Solusi Kartu SIM Telkomsel Hilang atau Rusak Terbaru

Telkomsel merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar dan tertua di Indonesia bersama Indosat dan juga XL Axiata. Tidak heran kalau saat ini banyak masyarakat Indonesia yang gandrung dan mencintai provider yang satu ini.

Alasan lain selain dari sejarah panjangnya, tentu saja karena Telkomsel memiliki jaringan yang luas serta kuat dan bisa diandalkan. Selain itu Telkomsel juga dalam beberapa tahun terakhir terus menerus berbenah dan membuat berbagai macam inovasi yang tentunya patut diapresiasi.

Namun, berbeda dengan kebanyakan kartu SIM milik operator lain banyak diantara pengguna Telkomsel bisa dikategorikan sebagai pengguna setia yang barangkali “gagal move on”. Karena banyak diantaranya yang sudah memiliki nomor Simpati mereka lebih dari 10 tahun!

Tentu saja hal ini amat berarti, karena dengan memiliki korespondensi kontak yang sama dalam bertahun-tahun tentu Anda akan lebih bisa menjaga silaturahmi dengan kerabat maupun teman-teman Anda.

Tapi sayangnya kartu SIM yang berumur panjang ini bisa membawa petaka juga loh, salah satunya adalah bila kartu SIM Telkomsel hilang atau rusak, wah bisa bikin mood jeblok seharian. Eits, tapi kita punya kok solusi kartu SIM Telkomsel hilang atau rusak!

Baca Juga Pulsa Darurat Telkomsel, Cara Cek Sisa Pulsa dan Kuota Telkomsel

Penggantian Kartu SIM Telkomsel ke Grapari

grapari telkomsel

Telkomsel sendiri memiliki mekanisme yang menurut kami cukup mudah, tidak bertele-tele dan berbelit-belit terkait penggantian kartu SIM milik pelanggannya ini. Tentu saja hal ini karena pengalamannya berhadapan dengan jutaan pelanggan selama bertahun-tahun.

Tapi sebelum Anda langsung berangkat ke Grapari terdekat, ada baiknya Anda siapkan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pastikan bahwa kartu SIM Telkomsel milik Anda benar-benar rusak. Karena seringkali kerusakan bukan berada pada kartunya.
    • Cara pertama adalah tentu saja dengan berpindah-pindah tempat sambil memastikan bahwa di tempat Anda ada jaringan Telkomsel. Anda pun bisa membandingkannya dengan kerabat di dekat Anda yang juga sama-sama menggunakan Telkomsel, apakah ia mengalami hal yang sama? Bila iya dipastikan kerusakan atau gangguan berada di operator secara umum.
    • Bila cara pertama tidak ampuh, cara lain untuk memastikan hal ini adalah dengan melakukan reboot alias me-restart ponsel Anda. Bila masih ada gangguan pada jaringan maka Anda bisa lanjut ke langkah berikut.
    • Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah mencari kemungkinan kerusakan pada perangkat alias ponsel Anda. Untuk mendeteksi ini Anda bisa dengan mudah memindahkan kartu SIM Telkomsel yang Anda punya ke ponsel lain yang berada di dekat Anda. Bila tiba-tiba bisa, tentu saja artinya ponsel Anda lah yang mengalami kerusakan.
  2. Bila sudah yakin bahwa yang rusak adalah kartu SIM Telkomsel Anda, siap-siap deh ke Grapari. Tapi tunggu dulu, karena ada beberapa hal yang perlu disiapkan
    • Bawalah KTP asli Anda serta fotokopi KTP (2 buah) untuk berjaga-jaga.
    • Bawalah KK alias Kartu Keluarga Anda yang asli beserta fotokopinya 2 buah pula untuk berjaga-jaga.
    • Siapkanlah setidaknya lima nomor yang paling sering Anda hubungi menggunakan kartu SIM Telkomsel tersebut. Anda juga bisa menyiapkan setidaknya lima nomor yang kontaknya Anda simpan di dalam kartu SIM tersebut. Kalau lupa, setidaknya Anda bisa siapkan 2 nomor saja yang setidaknya pernah Anda kontak dalam satu bulan terakhir.
    • Siapkan uang Rp50.000,- saja untuk berjaga-jaga bila ada uang administrasi. Tapi sejauh pengetahuan kami Telkomsel tidak memungut biaya kok terkait penggantian kartu SIM yang rusak dan hilang ini.

Setelah itu Anda bisa deh langsung datang ke Grapari, ambil nomor antrean dan langsung menunggu di ruang tunggu. Setelah dipanggil oleh petugas, Anda cukup menunggu dan menyerahkan seluruh persyaratan di atas. Dalam waktu kurang dari 5 menit, kartu Anda sudah jadi deh!

Biasanya mas-mas dan mbak-mbak customer service di sana akan menawarkan Anda untuk mengganti kartu Anda menjadi kartu SIM 4G, ini pun gratis kok. Jadi bila ponsel Anda sudah bisa mendukung jaringan 4G jangan di sia-siakan ya, mumpung kartu SIM lama Anda juga rusak hehe.

Setelah itu, jangan langsung pulang. Cobalah terlebih dahulu kartu SIM baru Anda di Grapari, kalau perlu di depan petugas sehingga bila terjadi masalah bisa langsung diselesaikan saat itu juga deh.

Bagaimana Bila Kartu SIM Telkomsel Hilang?

kartu sim rusak hilang

Pada dasarnya seluruh rangkaian proses di atas berlaku pula bagi Anda yang mengalami kehilangan kartu SIM Telkomsel. Akan tetapi ada satu langkah penting yang cukup fatal bila Anda lewatkan saat Anda kehilangan kartu Telkomsel Anda.

Langkah itu adalah langkah pemblokiran kartu SIM Telkomsel. Langkah ini wajib Anda lakukan secepatnya, segera setelah Anda sadar bahwa Anda mengalami kehilangan kartu Telkomsel milik Anda.

Tujuannya sederhana saja, karena selalu ada kemungkinan kartu SIM tersebut hilang dicuri. Apabila benar demikian, bisa jadi ada orang tak bertanggung jawab yang menggunakan kartu SIM tersebut untuk melakukan tindak kriminal menggunakan identitas Anda tentu saja.

Adapun langkah mudah memblokir kartu SIM Telkomsel yang hilang adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa menggunakan ponsel apapun dengan kartu SIM apapun di dalamnya, tidak mesti kartu SIM Telkomsel untuk melakukan pemblokiran.
  2. Hubungi layanan pelanggan di nomor 188 dan tunggu hingga Anda tersambung dengan customer service.
  3. Bila sudah Anda bisa langsung menyampaikan maksud Anda untuk melakukan pemblokiran kartu SIM Telkomsel Anda.
  4. Anda akan ditanya seputar alasan pemblokiran serta beberapa data dasar sesuai dengan data yang Anda masukkan saat registrasi kartu SIM milik Anda. Selesaikan proses ini sehingga data Anda terverifikasi dengan benar.
  5. Apabila seluruh data sudah terverifikasi dengan benar, kartu akan dengan mudah diblokir oleh operator.

Bila sudah melakukan pemblokiran kartu, tentu Anda tidak perlu menunggu lama-lama lagi. Datanglah langsung ke Grapari terdekat untuk segera mengurus penggantian kartu agar meminimalisasi penggunaan kartu tersebut oleh orang tak bertanggung jawab.

Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *