WhatsApp Web dan Bagaimana Keamanannya?

Bila dahulu WhatsApp dikenal sebagai salah satu platform messenger milik bapak-bapak, lain halnya dengan masa kini. whatsapp sudah sejak tahun 2016 an telah menjadi salah satu platform Messenger paling populer di dunia.

Ya meski demikian Memang sih kalau dilihat mungkin kebanyakan pengguna dari WhatsApp merupakan orang yang telah berusia tua, atau tidaknya generasi muda yang baru saja bekerja karena kebutuhan dari para senior di kantor.

Meski demikian ada banyak usaha yang telah dilakukan WhatsApp untuk menggaet konsumen yang berusia muda. Salah satu usaha yang paling signifikan adalah dengan meluncurkan WhatsApp web di tahun 2015.

Namun sebenarnya apa sih WhatsApp web itu, apa perbedaannya dengan Whatsapp pada umumnya, dan seberapa amankah WhatsApp web saat ini.

Baca Juga Harga Kuota XL, Harga Kuota Telkomsel, Harga Kuota Tri

Mengenal WhatsApp Web

wa di komputer

Beberapa beberapa tahun setelah kemunculan WhatsApp, diketahui penggunanya saat itu belum sebanyak saat ini. Apalagi di masa itu banyak platform Messenger yang dianggap lebih dekat dengan anak muda.

Hal ini tidak lain karena kekurangan yang cukup signifikan dari WhatsApp saat itu, di mana WhatsApp di masa itu belum bisa digunakan melalui tablet ataupun komputer. Memang sebagian orang bisa menggunakan WhatsApp di tablet nya namun toh template yang ada saat itu merupakan tempat WhatsApp  HP.

Walhasil tampilannya pun menjadi kurang menarik, terlalu besar dan cukup sulit untuk digunakan karena membutuhkan banyak jari-jari sementara navigasinya yang terlalu luas di tablet.

Lebih jauh lagi apabila kamu mengaktivasi WhatsApp web, kamu tidak bisa menggunakan WhatsApp di lebih dari satu platform sehingga Pastinya kamu akan kesulitan apabila tabel tersebut bukanlah gawai harian mu.

Untuk memecahkan masalah itu pada tahun 2015 WhatsApp kemudian mengeluarkan versi desktop dan tablet yang mereka beri nama dengan Whatsapp web. Pemberian nama web bukan tanpa alasan, karena memang WhatsApp web hanya bisa dibuka melalui Browser.

Bila pada awal peluncurannya para klien hanya bisa membuka Whatsapp web dari aplikasi Google Chrome saja saat ini kamu sudah bisa membuka Whatsapp web dari berbagai macam browser yang tersedia di dunia maya.

Menariknya dengan menggunakan WhatsApp web, kamu bisa mengaktivasi WhatsApp di lebih dari satu gawai yakni di handphone serta di laptop ataupun tabletmu yang membuka Whatsapp web.

Namun sebenarnya bagaimana sih cara menggunakan WhatsApp web, fitur-fitur apa saja yang berbeda di WhatsApp web, serta apakah WhatsApp web lebih tidak aman dibandingkan WhatsApp konvensional?

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Untuk bisa menggunakan WhatsApp web kamu tentu saja kamu harus memiliki akun di WhatsApp yang harus dibuat melalui ponselmu. Sementara itu apabila kamu sudah memiliki akun Whatsapp kamu bisa langsung membuka browser yang kamu punya.

Bila sudah kamu bisa langsung membuka laman web. whatsapp.com, kemudian kamu juga bisa langsung membuka akun Whatsapp yang kamu telah dibuat sebelumnya melalui ponsel kamu.

Di aplikasi WhatsApp ponselmu, kamu bisa langsung klik menu yang berlogo tiga buah titik di pojok kanan, dan kamu bisa langsung klik pilihan WhatsApp web yang tersedia di sana.

Di laman web browser yang kamu buka sebelumnya seharusnya kamu melihat QR Code yang yang bisa kamu scan menggunakan ponsel mu. Scan kode tersebut dan secara otomatis kamu akan langsung login ke dalam WhatsApp web.

Aplikasi WhatsApp web ini akan secara otomatis login, namun kamu harus melakukan logout apabila kamu ingin menyudahi sesi ini. Hal ini dikarenakan karena WhatsApp web belum memiliki fitur logout otomatis sehingga terlalu berbahaya apabila kamu membiarkannya terbuka. Apalagi bila laptop atau komputer yang kamu pakai digunakan secara bersama-sama.

Perbedaan WhatsApp Web dan WhatsApp Mobile

Salah satu pertanyaan mendasar yang seringkali digunakan oleh para pengguna Whatsapp adalah apakah perbedaan WhatsApp web dengan Whatsapp mobil yang sudah seringkali digunakan?

Jawabannya adalah tidak ada, karena pada dasarnya WhatsApp merupakan aplikasi WhatsApp serupa yang dijalankan via browser. Bahkan dalam kasus ini tidak ada fitur-fitur yang berbeda antara WhatsApp web serta WhatsApp mobile.

Meski demikian Menurut kami penggunaan WhatsApp web menurut kami cukup bermanfaat apabila kamu ingin berdiskusi bersama teman-teman kantor sekaligus ingin saling bertukar file.

Kami yakin file yang kamu gunakan dalam diskusi atau pendapat tersebut pastilah tersimpan di dalam laptop yang kamu punya, sehingga akan lebih praktis dan jauh lebih mudah apabila kamu menggunakan WhatsApp web.

Pernah bilang kamu menggunakan WhatsApp mobile untuk melakukan tukar file yang ada di dalam laptop akan cukup sulit karena kamu harus memindahkan file tersebut ke dalam ponsel sebelum bisa mengirimnya.

Adakah Aplikasi WhatsApp di Komputer?

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah ada aplikasi WhatsApp yang terpisah dengan web, yang bisa kamu gunakan melalui laptop tablet, komputer yang kamu punya di rumah?

Jawabannya adalah ada, kamu bisa menggunakan WhatsApp desktop yang terpisah dengan browser sehingga tidak mengganggu ketika kamu sedang mengerjakan tugasmu dan membutuhkan browser yang rapi.

Soal manuver, fitur keamanan boleh dibilang Menurut kami cukup serupa karena memang pada dasarnya WhatsApp desktop merupakan WhatsApp web yang sengaja dibuat terpisah dari web browsernya sendiri.

Meski demikian secara tampilan maupun maneuver baik WhatsApp web maupun WhatsApp desktop seluruhnya boleh dibilang sama persis. Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk belajar apabila ingin mengunduh WhatsApp desktop.

Lebih jauh lagi ada beberapa fitur eksklusif yang hanya bisa kamu dapatkan apabila kamu membunuh WhatsApp desktop itu. Beberapa fitur eksklusif yang dimiliki oleh WhatsApp desktop adalah:

  • Aplikasi WhatsApp desktop sudah terintegrasi dengan sistem yang ada, sehingga kamu bisa melakukan pengaturan agar aplikasi tersebut secara otomatis terbuka setiap kali laptop ataupun komputer yang kamu punya dioperasikan.
  • Aplikasi WhatsApp desktop sudah dibekali notifikasi desktop baik berupa popups maupun nada.
  • Menariknya pesan-pesan yang tidak terbaca bisa kamu buat di dalam pengaturan sehingga bisa ditampilkan di taskbar.
  • Terakhir, fitur menarik yang tidak dimiliki WhatsApp web yakni fitur singkatan keyboard serta fungsi autocorrect apabila memang ada di dalam sistem yang digunakan oleh laptop ataupun komputermu.

Untuk bisa mengunduh WhatsApp desktop kamu bisa langsung membuka laman situs whatsapp.com/download. Selain itu kamu bisa langsung mengunduh WhatsApp untuk laptop yang kamu punya baik menggunakan sistem operasi Windows ataupun menggunakan sistem operasi Mac.

Seberapa Aman kah WhatsApp Web?

Nah, karena WhatsApp web akan platform Messenger yang memang terintegrasi dengan Whatsapp mobile sehingga boleh dikatakan keamanan dari WhatsApp web serupa dengan Whatsapp mobile.

Sama seperti WhatsApp mobil kok mah WhatsApp web saat ini menggunakan enkripsi double maksudnya adalah ketika kamu mengirimkan pesan menggunakan WhatsApp web, maka web client secara otomatis akan mengenkripsi pesan tersebut untuk di deskripsi oleh ponsel, dan untuk dienkripsi kembali sehingga pesan bisa saling terkirim dan dibaca satu sama lain.

Meski transkripsi secara penuh dan rumit, WhatsApp Web sendiri sama seperti WhatsApp mobile bukanlah aplikasi yang tahan dari serangan hacker. Dalam beberapa kesempatan bahkan ada beberapa ahli keamanan internet yang mengatakan bahwa WhatsApp web tanpa terhadap serangan hacker.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena toh saat ini sistem keamanan yang dimiliki WhatsApp web maupun WhatsApp mobil sudah jauh lebih canggih dari beberapa tahun kebelakang.

Apalagi WhatsApp merupakan salah satu Messenger yang memang diciptakan bukan untuk multiple devices, sehingga tidak mungkin ada orang yang menggunakan WhatsApp account milikmu dengan menggunakan nomor yang berbeda.

Kecuali si hacker memiliki cara untuk meng-copy nomor yang kamu punya, maka kamu tidak perlu khawatir. Pun demikian kamu bisa mengetahui kok apabila ada gawai lain yang aktif di dalam WhatsApp dengan menggunakan akun yang kamu punya.

Caranya cukup mudah yakni cukup dengan Klik tombol menu alias tiga titik di pojok kanan, dan kamu bisa lihat gawai apa saja yang saat ini sedang aktif dengan menggunakan akun yang kamu punya.

Apabila kamu merasa ada laptop ataupun gawe yang bukan merupakan milikmu Kamu bisa langsung menonaktifkan dan melakukan logout di ponsel kamu tersebut.

Lebih jauh lagi apabila sang hacker bisa menginfiltrasi akun maupun data-data yang ada di ponsel muqamah biasanya kamu akan melihat pesan yang berisi “this phone could not be verified.”

Meski demikian Celah celah keamanan seperti ini sepengetahuan kami sudah jauh-jauh diantisipasi oleh WhatsApp. Lagi pula seiring dengan banyaknya pembaruan dari Facebook, menurut kami saat ini WhatsApp merupakan salah satu aplikasi messenger yang paling aman untuk kamu gunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *