fbpx

Solusi Kartu Sim Indosat Hilang atau Rusak

Permasalahan yang seringkali dikeluhkan oleh orang-orang yang sudah menggunakan satu nomor dalam jangka waktu yang lama adalah apabila kartu SIM yang digunakan mengalami kerusakan apalagi hilang.

Hal ini tentu saja bisa menjadi perusak mood kamu seharian bukan? Apalagi kalau nomor tersebut sudah tersebar dan diketahui oleh banyak orang, mulai dari teman-teman seperjuanganmu di TK dahulu hingga rekan-rekan kantor dan partner bisnismu.

Bisa-bisa segala urusan, janjian, dan ketemuan yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari mendadak hancur hanya karena kerabatmu tersebut tiba-tiba kesulitan menghubungi dan mengontakmu.

Hal ini pula yang kemudian cukup diperhatikan oleh Indosat Ooredoo. Mengingat banyaknya kasus-kasus semacam ini, Indosat Ooredoo ternyata sudah memberikan solusi kartu SIM Indosat hilang atau rusak dengan sangat mudah, jadi tidak perlu buru buru beli kartu baru di agen pulsa terdekat.

Apalagi Indosat Ooredoo, bersama Telkomsel dan XL Axiata merupakan operator seluler yang sudah lama berkiprah di Indonesia. Wajar saja kalau mereka memiliki pelanggan setianya masing-masing yang barangkali sudah menggunakan kartu SIM mereka lebih dari 10 tahun.

Yuk ah langsung saja kita bahas solusi kartu SIM Indosat hilang atau rusak berikut ini!

Baca Juga Pulsa darurat Indosat

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mengganti Kartu SIM Indosat

kartu sim indosat 4g

Meski mengganti kartu SIM Indosat bukanlah hal yang rumit, tapi tetap saja kami menyarankan kamu untuk selalu bersiap-siap sebelum melakukan penggantian. Karena tetap saja proses penggantian kartu ini memakan waktu yang lumayan.

Adapun beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan adalah:

  1. Pastikan bahwa kartu SIM Indosat Ooredoo yang kamu gunakan benar-benar rusak dan gangguan atau kerusakan yang ada bukan diakibatkan oleh sebab yang lain. Adapun cara memastikannya adalah sebagai berikut
    • Pertama-tama kamu bisa membandingkan orang yang menggunakan kartu SIM Indosat Ooredoo di dekatmu. Bila orang tersebut juga mengalami gangguan sinyal, maka dapat dipastikan kalau yang sedang bermasalah bukanlah kartu SIM yang kamu punya, melainkan jaringan dari Indosat itu sendiri.
    • Bila ternyata kerusakan hanya terjadi pada ponselmu, cobalah untuk melakukan restart Matikan dan nyalakan kembali ponsel yang kamu gunakan dan coba kembali gunakan SIM Indosatmu.
    • Bila masih tidak bisa, cobalah kamu matikan ponselmu lalu cabut kartu SIM Indosat Ooredoo yang sedang kamu gunakan. Setelah itu masukkan kembali kartu SIM tersebut dan nyalakan ponselmu.
    • Bila tetap tidak bisa, maka kamu boleh coba untuk memindahkan kartu SIM tersebut ke ponsel yang sedang nganggur di dekatmu. Kamu pun bisa meminjam ponsel kerabatmu yang sedang berada dekat denganmu.
    • Bila masih tidak bisa, tentu saja dapat dipastikan bahwa yang mengalami kerusakan adalah kartu SIM Indosat Ooredoo yang kamu punya.
  2. Karena kamu sudah yakin bahwa yang mengalami kerusakan adalah kartu SIM Indosat Ooredoo mu, maka kamu bisa mempersiapkan beberapa hal di bawah ini sebelum datang ke gerai-gerai Indosat Ooredoo
    • Siapkanlah kartu identitas yang sah seperti KTP, Pasport, atau KITAS, KITAP bagi warga negara asing bila kamu datang sendiri sebagai pemilik untuk mengganti kartu SIM Indosat Ooredoomu.
    • Bila kamu meminta tolong orang lain untuk melakukan penggantian, maka bawalah kartu identitas yang sah milik pemilik kartu serta milik orang yang diminta tolong untuk mengganti kartu SIM. Selain itu bawalah surat kuasa yang diberikan oleh si pemilik kartu SIM yang ditandatangani di atas materai.

Indosat Ooredoo sendiri tidak akan memungut biaya dalam proses penggantian kartu yang rusak seperti di atas, ya paling-paling kamu persiapkan duit untuk biaya parkir, jaga-jaga kalau ditilang polisi, atau untuk jajan di luar nantinya.

Selain itu proses di atas juga berlaku loh bagi kamu yang kehilangan kartu SIM Indosat Ooredoo, dan bukan hanya bagi kamu yang mengalami kerusakan kartu.

Ganti Kartu SIM Indosat Ooredoo

Setelah mempersiapkan seluruh hal yang tercantum di atas, kamu bisa langsung datang ke gerai-gerai Indosat Ooredoo yang berada di dekatmu. Kamu cukup ambil nomor antrean dan langsung saja menunggu dipanggil.

Setelah dipanggil menuju petugas, tinggal sampaikan maksudmu untuk melakukan penggantian kartu serta menyerahkan seluruh persyaratan yang dibawa olehmu sebelumnya. Dalam waktu kurang dari 10 menit, kartu barumu sudah ada deh!

Nah selain itu dalam beberapa kesempatan kamu pasti akan ditawari untuk mengganti kartu SIM yang sudah kompatibel 4G. Bila memang ponselmu sudah bisa digunakan untuk kartu SIM 4G LTE, jangan ragu untuk mengganti kartu SIM lamamu dengan kartu SIM 4G LTE yang tentu lebih cepat.

Terakhir, bila sudah melakukan penggantian kartu, jangan terburu-buru untuk pulang. Langsung masukkan kartu SIM barumu ke dalam ponsel di depan petugas Indosat Ooredoo saat itu juga. Agar bila kamu menemukan masalah, petugas yang ada bisa langsung menyelesaikan masalah tersebut.

Bagaimana bila Kartu SIM Indosat Ooredoo Hilang

kartu sim indosat 4g

Pada dasarnya langkah-langkah penggantian kartu SIM Indosat Ooredoo yang rusak di atas bisa kamu lakukan pula untuk mengganti kartu SIM Indosat Ooredoo yang hilang, terlepas dari alasan apapun.

Akan tetapi kamu perlu ingat, bahwa terkait kartu SIM Indosat Ooredoo yang hilang tersebut ada satu langkah penting yang berbeda dengan kasus kerusakan kartu SIM. Langkah tersebut adalah pemblokiran kartu SIM Indosat Ooredoo mu yang hilang.

Langkah pemblokiran ini sifatnya wajib dan perlu kamu lakukan secara cepat, segera ketika kamu sudah sadar bahwa kamu mengalami kehilangan kartu SIM Indosat Ooredoo yang kamu miliki. Bahkan sebelum kamu datang ke gerai Indosat untuk mengganti kartu.

Karena ada kemungkinan kartu SIM yang hilang tersebut adalah diakibatkan pencurian, yang bisa jadi kemudian digunakan untuk berbuat kriminal. Bisa jadi orang yang tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan identitasmu melalui kartu SIM Indosatmu untuk menipu, misalnya.

Adapun cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Kamu bisa langsung menghubungi call center Indosat Ooredoo di nomor 185 dengan menggunakan ponsel serta kartu SIM apapun.
  2. Bila sudah tersambung dengan pihak customer service kamu bisa langsung menyampaikan maksudmu untuk melakukan pemblokiran kartu.
  3. Kemudian operator akan meminta beberapa datamu untuk diverifikasi. Bila data tersebut cocok maka operator akan langsung memblokir kartu SIM Indosat Ooredoomu sesuai permintaan.

Nah barulah setelah melakukan pemblokiran kartu kamu bisa langsung datang ke gerai Indosat Ooredoo. Jangan ditunda-tunda ya, karena semakin lama kamu menunda tentu semakin tinggi kemungkinan kartu SIM Indosatmu yang hilang untuk disalahgunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat buatmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *