Tiga Jurus Ampuh Mendapat Uang dari Internet dengan Mudah

Di zaman sekarang ini apa sih aktivitas yang tidak melibatkan internet? Belajar, makan, bepergian, melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, membayar pajak, berbisnis, dan bahkan mencari makanan sudah bisa dilakukan melalui internet.

Hal ini tentunya bisa menjadi peluang emas bagi kamu yang sedang membutuhkan pekerjaan sampingan dan bahkan berbisnis. Karena kedua hal yang dulunya sulit dilakukan ini, sekarang bisa kamu lakukan dengan sangat mudah berkat internet.

Cara mendapat uang dari internet, mungkin sulit dibayangkan. Tapi itu karena kamu tidak tahu seluk beluknya. Supaya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan, gak ada salahnya dong kita bahas cara mendapat uang dari internet dengan mudah?

Baca Juga

Menjadi Freelancer

penulis lepas

Pernah mendengar kisah ketika orang tua kalian mengirimkan artikel awamnya semasa sekolah dan kemudian mendapatkan uang tambahan? Atau ketika mereka mengirimkan foto-foto kepada majalah dan koran untuk mendapatkan uang tambahan?

Terdengar sulit bukan? Tentu saja, karena di zaman dahulu belum ada teknologi canggih yang bernama internet. Namun terima kasih internet, karena hal-hal semacam itu saat ini bisa dilakukan dengan mudah.

Pekerjaan di atas tadi boleh lah kalau kita sebut sebagai freelancer alias pekerja bebas. Nah sudah sejak jaman dahulu permintaan atas freelancer ini cukup tinggi, karena selain murah perusahaan yang meminta jasa freelancer pun tidak perlu pusing mengikat kontrak dengan orang ini.

Pekerjaan bebas yang menjadi primadona (sejak zaman dahulu) adalah dengan menjadi penulis lepas. Apalagi di zaman sekarang dimana banyak perusahaan-perusahaan besar mulai membuat website nya sendiri-sendiri.

Akibatnya permintaan akan penulis lepas menjadi meningkat dan harga yang ditawarkan pun sangat menarik loh. Untuk setiap 500 sampai 1000 kata artikel internet, rata-rata pencari jasa akan memberikan imbalan sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 100 ribu.

Memang sih terdengar kecil, namun coba kalian kali jumlah tersebut dengan 40 artikel. Nah dalam sebulan saja kalian berpotensi mendapatkan Rp 100 ribu x 40 artikel, yakni Rp 4 juta rupiah hanya dari menulis.

Selain itu kalian juga bisa menjadi desainer grafis lepasan. Alasannya pun serupa dengan alasan di atas. Banyak perusahaan rintisan kecil yang saat ini mencari desainer dengan harga murah untuk perusahaan mereka.

Solusinya tentu saja mereka kemudian mencari desainer lepasan. Sebagai contoh untuk membuat desain logo perusahaan saja banyak perusahaan kecil yang berani membayar uang sejumlah Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu loh!

crowdspring

Kalau kalian tidak cukup puas, bahkan kalian bisa ikut situs-situs konten desain seperti crowdSPRING, 99design, 48hourslogo, designcontest, hingga ZillionDesign. Kalian cukup memasukkan karya kalian ke dalam situs tersebut, dan tunggulah sampai ada peminat karya kalian.

Cara ini memang lebih sulit karena kalian akan berkompetisi dengan desainer grafis lepas lainnya di seluruh dunia. Namun bila karyamu sering lolos, potensi pendapatanmu bahkan bisa mencapai belasan juta rupiah loh per bulannya!

Menjadi Dropshipper

Achmad Zaky

Cara kedua yang bisa kalian tempuh, bila kalian merasa tidak memiliki kemampuan menulis dan desain adalah dengan berjualan secara online. Tapi tenang, untuk cara yang kedua ini bahkan kamu tidak membutuhkan modal loh!

Cara ini adalah dengan menjadi dropshipper, yang setahu kami sudah cukup populer dalam 3 tahun belakangan ini.

Dengan menjadi dropshipper kamu secara ‘legal’ menjadi seorang makelar untuk menjual suatu barang milik orang lain kepada pembeli. Dengan cara ini kamu tidak perlu membeli barang untuk disimpan di gudang.

Caranya mudah, namun karena ada beberapa langkah maka ada baiknya kamu mengikuti cara ini step by step seperti di bawah:

  1. Tentukan barang yang ingin kamu jual. Saran kami jual lah barang dari jenis pakaian, bisa kaos, celana, jaket, baju muslim, hijab, tas, sepatu, hingga gamis muslim.
  2. Carilah supplier yang terpercaya. Misalnya kamu ingin berjualan kaos, carilah toko online yang menjual kaos khusus untuk dropshipper dan reseller, tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan harga yang Setelah itu kamu bisa lihat riwayat transaksi dari toko tersebut, pilihlah toko dengan reputasi dan komentar konsumen yang baik.
  3. Jika sudah buatlah tokomu sendiri, dan masukkanlah gambar dari barang yang ingin kamu jual. Untuk memasukkan gambar ini, kamu boleh mengambilnya dari tempat lain asalkan sama persis dengan barang yang kamu jual. Tapi kami menyarankan kamu setidaknya membeli 1 buah untuk setiap jenis, dan foto lah masing-masing barang tersebut untuk dipajang di toko onlinemu.
  4. Naikkanlah harga untuk setiap barang. Misalnya kamu mendapatkan kaos oblong seharga Rp 40 ribu, jual lah kaos tersebut di tokomu seharga Rp 45 ribu hingga Rp 55 ribu misalnya.
  5. Tunggu sampai konsumen datang.
  6. Setelah ada konsumen yang membeli, lakukanlah pemesanan langsung ke toko online supplier yang sudah kamu tunjuk. Tujukanlah alamat pengiriman langsung ke alamat konsumen
  7. Jangan lupa bayarkan uang kepada supplier sesuai pesananmu.

Kalau kamu cermati, dengan cara ini kamu nyaris tidak mengeluarkan modal sepeser pun bukan? Meski demikian tanggung jawab komplien dari konsumen tetap berada di tanganmu, sehingga kamu tetap harus siap siaga sebagai admin toko online mu.

Menjadi Pembuat Konten dan Influencer

atta halilintar ganteng

Kalau kamu masih kurang sreg dengan dua saran di atas, saran lain dari kami adalah dengan menjadi seorang pembuat konten alias content creator. Lebih-lebih lagi kalau kalian cukup pintar, bukan tidak mungkin kalian akan menjadi seorang influencer layaknya para selebgaram.

Peluang untuk menjadi seorang pembuat konten saat ini amatlah terbuka luas, bahkan untuk kalian yang sudah kuliah dan lebih-lebih sudah memiliki pekerjaan tertentu. Tidak menutup kemungkinan kalian menjadi Youtuber sukses.

Sebut saja misalnya Captain Vincent Raditya, seorang Youtuber sukses yang merupakan kapten pesawat Batik Air. Bahkan ditengah-tengah kesibukannya menjadi seorang pilot, Capt. Vincent mampu menjadi Youtuber dan membeli pesawat dari hasil “nge-Youtube” loh!

Menjadi seorang pilot bukanlah hambatan bagi Capt. Vincent untuk mencari pemasukan tambahan. Alih-alih Capt. Vincet membuat vlog mengenai kesehariannya di bidang penerbangan yang belum pernah ada sebelumnya!

Meski demikian ada satu hal yang perlu kalian pahami, bahwa menjadi seorang influencer tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena memang banyak juga orang yang mencoba menjadi influencer namun gagal mewujudkannya.

Oleh karena itulah sebelum memutuskan meniti karir sebagai pembuat konten dan influencer, kalian harus benar-benar mempertimbangkannya dengan matang. Selain itu buatlah strateginya dengan baik supaya kalian tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Penutup

Meski kami hanya menyebutkan tiga cara untuk mendapatkan uang dari Internet, secara umum ketiganya bisa terbagi kembali menjadi cara-cara yang lebih spesifik. Kelebihan dari seluruh cara ini adalah tentu saja amat mudah dibandingkan dengan cara tradisional.

Meski demikian cara-cara di atas bukanlah tanpa tantangan, dan jujur saja tantangan terbesar dari seluruh cara di atas adalah kebosanan. Karena uang yang dihasilkan dari internet biasanya sedikit-sedikit, dan wajib kamu kumpulkan secara perlahan-lahan. Disinilah kemudian banyak orang berguguran, apakah kamu menjadi salah satunya atau malah sukses disini? Buktikanlah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *