengalami keluhan pelanggan yang merasa kartunya rusak. Begitupula beberapa pelanggan yang mengaku mengalami kehilangan hingga kecuarian kartu SIM Axis mereka.

Padahal orang-orang yang mengalami kerusakan dan kehilangan kartu SIM ini bisa jadi memiliki kebutuhan mendesak yang membutuhkan koneksi ponsel mereka loh. Untuk itulah Axis kemudian memiliki mekanisme solusi kartu SIM Axis hilang atau rusak.

Mekanismenya pun mudah kok, apalagi setelah diakuisisi XL Axiata yang memang telah berpengalaman selama nyaris 30 tahun lamanya di dunia telekomunikasi seluler di Indonesia saat ini.

Lalu bagaimana sih solusi kartu SIM Axis hilang atau rusak sebenarnya?

Baca Juga  Cara Cek Kuota Axis, Solusi Kartu XL Rusak atau Hilang

Persiapkan dan Periksa Dulu Beberapa Hal di Bawah ini

orang pegang telpon

Sebagaimana bila kamu kehilangan atau kerusakan kartu sim di beberapa operator besar, sebelum kamu terburu-buru menghubungi customer service atau kantor cabang Axis terdekat di kotamu, ada beberapa hal yang wajib kamu periksa dan persiapkan.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa kartu sim Axis yang terpasang di ponselmu memang mengalami kerusakan dan bukan disebabkan oleh permasalahan lain yang mungkin terjadi. Sementara untuk membuktikan penyebab kerusakan yang kamu alami selain dari kerusakan kartu SIM adalah sebagai berikut.
    • Pertama-tama tentu saja kamu bisa langsung membandingkan jaringan kartu Axis yang kamu punya dengan orang lain di sekitarmu yang juga menggunakan kartu sim Axis.
    • Apabila hanya ponselmu saja yang tidak bisa terkoneksi dengan jaringan Axis maka kamu bisa coba berpindah tempat, misalnya ke tempat yang lebih terbuka atau lantai atas yang lebih tinggi untuk kemudian mencari sinyal jaringan Axis.
    • Apabila kamu masih belum bisa menemukan jaringan Axis, kamu bisa dengan mudah melakukan reboot alias mematikan dan menyalakan kembali ponselmu saat itu juga. Setelah kembali nyala barulah kamu bisa coba memastikan apakah jaringan Axis sudah kembali.
    • Apabila terus kamu belum bisa menemukan jaringan Axis, kamu bisa langsung mematikan ponselmu untuk kemudian mencabut kartu sim Axis di dalamnya. Setelah itu kamu boleh coba bersihkan bagian kuning di kartu sim dengan menggunakan kain halus, namun hindari penggunaan benda kasar apalagi air untuk membersihkan bagian kuning tersebut. Setelah itu cobalah memasukkan kartu sim Axis tersebut ke dalam ponsel dengan posisi yang benar tentunya, dan nyalakan kembali ponselmu.
    • Apabila masih mengalami kegagalan, kamu bisa coba meminjam ponsel yang sedang menganggur untuk dimasukkan kartu sim Axis yang kamu punya.
    • Terakhir apabila masih tidak bisa, dapat dipastikan bahwa kartu sim Axis yang kamu punya mengalami kerusakan. Apalagi bila di pojok kolom jaringan hanya tertulis No SIM detected, maka bisa dipastikan dengan lebih yakin lagi bahwa memang kartu sim Axis yang kamu punya mengalami kerusakan.
  2. Bila sudah yakin bahwa kartu sim Axis tersebut mengalami kerusakan, kamu bisa langsung mencari gerai Axis terdekat dengan mempersiapkan beberapa hal di bawah ini:
    • Bawalah kartu identitas diri yang sah seperti KTP dan passportmu. Sementara bagi kamu yang merupakan warga negara asing diperkenankan untuk membawa KITAP ataupun KITAS yang telah kamu buat selama kamu berada di Indonesia.
    • Bila kamu berhalangan hadir ke gerai Axis, maka kamu diperkenankan untuk mengirim perwakilan. Dengan catatan kamu harus membuat surat kuasa atas perwakilan tersebut yang ditandatangani olehmu di atas materai Rp 6.000,- Selain itu perwakilanmu harus membawa KTP asli serta KTP nya untuk mengurus kerusakan kartu ini.
    • Terakhir bawalah kartu SIM yang rusak, uang secukupnya untuk proses administrasi, serta bukti 5 panggilan dan SMS terakhir. Apabila tidak bisa membawa atau lupa 5 panggilan dan SMS terakhir, kamu boleh membawa bukti transaksi isi pulsa terakhir. Meski demikian syarat bukti ini tidak wajib, namun layak dibawa untuk berjaga-jaga.

Setelah mempersiapkan seluruh hal di atas, kamu bisa langsung membawanya ke Axis Service Center yang berada di dekatmu. Selain itu kamu juga bisa menghubungi customer service Axis sebelum ke gerai Axis melalui:

  1. Nomor telepon langsung di 838 dengan catatan dikenai biaya sejumlah Rp 800,- per kali panggilan.
  2. Twitter di @ask_AXIS.
  3. Bagi kamu yang menelpon CS lewat nomor non Axis bisa langsung menghubungi 0838 8000 838 yang akan dikenai tarif reguler.
  4. Melalui email CS di cs@axisnet.id

Sementara ini memang kantor cabang Axis masih belum sebanyak provider besar lainnya, namun setidaknya di beberapa kota besar di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan khususnya di DKI Jakarta sudah banyak kok gerai Axis yang bisa kamu datangi.

Kemudian selain penggantian kartu kamu juga bisa melakukan reaktivasi kartu Axis, melaporkan kegagalan aktivasi kartu Axis, menyelesaikan masalah gagal voucher isi ulang, hingga melakukan registrasi XL tunai di gerai-gerai tersebut.

Nantinya setelah sampai di gerai Axis kamu bisa langsung ambil antrean, datang ke petugas CS, dan langsung menyampaikan masalahmu. Biasanya sih dalam waktu kurang dari 5 menit petugas CS akan langsung memberikan kartu SIM penggantimu. Mudah bukan?

Lalu Apa Solusi Kartu SIM Axis Hilang?

pusing

Pada umumnya sih langkah-langkah yang harus kamu tempuh bila mengalami kehilangan atau kecurian kartu sim Axis adalah sama persis seperti beberapa langkah di atas. Akan tetapi sebelumnya kamu wajib melakukan pemblokiran kartu, dan harus dilakukan secepatnya ketika kamu sadar kamu mengalami kehilangan.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pemblokiran kartu sim Axis adalah sebagai berikut:

  1. Kamu bisa langsung menghubungi pihak customer service Axis di nomor 838 bila menggunakan nomor Axis dengan biaya per panggilan Rp 800,- ataupun di nomor 0838 8000 838 bila menggunakan nomor non Axis dengan biaya panggilan reguler.
  2. Sampaikan permasalahan yang kamu alami dan jangan lupa siapkan beberapa data dasar seperti identitas yang digunakan untuk registrasi, 5 buah kontak atau 5 panggilan terakhir atau nominal isi pulsa terakhir. Pada dasarnya sih kamu nanti akan ditanya data-data tertentu yang bertujuan memastikan bahwa kamu memang pemilik sah dari kartu sim Axis tersebut sehingga boleh memblokir nomor tersebut.
  3. Setelah terverifikasi maka petugas akan langsung melakukan pemblokiran, dan kartu sim Axismu sudah tidak bisa digunakan oleh orang-orang tak bertanggung jawab deh.

Alasan kamu wajib melakukan pemblokiran adalah untuk menghindari dilakukannya tindak kejahatan dengan menggunakan kartu sim Axis yang kamu punya. Bisa-bisa kamu dijadikan tersangka loh, kalau memang sang pencuri cukup pintar.

Selain itu berdasarkan ketentuan bagi pelanggan yang dirilis oleh Axis, seluruh biaya yang ada semenjak kehilangan sampai sebelum pelaporan dan pemblokiran kartu sim Axis sepenuhnya adalah tanggung jawab pemilik.

Jangan sampai kamu harus mengeluarkan biaya besar karena si pencuri menggunakan kartu sim Axismu dengan seenaknya ya. Selain itu bila sudah ditemukan, berhati-hatilah jangan sampai kamu mengalami kehilangan kartu sim Axismu lagi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *