Usaha Di Bulan Puasa Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan memiliki berbagai keistimewaan  yang tidak dimiliki bulan-bulan lain. Semua umat yang beragam Islam sangat merindukan bulan yang penuh berkah ini.

Selain untuk menghapuskan dosa-dosa dan mengumpulkan pahala sebanyak mungkin, bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk merintis usaha. Ada banyak hal yang bisa dilakukan khususnya untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan di bulan puasa.

Bulan Ramadhan bukan hanya sekedar menjalankan puasa dan saling berbagi permintaan maaf atau saling bertukar ucapan di bulan Ramadhan saja, di bulan penuh berkah ini tidur pun mendapat pahala apalagi jika Anda menjalankan usaha, selain mendapat pahala karena Anda memiliki kegiatan Anda juga akan mendapat uang.

Berikut adalah jenis usaha di bulan puasa Ramadhan yang bisa dijalankan untuk ibu rumah tangga.

1. Bisnis Jual Takjil Untuk Berbuka

takjil

Anda pasti tahu kan di saat puasa mulai dari waktu siang sampai sore, orang-orang akan mencari takjil atau makanan untuk berbuka puasa.

Dan saat seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dari berjualan takjil. Anda bisa memulai usaha ini di pinggir jalan, dan Anda tidak usah merasa takut jika dagangan Anda tidak habis, karena tidak sedikit orang yang akan mencari takjil.

Anda bisa menjual macam-macam jenis makanan mulai dari kolak, gorengan, jajanan tradisional, dan kurma.

Baca juga: Tips penting sebelum mulai usaha makanan ringan

2. Bisnis Jualan Minuman

sop buah

 

Selain mencari takjil untuk berbuka, orang-orang juga pasti akan mencari minuman segar untuk berbuka puasa, untuk melepas dahaga setelah seharian menahan rasa haus sepanjang hari.

Dari kondisi tersebut, menjual aneka macam minuman bisa menjadi alternatif usaha di bulan Ramadhan yang cukup menjanjikan. Beberapa jenis minuman yang sering dicari saat puasa adalah :

  • Es teh manis
  • Sop buah
  • Es kelapa muda
  • Cendol
  • Es kacang hijau
  • Jus buah

3. Bisnis Jual Baju Muslim

gamis

Bisnis yang satu ini adalah salah satu bisnis yang memiliki potensi cukup besar di bulan Ramadhan, karena di bulan yang penuh berkah ini setiap orang pasti mencari baju muslim baru untuk menyambut hari lebaran. Mereka yang mencari baju muslim untuk lebaran biasanya aktif di pertengahan atau akhir puasa. Tapi tidak ada salahnya jika Anda jual mulai di awal puasa.

Lain hal dengan bisnis di bulan puasa yang sebelumnya, bisnis yang satu ini harus memiliki modal yang cukup besar untuk memulainya. Dan beberapa busana muslim yang sering laris di pasaran adalah:

  • Baju muslim (baju koko dan gamis)
  • Peci
  • Jilbab
  • Mukena dan sarung
  • Perlengkapan ibadah

4. Bisnis Jual Pulsa dan PPOB Online

aplikasi jual pulsa online

Bisnis ini masih sangat jarang dijalankan di bulan puasa karena masih banyak orang berpikir, jika ingin berjualan pulsa harus memiliki tempat atau toko untuk membuka usaha ini. Tapi tidak, semua alasan itu bisa dibantah dengan mudah karena sekarang sudah tersedia aplikasi untuk berjualan Pulsa Online.

AlphaPay adalah aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk berjualan pulsa dan PPOB dengan cara online saat puasa, Anda tidak perlu stand by di toko dan menunggu customer datang. Bisnis pulsa dengan AlphaPay tidak butuh modal yang besar, cukup dengan ratusan ribu Anda sudah bisa mulai berjualan. Dengan AlphaPay jualan mudah, untung berlimpah.

Tersedia juga berbgai macam produk yang bisa Anda jual, diantaranya :

BPJS Kesehatan Paket Roaming
Tagihan Pascabayar Bayar Cicilan
Paket Data Voucher Game
Pulsa PDAM
Telkom PLN

Download Aplikasi Di sini

5. Bisnis Jual Kue Lebaran

kue kering

Apakah Anda seorang ibu rumah tangga yang hobi membuat kue? Jika iya, hobi Anda bisa dimanfaatkan untuk berbisnis saat puasa menjelang hari lebaran.

Saat lebaran orang-orang pasti akan menyediakan banyak kue kering maupun basah di rumah masing-masing untuk menjamu tamu yang datang.

Maka dari itu bisa dipastikan peminat kue lebaran akan meningkat pesat menjelang hari raya Idul Fitri. Aneka macam kue yang laris di beli adalah nastar, kue lidah kucing, putri salju, kue kacang kering, dan kue keju. Selain kue kering, kue basah juga cukup laris seperti brownis dan bolu.

6. Bisnis Katering

nasi kotak

 

Dimasa awal puasa semua ibu-ibu pasti semangat untuk memasak untuk anggota keluarganya. Tetapi pada pertengahan bulan biasanya mereka mulai malas dan memilih untuk membeli makanan cepat saji yang biasa dijual di luar. Dan hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha katering khusus untuk hidangan puasa.

Selain itu, anak kos dan sebagian karyawan bisa menjadi target yang pas untuk bisnis ini. Kenapa mereka menjadi target yang tepat? karena anak kos pasti malas untuk keluar mencari makan malam-malam, dan karyawan juga menjadi target yang tepat karena jarang ada waktu untuk memasak di saat bulan puasa.

7. Bisnis Parsel Lebaran

parsel lebaran

Selain kue kering dan baju baru biasanya orang-orang juga akan memberikan parsel lebaran kepada para kerabat maupun keluarga. Jika Anda memiliki bakat merangkai Anda bisa memanfaatkannya untuk berbisnis parsel lebaran. Cukup membeli bahan-bahan untuk menghias Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Dan biasanya di bisnis ini tersedia berbagai macam paket untuk para customernya, dimulai dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal.

Dan itulah beberapa usaha yang bisa Anda manfaatkan di bulan puasa, selamat mencoba dan semoga mendapat untung yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *