fbpx

Solusi Kartu SIM XL Hilang atau Rusak

Sebagian dari kamu pasti pernah atau malah masih punya kartu SIM yang sudah digunakan dalam waktu yang lama. Saking lamanya kamu gunakan kartu SIM itu, kamu bahkan memiliki ratusan kontak mulai dari teman-teman SD hingga teman kantormu sekarang.

Sebagian dari orang-orang tersebut pasti pernah juga mengalami yang namanya kartu SIM hilang maupun rusak. Nah bila hal semacam ini terjadi, pasti mendadak harimu menjadi hancur, dan mood mu akan rusak seharian.

Karena bisa jadi di hari itu kamu sedang ada janji penting yang tidak bisa dibatalkan, tapi kamu malah jadi sulit dihubungi.

Nah hal-hal semacam ini ternyata sudah jadi concern XL Axiata sejak lama loh. Terbukti dengan adanya layanan penggantian alias solusi kartu SIM XL hilang atau rusak. Gak heran sih, mengingat XL saat ini bersama Telkomsel dan Indosat Ooredoo adalah raksasa telekomunikasi di Indonesia.

Langsung aja yuk kita cari tahu apa sih solusi kartu SIM XL hilang atau rusak yang paling mudah di tahun 2019.

Baca Juga Beli XL Xtra Combo Dapat Gratis Pulsa, Cara Cek Sisa Pulsa dan Kuota XL

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Mengganti Kartu XL yang Hilang atau Rusak

logo xl axiata

Sama seperti penggantian kartu SIM pada operator lain, ada beberapa hal yang tentu harus kamu persiapkan sebelum terburu-buru datang ke gerai operator XL. Berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Pastikan lah dengan benar bahwa memang kartu SIM XL Axiata yang kamu punya mengalami kerusakan, bukan karena permasalahan lain. Untuk membuktikan hal tersebut ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan bahwa kartu SIM mu rusak.
    • Pertama-tama kamu bisa dengan mudah membandingkan jaringan XL Axiata dengan orang yang sedang berada di dekatmu. Tentu saja orang tersebut juga harus sama-sama menggunakan kartu SIM XL Axiata, buat apa membandingkan dengan operator lain.
    • Bila ternyata hanya kamu yang mengalami gangguan, kamu bisa langsung mencoba berpindah tempat untuk mencari sinyal.
    • Bila masih ada gangguan juga, kamu bisa mencoba melakukan restart ponselmu saat itu juga, dan bila memang masih ada gangguan kamu bisa mematikan ponselmu untuk kemudian mencabut kartu SIM yang kamu punya. Setelah itu masukkan kartu SIM XL Axiata yang kamu gunakan dan nyalakan kembali ponselmu.
    • Terakhir bila masih ada gangguan kamu bisa langsung memindahkan kartu SIM XL yang kamu punya ke ponsel lain yang sedang nganggur. Kalau kartu tersebut rusak biasanya baik di ponselmu, atau ponsel pengganti, yang tertulis hanyalah No SIM detected.
  2. Jika kamu sudah yakin bahwa kartu SIM XL yang kamu punya benar-benar rusak, kamu bisa persiapkan beberapa hal di bawah ini sebelum datang ke gerai XL
    • Bawalah kartu identitas yang sah seperti KTP atau Passport. Bagi kamu yang bule alias warga negara asing siapkanlah KITAP ataupun KITAS yang kamu punya selama berada di Indonesia.
    • Bila kamu tidak bisa hadir ke gerai XL berikanlah perwakilanmu surat kuasa sah yang ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,-, serta bawalah KTP aslimu serta KTP asli milik perwakilanmu.
    • Siapkan kartu SIM yang rusak, jangan dibuang karena nantinya kamu harus menunjukkan kartu SIM yang rusak tersebut.
    • Siapkan 5 panggilan ataupun SMS terakhir, atau bukti transaksi isi ulang pulsa terakhir apabila data registrasi yang kamu bawa tidak sesuai dengan yang ada di sistem XL Center.

Setelah mempersiapkan seluruh hal di atas, kamu bisa dengan mudah datang ke gerai-gerai XL Center terdekat di kotamu. Kamu cukup membawa uang sejumlah Rp 10.000,- sebagai uang administrasi penggantian kartu XL barumu.

Apa yang Harus dilakukan Di XL Center

xl center

Kamu bisa langsung datang ke XL Center, ambil nomor urut antrian dan tungulah hingga petugas customer service memanggil nomor urut antrianmu. Setelah dipanggil kamu bisa langsung menyampaikan maksudmu sambil memberikan persyaratan di atas.

Biasanya dalam waktu kurang dari beberapa menit saja kartu prabayar XL barumu sudah dapat diganti. Nah selain itu dalam beberapa kesempatan kamu pasti akan ditawari untuk mengganti kartumu dengan kartu 4G LTE. Bila ponselmu sudah kompatibel kamu bisa melakukan penggantian tersebut.

Bagaimana bila Kartu XL Hilang?

operator xl

Pada dasarnya proses yang harus kamu lewati bila mengalami kerusakan kartu dan kehilangan kartu XL sama saja. Akan tetapi bila kamu mengalami kehilangan kartu XL, kami sarankan kamu untuk melakukan blokir kartu tersebut sehingga tidak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Adapun cara untuk melakukan pemblokiran adalah sebagai berikut:

  1. Bagi kamu yang menggunakan kartu XL Prabayar
    • Hubungi call center XL di nomor 817 dengan menggunakan nomor apapun. Kamu cukup menyampaikan maksudmu melakukan pemblokiran kartu SIM yang kamu punya. Tentu saja kamu baru bisa memblokir kartu SIM tersebut setelah sebelumnya dilakukan verifikasi data.
  2. Bagi kamu yang menggunakan kartu XL Prio alias Pascabayar
    • Kamu bisa menghubungi nomor call center XL di nomor 817 atau langsung di 021-57950817 untuk kemudian melakukan pemblokiran. Tentu saja sama seperti di atas, kamu baru bisa melakukan pemblokiran hanya jika telah dilakukan verifikasi saat menelpon call center XL tersebut.

Setelah di blokir, kamu tidak perlu menunggu lama-lama lagi, langsung saja datang ke gerai XL center terdekat. Semakin lama kamu menunggu tentu semakin tinggi kemungkinan kartu SIM tersebut digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab, bisa repot!

Nah untuk selanjutnya semoga lebih hati-hati ya, jangan sampai kartu SIM kamu rusak lagi, apalagi hilang. Semoga artikel kami ini bisa bermanfaat buatmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *