fbpx

Yuk Intip, Berapa Sih Gaji Karyawan HRD!

Bagi kalian yang sudah pernah bekerja di perusahaan-perusahaan pasti sering mendengar yang namanya divisi HRD, tapi apakah Anda mengerti sebenarnya HRD itu apa sih dan apa saja sih tugas dari seorang karyawan yang ada di posisi HRD, HRD adalah kepanjangan dari Human Resource Development.

Biasanya orang-orng yang ada di posisi HRD adalah lulusan Psikologi, Hukum, atau Manajemen. Karena pekerjaan HRD akan berurusan langsung oleh para pegawai di kantor tersebut. Tetapi untuk Anda yang bukan lulusan Psikologi, Hukum, dan Manajemen tetap bisa menjadi karyawan HRD tetapi prosesnya akan lama.

Tugas HRD

Menjadi staff di tim HRD suatu perusahaan harus bisa bekerja secara tim, dan posisi di tim HRD memiliki karakteristik dan tanggung jawab masing-masing. Dalam satu departemen HRD, kerja sama merupakan hal yang penting karena merupakan suatu tim kerja yang tidak lepas antara satu dengan lainnya. Berikut beberapa tugas utama HRD.

  1. Membuat Kebijakan.
  2. Bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia.
  3. Melakukan kegiatan pembinaan dan pelatihan.
  4. Membuat kontrak kerja karyawan serta memperbaharui masa berlakunya kontrak kerja.
  5. Melakukan tindakan disipliner pada karyawan di perusahaan tersebut.
  6. Melakukan seleksi, promosi, transfering, demosi, pada karyawan yang dianggap perlu.
  7. Bertanggung jawab penuh dalam proses rekrutmen karyawan.
  8. Membuat sistem HRD yang efektif dan efisien

Itulah beberapa tugas yang harus dilakukan oleh seorang karyawan HRD. Namun, setiap perusahaan juga memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Gaji Fresh Graduate

Berbicara tentang HRD, berapa sih gaji yang diterima oleh karyawan yang bekerja sebagai HRD. Umumnya, Departemen HRD membagi pekerjaannya menjadi 3 bagian dan setiap bagiannya berbeda-beda seperti melakukan rekrutmen, melakukan pengembangan dan pelatihan, serta mengelola kompensasi dan tunjangan bagi setiap karyawan.

Gaji HRD

Gaji bulanan untuk divisi HRD bervariasi. Mulai dari fresh graduate, mereka akan mendapat gaji Rp. 3.000.000 untuk fresh graduate yang memiliki pengalaman kurang dari setahun. sedangkan untuk staff HRD rata-rata mendapat gaji Rp 3.500.000. Dan untuk posisi manajer HRD rata-rata memiliki gaji Rp. 6.oo0.000 – Rp. 12.000.000 tergantung seberapa lama pengalaman mereka bekerja di bidang tersebut dan dimana mereka bekerja. Jumlah rata-rata gaji diatas akan akan terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *