fbpx

Yuk Intip, Berapa Sih Gaji Menteri di Indonesia

Menteri adalah jabatan politik yang memegang suatu jabatan publik signifikan dalam pemerintah. Menteri biasanya akan memimpin langsung satu kementrian dan dapat berasal dari anggota suatu kabinet. Seorang menteri biasanya di pimpin langsung oleh Presiden. Mengapa Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden? Karena Indonesia menganut sistem pemerintahan Presidensial.

Di Indonesia sendiri, menteri merupakan pembantu presiden yang memimpin langsung suatu kementrian. Menteri-menteri tersebut tergabung dalam satu kabinet. Pada masa pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla, kabinetnya biasa disebut dengan Kabinet Kerja.

Dan setiap Menteri membidangi urusan tertentu dalam pemerintahan, kecuali menteri koordinator yang bertugas melakukan sinkronisasi dan koordinasi urusan menteri-menteri yang berada dalam lingkup tugasnya.

Tugas Seorang Menteri

  1. Memimpin departemen sesuai tugas pokok yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan membina aparatur departemennya.
  2. menentukan kebijaksanaan pelaksanaan bidang secara fungsional menjadi tanggung jawabnya, sesuai dengan kebijakan umum yang telah ditetapkan oleh presiden.
  3. Membina dan melaksanakan kerja sama dengan departemen, instansi, dan organisasi terkait lainnya untuk memecahkan persoalan yang timbul.

Menjadi seorang menteri di Indonesia bukanlah hal yang mudah, karena harus memiliki kecerdasan yang besar untung mengatur sebuah problem yang ada di negara seluas Indonesia. Apakah diantara kalian ada yang ingin menjadi seorang menteri?

Lihat: Gaji Dan Tunjangan Hakim Di Indonesia

Persyaratan Menteri:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Bertakwa Kepada Tuhan Yang Mahas Esa.
  • Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Nrgara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita proklamasi kemerdekaan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Memiliki integritas dan kepribadian yang baik.
  • Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana 5 (lima) tahun atau lebih.

Baca Juga: Gaji Anggota Kopassus 2019

menteri keuangan sri mulyani

Indonesia juga memiliki menteri terbaik dunia yang kemampuannya sudah diakui oleh negara lain, misal saja menteri keuangan Sri Mulyani yang pernah dinobatkan menjadi menteri terbaik dunia dari World Development Summit di Dubai.

Pada saat itu, ia secara berani memotong anggaran sekitar Rp. 140 trilliun, untuk memastikan bahwa anggaran pemerintah realistis, kredibel dan memberikan fondasi yang kokoh bagi struktur ekonomi Indonesia.

Jika dilihat dari beban pekerjannya, seorang menteri bisa dibilang bekerja cukup berat karena harus membantu presiden mengatasi semua permasalahan yang ada di Negara Indonesia. Lalu berapa sih gaji yang diterima menteri-menteri yang ada di Indonesia dalam satu bulan.

Seorang menteri akan mendapatkan gaji pokok Rp. 5.040.000 per bulan dan tunjangan Rp. 13.608.000 per bulan. Nampaknya terlihat kecil ya jika hanya dilihat dari gaji pokok dan tunjangannya saja, tetapi ternyata para menteri di Indonesia juga mendapatkan dana operasional yang jumlahnya mencapai Rp. 150.000.000 per bulan.

Jika ditotal, menteri di Indonesia akan mendapatkan gaji Rp. 168.648.000 perbulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *