Tips Booking Tiket Pesawat Anti Cekak

Di era digital yang serba praktis ini, siapa sih yang tidak suka jalan-jalan. Lebih-lebih lagi jalan-jalan ke luar negeri. Yah bahkan sejak beberapa tahun lalu pun sudah banyak orang Indonesia yang hobi jalan-jalan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Ada satu kesamaan yang bisa ditemukan diantara keduanya, yakni seringkali orang yang ingin berjalan-jalan baik di dalam maupun luar negeri harus menggunakan jasa transportasi udara alias pesawat terbang.

Lalu, bila di zaman dulu proses booking pesawat cukup rumit dan memakan waktu. Di masa sekarang boleh jadi kita semua cukup beruntung karena sudah banyak layanan booking pesawat online yang amat memudahkan.

Eits, tapi masih ada satu pertanyaan lagi. Bagaimana cara booking pesawat agar lebih hemat? Nah kami punya tips booking pesawat biar hemat khusus untuk Anda!

#1 Waktu dan Tujuan adalah Kunci Tiket Murah

peta

Sebenarnya sudah jadi rahasia umum kalau ingin mendapatkan tiket murah Anda harus banyak berkorban soal tujuan dan waktu penerbangan. Seringkali kita menentukan hari dimana memang bertepatan dengan libur panjang.

Memang enak sih karena tidak memakan jatah cuti, namun percayalah hari-hari semacam itu akan membuat lonjakan tiket yang kadang-kadang tidak wajar. Untuk itulah cari di hari-hari dimana kemungkinan sedikit orang yang memesan tiket pesawat terbang.

Contohnya adalah beberapa hari setelah libur nasional, hari selasa-kamis di setiap pekan, dan Anda pun bisa memilih jam-jam penerbangan pertama ataupun jam-jam penerbangan terakhir di hari yang bersesuaian.

Selain itu rajin-rajinlah mengecek situs booking penerbangan online, karena seringkali mereka memberikan promo-promo tak terduga. Biasanya pula, promo yang diberikan pun bukan ‘kaleng-kaleng’. Seringkali mereka memberikan promo tiket murah ke tempat-tempat tujuan wisata khusus baik di dalam ataupun luar negeri.

Nah kesimpulannya, ubahlah pola pikirmu. Bila memang ingin mendapatkan tiket murah, Anda juga yang yang harus mengikuti jadwal tiket-tiket tersebut, dan rasanya agak sulit bila Anda yang memilih tanggal di awal dan mencari tiket-tiket murah tersebut.

Lagipula melakukan perjalanan yang tidak direncanakan sebenarnya jauh lebih menyenangkan loh, dan memang Anda cari tiket murah toh?

#2 Rajin-Rajin Menjelajah Internet

ngetik

Sebagaimana poin sebelumnya, Anda harus banyak-banyak menjelajah di internet untuk mencari tiket promo yang berseliweran. Selain itu jangan hanya berfokus kepada satu dua situs penyedia tiket online saja, karena toh banyak situs penyedia tiket online yang melakukan promosi dengan cara menjual tiket-tiket lebih murah.

Anda harus rajin mencari situs-situs booking tiket pesawat lainnya agar bisa menemukan promo. Pun menemukan banyak promo, Anda bisa kan menentukan promo yang paling menguntungkan diri Anda sendiri.

Selain itu adapula beberapa maskapai penerbangan yang sengaja memberikan promo tiket pesawat murah sebagai salah satu metode marketing mereka. Sayangnya informasi mengenai promo ini amat terbatas dan jarang diketahui oleh orang. Carilah informasi-informasi ini!

Selain itu amat baik bila Anda memiliki komunitas atuapun grup pelancong alias traveler yang aktif. Karena umumnya orang-orang yang senang berjalan-jalan itu orang yang terbuka dan asyik-asyik loh! Karena itulah biasanya mereka tidak akan segan-segan berbagi informasi tiket murah kepada Anda.

#3 Mode Incognito saat Browsing

tampilan mode incognito

Salah satu hal yang mungkin sering Anda perhatikan adalah, bila Anda sering mencari harga tiket di situs-situs tertentu, biasanya lama kelamaan harganya akan meningkat walaupun Anda mencari di hari dan jam serta maskapai yang sama.

Hal ini merupakan salah satu trik agar seseorang bisa terdorong untuk lebih cepat membeli tiket. Ketika Anda membuka satu website, nantinya jejakmu akan tampak, dan ketika Anda membuka website yang sama berulang kali, secara otomatis harga tiket disana akan dinaikkan supaya Anda tergerak untuk segera membeli tiket. Bahasa kerennya sih karena cookies pada browsermu.

Untuk mengakali hal ini, Anda bisa melakukan browsing dengan menggunakan metode privat pada Mozilla Firefox dengan menekan Ctrl + Shift + N ataupun menggunakan metode incognito pada Google Chrome dengan menekan Ctrl + Shift + P.

Setiap kali membuka browser dengan mode privat ini, secara otomatis cookies pada browsermu akan ter-reset. Sehingga laman website tersebut tidak bisa mendeteksi jejakmu meski telah berkali-kali mencari tiket di sana. Dengan cara inilah kemudian Anda bisa mengakali sistem, sehingga harga yang tertera di laman situs merupakan harga minimal terus menerus.

#4 Memborong Tiket Bisa Membuat Harga Lebih Mahal

tiket pesawat

Ada satu kesalahan umum yang dilakukan oleh para pelancong yang ingin berlibur secara bersama-sama alias rombongan. Yakni membeli tiket sekaligus di dalam satu kali pembelian saja. Padahal cara ini sebenarnya membuat harga tiket menjadi lebih mahal loh.

Nah untuk mengakali hal ini, bila Anda sudah menemukan harga yang cocok maka Anda bisa membeli tiket secara personal namun sesuai dengan jumlah rombonganmu. Memang sih repot, karena Anda harus melakukan pemesanan berkali-kali, tapi murah? Gimana dong’?

#5 Jangan Gengsi Memilih-Milih Maskapai

air asia

Salah satu penyebab biaya tiket pesawat membengkak ketika seseorang bepergian adalah gengsi! Apalagi bila mereka terlalu terpaku kepada maskapai-maskapai tertentu saja, apalagi bila maskapai tersebut terkenal mahal.

Cobalah sesekali menggunakan maskapai lain, hingga Anda menemukan alternatif maskapai yang cukup murah namun nyaman untuk diri Anda. Dengan cara ini Anda sudah membiasakan diri untuk menggunakan berbagai macam maskapai.

Selain itu bila Anda terbiasa menggunakan beberapa maskapai, Anda bahkan bisa menggunakan maskapai yang berbeda untuk pergi dan pulang ketika berlibur. Dengan demikian Anda bisa memangkas biaya tiket pesawat dengan jauh lebih besar.

#6 Penerbangan Transit

bandara transit

Seringkali orang yang bepergian ingin berangkat maupun pulang dalam waktu yang singkat, sehingga mereka kemudian menghindari memilih penerbangan-penerbangan transit yang memakan waktu cukup lama.

Bila Anda sudah mempersiapkan waktu liburan yang cukup panjang, kami cukup menyarankan Anda untuk memilih penerbangan dengan transit. Memang sih waktu tempuh yang dicapai akan menjadi lebih lama, tapi bukankah memang Anda mencari pesawat dengan tiket penerbangan yang murah?

Selain itu ada beberapa penerbangan yang memiliki waktu transit cukup lama loh, sehingga kemudian Anda bisa memanfaatkan waktu transit tersebut untuk berlibur atau misalnya sekadar berbelanja di bandara transit.

#7 Bila Memungkinkan Gunakan Lebih dari Satu Moda Transportasi

bis

Salah satu cara yang sering digunakan oleh para traveler alias pelancong yang sering bepergian adalah memanfaatkan lebih dari satu moda transportasi. Misalnya menggunakan pesawat disambung dengan bus atau bahkan kapal cepat.

Meski cara ini terdengar menegangkan tapi sebenarnya cara ini merupakan salah satu trik yang cukup sering dilakukan oleh para traveler loh. Karena dengan menggunakan berbagai moda transportasi, biasanya pengalaman perjalanan akan jauh bertambah.

Tapi untuk menggunakan cara ini, pastikan Anda memahami 100% rute perjalanan yang akan Anda tempuh. Caranya tentu saja dengan memanfaatkan internet, karena informasi apa yang sekarang tidak bisa Anda temukan di internet?

Setelah memahami seluruh rute tersebut, Anda bisa mencatat dengan detil baik alur perjalanan hingga uang yang harus Anda sediakan nantinya. Karena mungkin saja nantinya Anda harus mengeluarkan uang cash untuk melanjutkan perjalanan.

#8 Frequent Flyer

Garuda

Yah mendengar kata-kata frequent flyer barangkali memang kurang cocok bila dihubungkan dengan traveler yang ingin mencari tiket pesawat murah. Karena memang biasanya frequent flyer didapat oleh orang-orang yang rutin bepergian menggunakan pesawat terbang.

Tapi bila memang Anda merupakan seseorang yang cukup rajin berlibur menggunakan pesawat terbang, Anda bisa cari tahu mengenai program frequent flyer di maskapai yang Anda gunakan untuk bepergian tersebut.

Biasanya sih Anda yang memanfaatkan program ini bisa mendapatkan beberapa keuntungan, misalnya lounge bandara khusus, upgrade kelas di dalam pesawat tanpa tambahan biaya, hingga potongan harga yang cukup menggiurkan.

#9 Bandara Utama Biasanya Lebih Mahal

lion air

Salah satu trik yang cukup sering digunakan oleh para traveler adalah dengan memilih bandara sekunder sebagai bandara tujuan. Bandara sekunder merupakan bandara kedua yang biasanya dimiliki oleh kota-kota besar, misalnya Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta yang memiliki Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara utama.

Dengan memilih bandara sekunder yang lebih kecil Anda bisa menekan cukup biaya, memang sih tidak terlalu besar. Tapi toh dengan memilih ini setidaknya uang yang Anda alokasikan dalam perjalanan bisa berkurang.

#10 Manfaatkan Layanan Situs Agregator

skyscanner

Salah satu situs aggregator khusus tiket pesawat adalah Skyscanner dimana situs tersebut akan menampilkan kompilasi harga tiket penerbangan dari berbagai maskapai di berbagai situs yang tersebar.

Biasanya Anda bisa memilih pilihan tiket terendah yang tercantum di dalam situs tersebut. Nah kemudian carilah hingga Anda menemukan maskapai yang klop dengan Anda. Bila sudah menemukan maskapai yang Anda sukai, Anda bisa langsung datang ke laman situs resmi mereka untuk mengecek harga secara lebih detil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *